Rumus TRIM Excell

Fungsi Rumus TRIM Excel Untuk Menghapus Spasi Teks Beserta Contohnya

Rumus TRIM ExcelMerupakan salah satu rumus Microsoft Excel dasar yang wajib dan harus teman-teman ketahui untuk membuat suatu format string dalam penulisan spasinya. Data Karakter sel yang rapi dapat Anda buat dengan mudah langsung dengan hasil sesuai dengan keinginan Anda.

rumus trim excel adalah fungsi untuk menghapus semua spasi dari teks akan memperbaiki data string dengan menghapus spasi pada kalimat yang dibuat kecuali spasi antar kata. Dengan begitu data teks yang berisi spasi ganda atau memiliki spasi pada kolom akan dirapikan oleh TRIM di Excel. Yuk, simak artikel ini sampai selesai agar teman-teman dapat memahami secara benar dalam menggunakan rumus excel dengan rapi dan mudah.

Apa Itu Fungsi TRIM Excel?

Excel menyediakan fungsi Rumus TRIM menghapus spasi berlebih pada kata yang ada pada teks microsoft excel yang mana fungsi text dapat terlihat rapi tanpa harus mengedit manual spasi antar kata. Penggunaan Rumus TRIM ini pada saat Anda dapat file excel dari aplikasi lain seperti disaat anda convert pdf to excel maka hasilnya terkadang tidak beraturan. Agar lebih mudah mengaturnya Anda dapat menggunakan Rumus =TRIM(text) untuk merapikan spasi yang berlebihan.

Cara Penggunaan Fungsi TRIM Excel?

Berikut cara menggunakan rumus Excel TRIM yang mudah digunakan, dan dapat membuat data Anda terlihat jauh lebih bersih dan lebih profesional.

1. Pilih cell yang ingin kamu bersihkan.

2. Ketik =TRIM( ke dalam cell tersebut.

3. Pilih sel yang berisi data yang ingin Anda bersihkan, lalu ketik a ) dan tekan Enter.

Anda juga bisa menggunakan fungsi Excel TRIM pada beberapa cell sekaligus. Cukup pilih cell-cell tersebut, lalu ketik =TRIM( ke dalam cell pertama. Setelah mengetikkan a ) dan menekan Enter, maka rumus tersebut akan disalin ke semua cell terpilih lainnya.

Contoh Latihan Penggunaan Sintaks Excel TRIM 

Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas Tutorial Latihan Penggunaan Rumus SUM Excel Pada Laporan Penjualan Toko Komputer yang mana akan memberikan kemudahan bagi Anda dalam membuat laporan. Pada tutorial ini kami akan memberikan Anda tutorial latihan untuk merapikan laporan penjualan jika worksheet “kertas kerja” Anda tidak tertata rapi.

Contoh Rumus TRIM Excell
Contoh Rumus TRIM Excell

Contoh soal: Pada tabel diatas terlihat cell B16 sampai B21 merupakan kata-kata spasinya berlebihan akibat mendapatkan data dari aplikasi atau hasil dari convert data.

Bagaimana cara menggunakan Fungsi TRIM di Excel?
Pada latihan ini cara menggunakan rumus TRIM Excell yang dapat merapikan kata-kata pada tabel diatas akibat spasi ganda atau kata spasinya berlebihan pada microsoft excel Anda.

Rumus TRIM Excell
=TRIM(TEXT)

=TRIM(B16) Hasilnya TOTAL BAYAR KESELURUHAN (✓)
=TRIM(B17) Hasilnya RATA-RATA PPN (✓)
=TRIM(B18) Hasilnya TOTAL BAYAR KESELURUHAN UNTUK NAMA BARANG KOMPUTER (✓)
=TRIM(B19) Hasilnya TOTAL BAYAR TERTINGGI UNTUK NAMA BARANG HARDDISK (✓)
=TRIM(B20) Hasilnya TOTAL BAYAR TERENDAH UNTUK JENIS PEMBELIAN TUNAI (✓)
=TRIM(B21)&” Pelanggan” Hasilnya TOTAL Pelanggan (✓) ?
RUMUS TRIM EXCEL

Mengapa B21 penulisan rumus TRIM Excel berbeda?
karena terdapat kekurang kata atau hilang dari hasil konversi, maka kita bisa menambahkan kata dengan format penulisan rumus =TRIM(TEXT)&” Teks”
TRIM = Rumus untuk menghapus spasi berlebihan, spasi ganda, kecuali spasi antar kata.
TEXT = Berisikan Kata-kata (tulisan) yang ada di dalam cell
&” ” = Merupakan fungsi tambahan untuk menambahkan karakter di dalam rumus. Sintak ini berfungsi untuk semua rumus yang ada di microsoft excel jika anda ingin menambahkan kata, angka, simbol, tanda baca dapat digunakan. Berikan spasi di dalam kutip agar terpisah dari hasil rumus yang dibuat. Jika tidak memberikan spasi, maka tulisan atau angka yang anda tambahkan akan rapat (tidakadaspasi) seperti ini.

Baca Juga: Fungsi Rumus MID, LEFT dan RIGHT Beserta Contohnya

Penulisan Rumus TRIM Excel

Dalam Penulisan Rumus Pada Tutorial Latihan Penggunaan Rumus TRIM Excel Pada Laporan Penjualan Toko Komputer diatas dapat ditulis seperti berikut;
=TRIM(B16) < Menghapus spasi antar kata
=TRIM(B17) < Menghapus ganda
=TRIM(B18) < Menghapus spasi ganda pada kalimat
=TRIM(B19) < Menghapus spasi yang berlebihan
=TRIM(B20) < Menghapus spasi kecuali spasi tunggal kata
=TRIM(B21)&” Pelanggan” < Menghapus spasi awal kata dan menambahkan teks pada rumus

Baca Juga: Fungsi Rumus HLOOKUP & VLOOKUP Beserta Contohnya

Rumus TRIM Excel Bermanfaat untuk Apa?

Manfaat Rumus TRIM untuk menghapus spasi berlebihan pada tabel kerja excel yang mana untuk mengolah data pekerjaan rumus TRIM di excel harus digunakan untuk merapikan setiap kata dalam membuat text di excel. Anda dapat memanfaatkan TRIM Excel ini dalam merapikan laporan kertas kerja Anda.

Kesimpulan

Rumus TRIM Excel Merupakan salah satu Rumus Microsoft Excel yang sangat bermanfaat bagi teman-teman yang memiliki text di excel yang tidak beraturan maupun spasinya ganda. Menggunakan TRIM Excel Function adalah syntax excel yang berguna untuk menghapus spasi tekt dan juga menjadi solusi untuk merapikan teks di dalam excel.

Sampai disini pembahasan artikel tentang Fungsi Rumus TRIM Excel Untuk Menghapus Spasi text Beserta Contohnya. Semoga bermanfaat dan juga berguna untuk teman-teman yang ingin merapikan Laporan Penjualan Toko Komputer dan sebagainya.

INFORMASI Terbaru Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFORMASI Terbaru Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFORMASI Terbaru Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.