Rumus SUM Excel

Rumus SUM Excel Untuk Menjumlahkan Angka Beserta Contohnya

Rumus SUM ExcelBagi teman-teman pastinya sudah pernah atau sudah pernah menggunakan rumus SUM Excel ini untuk menjumlahkan angka range pada kolom microsoft excel yang dapat menghitung penjumlahan dengan cepat dan sederhana.

Yuk, Simak Atikel singkat padat dan jelas dalam pembahasan Tutorial Belajar Rumus SUM Excel untuk Menjumlahkan Angka Beserta Contoh Fungsi SUM Lengkap Dengan Cara menggunakannya.

Pengertian Rumus SUM di excel

Pengertian SUM adalah suatu fungsi yang memungkinkanmu menjumlahkan range data dalam suatu cell yang disebut sebagai Rumus Penjumlahan di Excel. Hal ini bisa berguna jika kamu ingin mencari total dari sejumlah cell, atau jika kamu ingin mencari rata-rata dari suatu range data. Dan, jika kamu menggunakan argumen yang salah, atau salah satu cell dalam rangenya kosong, maka rumus penjumlahannya akan menghasilkan error.

Fungsi Rumus SUM Excel

Fungsi Utama Rumus SUM di Excel adalah cara cepat dan mudah dalam menjumlahkan sel atau range yang ditentukan untuk memungkinkan Anda dalam penjumlahan data otomatis excel. Sesuai jumlah dan nilai pada sebuah cell. Anda dapat menggunakan rumus ini untuk mencari jumlah total dari data di dalam kolom atau baris tertentu. Untuk menggunakannya, Anda perlu mengetikkan =SUM( dan kemudian menyertai cell yang ingin Anda hitung.

Manfaat Rumus SUM pada Microsoft Excel

Manfaat Rumus SUM dalam menggunakan Microsoft excel yaitu rumus yang akan membantu menjumlahkan mereka dengan cepat untuk menjumlahkan seluruh nilai dalam sebuah kolom atau baris. Rumus ini sangat berguna untuk mempermudah dan mempercepat pengolahan data. Anda tidak perlu menghitung sendiri semua nilai logika, cukup masukkan rumus SUM Excel dan hasilnya akan langsung muncul.

Cara Menggunakan Rumus Excel SUM

Cara menggunakan rumus SUM untuk menjumlahkan angka di Microsoft Excel.

  1. Pertama, buka spreadsheet di Excel.
  2. Kemudian, pilih sel yang akan Anda gunakan untuk menampilkan hasil jumlah.
  3. Selanjutnya, ketik =SUM (sel1: sel2), di mana sel1 dan sel2 adalah dua sel yang berdampingan dan berisi angka yang ingin Anda jumlahkan.
  4. Tekan Enter data secara otomatis menampilkan hasilnya.

Itulah rumus yang dipakai untuk pelajari dan memahami cara menggunakan Rumus SUM Excel beserta cara menulis rumus tergantung salah satu fungsi excel yang kita gunakan.

Contoh Penggunaan Rumus SUM di Microsoft Excel

Untuk cara penggunaan fungsi SUM, cukup ketik “=SUM(range)” ke dalam sel, di mana “range” adalah rentang sel yang ingin Anda jumlahkan. Misalnya, untuk menjumlahkan di excel, cell A1: A5, Anda akan mengetikkan “=SUM(A1:A5)”. Contoh rumus sum excel ini merupakan salah satu fungsi paling banyak digunakan dalam kegunaan sum pada excel.

Misalnya, rumus = SUM (A1: A5) akan menjumlahkan data atau menambahkan semua angka dalam cell A1 hingga A5. Fungsi ini dapat digunakan untuk menjumlahkan angka, menghitung rata-rata, atau menghitung item dalam suatu rentang. Fungsi SUM mudah digunakan dan cepat dihitung. Cukup klik pada cell di mana Anda ingin jumlah muncul, lalu ketik = SUM ( diikuti dengan rentang cell yang ingin Anda jumlahkan. Misalnya, untuk menjumlahkan cell A1 hingga A5, Anda akan mengetik = SUM (A1: A5). Anda juga dapat menggunakan fungsi SUMIF untuk menjumlah data pada kolom, hanya nilai tertentu yang memenuhi kriteria yang dapat Anda tentukan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menggunakan fungsi SUM di MS Excel, lihat artikel ini.

Tutorial Latihan Penggunaan Rumus SUM Excel Pada Laporan Penjualan

Tutorial Latihan Rumus SUM Excel Laporan Penjualan Toko Komputer
Tutorial Latihan Rumus SUM Excel Laporan Penjualan Toko Komputer

Pada tutorial Latihan pengguna microsoft excel tutorial ini akan membahas cara menggunakan rumus SUM di Excel. SUM adalah singkatan dari “jumlah”. Rumus ini digunakan untuk menambahkan sejumlah nilai dalam sebuah cell atau range cell. Contoh penggunaan, Anda hanya perlu mengetikkan =SUM( dan kemudian menyertakan cell atau range cell yang ingin Anda jumlahkan.

Contoh Soal Microsoft Excel
Laporan Penjualan Toko Komputer Bulan September 2022
Pada laporan ini kita akan mencari penjumlahan, nilai rata-rata, berdasarkan nama barang, nilai tertinggi sesuai nama barang, nilai terendah jenis pembelian tunai, dan total pelanggan.

Contoh Latihan Laporan Penjualan Toko Komputer Menggunakan Rumus SUM Excel , Rumus AVERAGE, Rumus DSUM, Rumus DMAX, Rumus DMIN dan Rumus COUNTA
Contoh Latihan Laporan Penjualan Toko Komputer Menggunakan Rumus SUM Excel , Rumus AVERAGE, Rumus DSUM, Rumus DMAX, Rumus DMIN dan Rumus COUNTA
  1. Berapa total pembayaran barang yang telah dibeli?
  2. Berapa total rata-rata PPN pelanggan?
  3. Berapa total bayar keseluruhan untuk nama barang komputer?
  4. Berapa total bayar tertinggi untuk nama barang Hardisk
  5. Berapa total Terendah untuk pembelian secara tunai?
  6. Berapa jumlah pelanggan?

Berikut penyelesaian soal menggunakan rumus excel sesuai dengan fungsi penggunaan pada Contoh Laporan Toko Komputer.

Proses Penulisan Rumus Excel Untuk Membuat Laporan Penjualan Toko Komputer

1. Berapa total bayar barang yang telah dibeli?

Untuk mencari total pembayaran barang kita dapat menggunakan Rumus SUM Excel pada tabel diatas;
=SUM(RANGE NUMBER)

Pada tabel diatas terlihat posisi total pembayaran pada kolom M5 sampai M14 sel barang yang telah dibeli, Maka rumus yang digunakan sebagai berikut:
=SUM(M5:M14) Hasilnya adalah Rp 207.105.500.

Jawaban: Jumlah total pembayaran barang yang telah dibeli adalah Rp 207.105.500.

2. Berapa total rata-rata PPN barang yang telah dibeli pelanggan?

Untuk mencari rata-rata PPN Pelanggan kita dapat menggunakan Rumus AVERAGE Excel pada tabel diatas;
=AVERAGE(RANGE NUMBER)

Pada tabel diatas terlihat posisi total pembayaran pada kolom K5 sampai K14 sel pencarian nilai rata, Maka rumus yang digunakan sebagai berikut:
=AVERAGE(K5:K14) Hasilnya adalah Rp 1.297.500.

Jawaban: Jumlah total rata-rata PPN barang yang telah dibeli pelanggan adalah Rp 1.297.500.

Artikel Terkait: INFO Lengkap Rumus AVERAGE Excel Dasar Untuk Mencari Nilai Rata-Rata

3. Berapa total bayar keseluruhan untuk nama barang komputer?

Untuk mencari total pembayaran berdasarkan nama barang, kita dapat menggunakan Rumus DSUM Excel pada tabel diatas;
=DSUM(DATABASE;FIELD;CRITERIA)

Pada tabel diatas terlihat posisi total pembayaran pada database sel E4 sampai M14, 9 Kolom keseluruhan, dan O4 sampai O5 sel pencarian berdasarkan nama barang, Maka rumus yang digunakan sebagai berikut:
=DSUM(E4:M14;9;O4:O5) Hasilnya adalah Rp 77.280.000.

Jawaban: Jumlah total bayar nama barang komputer yang telah dibeli adalah Rp 77.280.000.

4. Berapa total biaya tertinggi untuk nama barang Hardisk

Untuk mencari total pembayaran tertinggi untuk nama barang Hardisk, kita dapat menggunakan Rumus DMAX Excel pada tabel diatas;
=DMAX(DATABASE;FIELD;CRITERIA)

Pada tabel diatas terlihat posisi total pembayaran pada database sel E4 sampai M14, 9 Kolom keseluruhan, dan Q4 sampai Q5 sel pencarian berdasarkan nama barang, Maka rumus yang digunakan sebagai berikut:
=DMAX(E4:M14;9;Q4:Q5) Hasilnya adalah Rp 25.882.500.

Jawaban: Jumlah total bayar nama barang komputer yang telah dibeli adalah Rp 25.882.500.

Artikel Terkait: INFO Lengkap Rumus MAX Excel Dasar Untuk Mencari Nilai Tertinggi

5. Berapa total Terendah untuk pembelian secara tunai?

Untuk mencari total pembayaran terendah untuk nama barang Hardisk, kita dapat menggunakan Rumus DMIN Excel pada tabel diatas;
=DMIN(DATABASE;FIELD;CRITERIA)

Pada tabel diatas terlihat posisi total pembayaran pada database sel H4 sampai M14, 6 Kolom keseluruhan, dan S4 sampai S5 sel pembelian secara tunai, Maka rumus yang digunakan sebagai berikut:
=DMIN(H4:M14;6;S4:S5) Hasilnya adalah Rp 759.000.

Jawaban: Jumlah total terendah dalam pembelian secara tunai yang telah dibeli adalah Rp 759.000.

Artikel Terkait: INFO Lengkap Rumus MIN Excel Dasar Untuk Mencari Nilai Terendah

6. Berapa jumlah pelanggan?

Untuk mencari total jumlah Pelanggan, kita dapat menggunakan Rumus COUNTA Excel pada tabel diatas;
=COUNTA(VALUE 1:VALUE2)

Pada tabel diatas terlihat posisi total pembayaran pada database sel D5 sampai D14 untuk pencarian jumlah pelanggan, Maka rumus yang digunakan sebagai berikut:
=COUNTA(D5:D14) Hasilnya adalah 10 Pelanggan.

Artikel Terkait: INFO Lengkap Rumus COUNTA Excel Dasar Untuk Menghitung Jumlah Sel

Contoh Penggunaannya diatas dapat kita ketahui bahwa angka yang kita tentukan dan rumus yang kita gunakan harus sesuai dengan rumus yang ada pada microsoft excel agar terhindar dari kesalahan perhitungan seperti: perkalian, pengurangan , pembagian, nilai rata-rata, nilai tertinggi, nilai terendah, dan lainnya.

Untuk melengkapi rumus pemisah, Anda menggunakan koma dan juga titik koma untuk memisahkan teks dalam tabel dari 1 kali hingga 5 karakter untuk pemisah rumus tergantung pada seberapa sering digunakan dalam rumus pencarian untuk menyelesaikan penulisan rumus dalam excel.

Artikel Terkait: INFO Lengkap Rumus Dasar Excel Wajib Diketahui Untuk Admin Kantor dan Admin Toko Pemula Juga Bisa

Apa itu Rumus SUM Excel?

Rumus SUM adalah rumus Excel dasar yang memungkinkan pengguna menghitung jumlah sel yang berbeda. Fungsi atau Rumus SUM ini berguna untuk menghitung dengan cepat untuk mendapatkan nilai total rentang cell. Untuk menggunakan rumus SUM, cukup pilih rentang cell yang ingin Anda hitung, lalu masukkan = SUM( ke dalam cell. Excel akan secara otomatis memasukkan tanda kurung penutup untuk Anda.

Kombinasi Rumus SUM Excel

Anda juga dapat menggunakan fungsi Rumus SUMIF dan SUMIFS untuk menjumlahkan sel berdasarkan kriteria tertentu. Contohnya, fungsi atau Rumus SUMIF dapat digunakan untuk menjumlahkan semua cell yang sama dengan 2. Untuk fungsi SUMIF dimasukkan sebagai berikut: “= SUMIF (range, 2)”.

Untuk menggunakan fungsi SUMIFS, cukup ketik “=SUMIFS(sum_range,criteria_range1,criteria1)” ke dalam sel, di mana “sum_range” adalah rentang cell yang ingin Anda jumlahkan, “criteria_range1” adalah rentang sel yang ingin Anda jadikan dasar “criteria1” adalah kriteria itu sendiri. Misalnya, untuk menjumlahkan semua cell dalam rentang A1: A5 yang sama.

Kombinasi Rumus SUM Excel dapat digunakan untuk menjumlahkan seluruh nilai dalam sebuah kolom atau baris. Untuk menggunakan rumus ini, Anda perlu menentukan seberapa banyak nilai yang akan dijumlahkan. Lalu, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah Tutorial Latihan Rumus SUM Excel diatas.

Apa itu Rumus SUMIF di Excel?

Rumus SUMIF adalah rumus di Excel yang memungkinkan Anda menjumlahkan data berdasarkan kriteria tertentu. Fungsi ini berguna untuk situasi di mana Anda ingin menjumlahkan nilai yang memenuhi kriteria tertentu, seperti semua nilai yang lebih besar dari angka tertentu. Untuk menggunakan fungsi SUMIF, pertama-tama Anda harus memilih sel yang ingin Anda jumlahkan. Kemudian, Anda perlu menentukan kriteria yang ingin Anda gunakan untuk penjumlahan. Terakhir, Anda perlu menentukan nilai yang ingin Anda jumlahkan. Fungsi SUMIF adalah alat yang berguna untuk meringkas data di Excel.

Apa itu Rumus SUMIFS di Excel?

Rumus SUMIFS di Excel adalah fungsi yang memungkinkan Anda menjumlahkan data berdasarkan beberapa kriteria. Ini berbeda dari fungsi SUMIF standar, yang hanya memungkinkan Anda menggunakan satu kriteria. Rumus SUMIFS dapat digunakan untuk menjumlahkan nilai dalam rentang sel yang memenuhi beberapa kriteria. Misalnya, Anda bisa menggunakannya untuk menjumlahkan semua sel dalam rentang yang berisi nilai tertentu, atau yang memenuhi kondisi tertentu (misalnya, lebih besar dari atau sama dengan angka tertentu). Rumus SUMIFS sangat serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai situasi.

Apa itu SUM dan IF ERROR

SUM dan IFERROR adalah dua fungsi penting di Excel. SUM memungkinkan Anda menjumlahkan rentang sel dengan cepat, sementara IFERROR memeriksa kesalahan dalam rumus dan mengembalikan nilai yang berbeda jika ada kesalahan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari penjelasan di atas adalah rumus SUM Excel sangat berguna untuk menjumlahkan sejumlah nilai pada sel tertentu. Anda dapat menggunakan rumus ini untuk menghitung total biaya, total penjualan, dan sebagainya. Rumus ini juga dapat digunakan untuk mencari total nilai rata-rata , yaitu dengan cara menambahkan fungsi AVERAGE.

Demikianlah pembahasan kami tentang Contoh Rumus SUM Excel Untuk Menjumlahkan Angka Beserta Contoh Fungsi SUM dalam Laporan Penjualan Toko Komputer untuk Admin Kantor maupun Admin toko dan Pemula Juga Bisa belajar menggunakan Rumus Microsoft Excel ini.

Informasi Menarik Lainnya

INFO Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFO Tentang Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFO Tentang Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.