Fungsi VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP Excel dan Contoh Rumus VLOOKUP Excel Untuk Pemula

Fungsi VLOOKUP Pada Excel – Merupakan salah satu fungsi rumus excel yang berguna untuk melakukan pencarian data secara vertikal. Sesuai dengan awalan namanya V yang berarti Vertikal dalam penggunaan rumus lookup di microsoft excel

Penggunaan microsoft excel untuk mencari data menetapkan apakah kita ingin vlookup akan menemukan hasil yang sama persis dengan hasil pencarian yang dihasilkan oleh rumus excel? Agar Kamu lebih memahami dan menguasai fungsi VLOOKUP berikut penjelasan secara lengkapnya.

Apa itu fungsi VLOOKUP dalam excel?

vlookup merupakan salah satu fungsi yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari tabel atau daftar. Fungsi ini berguna untuk mencari data yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan. Vlookup berfungsi dengan membandingkan sebuah nilai tertentu dengan seluruh nilai di suatu kolom, kemudian mengambil data dari baris yang sesuai dengan nilai tertentu.

Pengertian Rumus VLOOKUP Excel

VLOOKUP adalah Rumus Excel yang berguna untuk mencari data di dalam sebuah tabel. Fungsi ini akan membandingkan sebuah nilai dengan seluruh nilai di kolom pertama tabel, dan mengembalikan nilai dari kolom yang sesuai dengan baris tersebut. Rumus VLOOKUP Excel biasanya digunakan untuk mencari data di dalam tabel yang berisi daftar besar data, seperti daftar pegawai atau produk.

BACA JUGA: Rumus LOOKUP Lengkap Beserta Contohnya

Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP Excel

Cara menggunakan fungsi VLOOKUP Excel sangat mudah. Pertama, buka file Excel yang akan Anda gunakan. Kemudian, masuk ke tab “Data” dan klik tombol “Fungsi” di bagian atas halaman. Dalam kotak dialog yang muncul, pilih fungsi “VLOOKUP” dan klik tombol “OK”. Anda akan masuk ke halaman selanjutnya dimana Anda akan melihat penjelasan singkat tentang fungsi ini.

Selanjutnya, pilih tabel atau range yang akan Anda gunakan untuk melakukan pencarian. Untuk contoh ini, saya akan menggunakan tabel di bawah ini. Terakhir, masukkan nilai yang akan dicari dan klik tombol “OK”. Anda akan mendapatkan hasil pencarian di sebelah kiri nilai

BACA JUGA: Rumus Excel dan Fungsinya Wajib Digunakan Dalam Dunia Kerja

Contoh Rumus VLOOKUP Excel

Fungsi Rumus VLOOKUP di Excel adalah salah satu rumus yang sering digunakan untuk mencari data di dalam sebuah tabel. Rumus ini sangat berguna ketika Anda ingin mencari data tertentu dalam tabel yang berisi banyak data. Dengan menggunakan rumus VLOOKUP, Anda tidak perlu lagi mencarinya satu per satu. Cukup masukkan kriteria pencarian Anda ke dalam rumus, dan hasilnya akan langsung muncul.

Contoh Rumus VLOOKUP Excel
Contoh Rumus VLOOKUP Excel

Berikut beberapa contoh fungsi vlookup secara efektif yang sering digunakan yaitu:

Contoh Penggunaan Fungsi VLOOKUP Mencari Pencocokan Perkiraan

Dalam contoh penggunaan Fungsi VLOOKUP Untuk mencari pencocokan perkiraan dimana posisi nama barang menjadi target pencarian untuk mendapatkan harga dan nilai komisi pada tabel penjualan. Berikut langkah-langkah cara mencari harga barang dan komisi barang berdasarkan target nama barang.

Fungsi VLOOKUP Mencari Pencocokan Perkiraan
Fungsi VLOOKUP Mencari Pencocokan Perkiraan

Rumus Pencocokan Perkiraan:
=VLOOKUP(F2;A2:C11;2;0) Hasil Pencarian Harga Rp 150.000
=VLOOKUP(F2;A2:C11;3;0)
Hasil Pencarian Komisi 5%

Keterangan Rumus:
F2 = Target Pencarian pada tabel penjualan
A2:C11 = Data range yang akan kita gunakan untuk pencarian
2;0 dan 3;0 = Merupakan posisi kriteria data yang akan ditampilkan

Contoh Penggunaan Fungsi VLOOKUP Mencari Pencocokan Tempat

Dalam contoh penggunaan Fungsi VLOOKUP Untuk mencari pencocokan tempat pada tabel dibawah bahwa Harga satu unit monitor adalah Rp 700.000. Dengan keterangan harga monitor ini kita akan mencari nilai komisi berapa persen pada tabel penjualan. Berikut langkah-langkah cara mencari komisi berdasarkan harga monitor.

Fungsi VLOOKUP Mencari Pencocokan Tempat
Fungsi VLOOKUP Mencari Pencocokan Tempat

Rumus Pencocokan Tempat:
=VLOOKUP(F2;B2:C11;2;0) Hasil Pencarian Komisi 12%

Keterangan Rumus:
F2 = Target Pencarian pada tabel penjualan
B2:C11 = Data range yang akan kita gunakan untuk pencarian data
2;0 = Merupakan posisi kriteria data yang akan ditampilkan

Contoh Penggunaan Fungsi VLOOKUP Excel Mencari Angka dan Teks

Dalam contoh penggunaan Fungsi VLOOKUP untuk mencari Teks dan Angka Sebagai Target pencarian nama barang dan harga pada tabel penjualan. Berikut langkah-langkah cara mencari nama barang dan harga berdasarkan kode barang yang berisi huruf dan angka.

Fungsi VLOOKUP Mencari Angka dan Teks
Fungsi VLOOKUP Mencari Angka dan Teks

Rumus Pencocokan Perkiraan:
=VLOOKUP(F2;A2:C11;2;0) Hasil Pencarian Nama Barang MOUSE
=VLOOKUP(F2;A2:C11;3;0)
Hasil Pencarian Harga Rp 150.000

Keterangan Rumus:
F2 = Target Pencarian pada tabel penjualan
A2:C11 = Data range yang akan kita gunakan untuk pencarian
2;0 dan 3;0 = Merupakan posisi kriteria data yang akan ditampilkan

Contoh Penggunaan Fungsi VLOOKUP Mencari Beberapa Kriteria

Dalam contoh penggunaan Fungsi VLOOKUP untuk mencari beberapa kriteria sebagai Target pencarian pada tabel penjualan. Berikut langkah-langkah cara mencari kode barang, tanggal, nama barang, harga, dan komisi pada tabel penjualan di bawah sebagai target pencarian berdasarkan nomor sebagai berikut.

Fungsi VLOOKUP Mencari Beberapa Kriteria
Fungsi VLOOKUP Mencari Beberapa Kriteria

Rumus Pencocokan Perkiraan:
=VLOOKUP(I2;A2:C11;2;0) Hasil Pencarian Kode Barang KB-002
=VLOOKUP(I2;A2:C11;3;0)
Hasil Pencarian Tanggal 10-10-2022
=VLOOKUP(I2;A2:C11;4;0)
Hasil Pencarian Nama Barang FLASHDISK
=VLOOKUP(I2;A2:C11;5;0)
Hasil Pencarian Harga Barang Rp 80.000
=VLOOKUP(I2;A2:C11;6;0)
Hasil Pencarian Komisi Barang 17%

Keterangan Rumus:
F2 = Target Pencarian pada tabel penjualan
A2:C11 = Data range yang akan kita gunakan untuk pencarian
2;0 S/D 6;0 = Merupakan posisi kriteria data yang akan ditampilkan

Dengan mengubah sel nomor Anda bisa mengganti hasil pencarian sesuai dengan data yang Anda miliki.

Fungsi Vlookup Dalam Excel

  Fungsi vlookup dalam excel berfungsi untuk mempermudah pencarian data dengan menyediakan sebuah tabel yang berisi data-data tertentu. Dengan fungsi ini, kita dapat dengan mudah mencari data yang diinginkan tanpa perlu mencari satu per satu di seluruh tabel.

Manfaat LOOKUP, HLOOKUP dan VLOOKUP Pada Microsoft Excel

LOOKUP, HLOOKUP, dan VLOOKUP merupan rumus yang sangat berguna di Microsoft Excel, yang mana rumus ini dapat digunakan untuk pencarian data secara vertikal dan horizontal dalam range pada suatu tabel di dalam sheet atau biasa kita sebut dengan lebar kertas kerja.

Perbedaan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Rumus VLOOKUP dan Rumus HLOOKUP adalah rumus yang digunakan untuk melakukan pencarian data di dalam sebuah tabel. Vlookup digunakan untuk melakukan pencarian data secara vertikal, sedangkan hlookup digunakan untuk melakukan pencarian data secara horizontal. Kedua rumus ini sangat berguna untuk mencari data di dalam tabel yang cukup besar.

Apa itu Rumus Microsoft Excel?

Rumus Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi yang sangat populer dan banyak digunakan oleh para pengguna komputer. Program ini sangat berguna untuk mengolah data dan membuat laporan. Selain itu, penggunaan rumus dapat membuat grafik dan diagram, sehingga memudahkan pengguna untuk menganalisis data dengan lebih mudah dan cepat.

BACA JUGA: Kumpulan Rumus Excel Lengkap

Fungsi Excel Beda Sheet?

Ada beberapa jenis lembar fungsi Excel yang berbeda, dan masing-masing memiliki tujuan spesifiknya sendiri. Lembar fungsi yang paling umum adalah fungsi SUM, yang memungkinkan Anda menjumlahkan rentang sel. Lembar fungsi populer lainnya termasuk fungsi AVERAGE, yang menemukan rata-rata rentang sel, fungsi COUNT, yang menghitung jumlah sel dalam suatu rentang, fungsi COUNTA dan COUNTIF.

Kesimpulan

 Rumus vlookup dan hlookup adalah rumus yang digunakan untuk mencari data di sebuah tabel. Vlookup berfungsi untuk mencari data di sebuah tabel dengan menggunakan kolom sebagai acuan, sedangkan hlookup berfungsi untuk mencari data di sebuah tabel dengan menggunakan baris sebagai acuan.

Demikianlah pembahasan artikel tentang Fungsi VLOOKUP Excel dan Contoh Rumus VLOOKUP Excel Untuk Pemula. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman semua.

INFORMASI MENARIK LAINNYA DAPAT ANDA SIMAK PADA LINK DIBAWAH INI:

INFORMASI Rumus Excel Lengkap KLIK DISINI
INFORMASI
 Tentang Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFORMASI
 Tentang Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.