Rumus MIN Excel

Penggunaan Fungsi Rumus MIN Excel Untuk Mencari Nilai Terendah pada Microsoft Excel

Rumus MIN ExcelNilai MINIMUM adalah kepanjangan dari nilai MIN yang mana rumus ini digunakan untuk menghitung nilai terendah. Pada pembahasan sebelumnya kami telah membahas Fungsi MAX Excel yang mana untuk mencari nilai tertinggi anda dapat menggunakan rumus excel ini.

Fungsi max dan min ini sangat berguna. Mereka memungkinkan kita untuk menemukan nilai maksimum dan minimum dari kumpulan data dengan cepat dan mudah. Ini bisa sangat membantu ketika kita mencoba menganalisis data atau menemukan tren.

Pengertian Rumus MIN Excel

Rumus MIN Excel adalah cara untuk menemukan nilai terendah dalam rentang data. Untuk menggunakan Rumus MIN Excel, Anda harus terlebih dahulu memilih rentang sel yang ingin Anda periksa. Kemudian, ketik “=MIN(” dan pilih rentang sel lagi. Terakhir, tekan Enter. Nilai terendah dalam rentang itu akan ditampilkan.

Cara Menggunakan Rumus MINIMUM Excel

Fungsi MIN di Excel digunakan untuk menemukan nilai minimum dalam rentang sel. Fungsi ini dapat digunakan dengan angka, teks, dan nilai logika. Misalnya, rumus berikut akan mengembalikan nilai terendah dalam sel A1: A5: =MIN (A1: A5).

Fungsi MIN juga dapat digunakan dengan larik nilai. Misalnya, rumus berikut akan mengembalikan nilai terendah dalam sel A1, B1, dan C1: =MIN(A1,B1,C1).

Anda juga dapat menggunakan fungsi Rumus MIN Excel dengan fungsi Excel lainnya. Misalnya, rumus berikut akan mengembalikan nilai terendah dalam sel A1: A5 yang lebih besar dari atau sama dengan 5: =MIN(IF(A1:A5>=5,A1:A5)).

Contoh Penggunaan Rumus MIN dan Max

Penggunaan Rumus MIN Excel

Rumus MIN Excel digunakan untuk mencari nilai terendah dalam suatu rentang data. Misalnya, jika Anda memiliki daftar angka, Anda dapat menggunakan rumus MINIMUM untuk menemukan nilai terendah. Anda juga dapat menggunakan rumus MAX untuk menemukan nilai tertinggi.

Penggunaan Rumus MAX

Rumus MAX Excel digunakan untuk menemukan nilai tertinggi dalam rentang data. Misalnya, jika Anda memiliki rentang sel yang berisi angka, Anda dapat menggunakan rumus MAX untuk menemukan angka tertinggi. Untuk menggunakan rumus MAX,

  1. pertama-tama Anda harus memilih rentang sel yang ingin Anda cari.
  2. Kemudian, Anda bisa memasukkan rumus MAX ke dalam sel, atau Anda bisa menggunakan fitur Jumlah Otomatis di Excel.
  3. Untuk menggunakan fitur AutoSum, cukup pilih cell range yang ingin kamu cari, lalu klik tombol AutoSum.
  4. Excel akan secara otomatis memasukkan rumus MAX ke dalam sel yang dipilih.

Fungsi MAX di Excel digunakan untuk menemukan nilai maksimum dalam rentang sel. Fungsi ini dapat digunakan dengan angka, teks, dan nilai logika. Misalnya, rumus berikut akan mengembalikan nilai tertinggi dalam sel A1: A5: = MAX (A1: A5).

Latihan Dasar Rumus MIN di Excel

Latihan dasar rumus MIN Excel sangat mudah. Pertama, buka worksheet Excel Anda dan pilih sel yang akan Anda gunakan untuk menampilkan hasil dari rumus tersebut. Kemudian, ketik =MIN( dan pilih sel dengan data yang ingin Anda hitung. Setelah itu, tambahkan koma (,) dan pilih sel lainnya yang berisi data. Terakhir, tutup parentheses dengan tanda kurung siku) dan tekan Enter. Berikut contoh latihan dasar rumus minimum sebagai berikut:

Contoh Latihan Rumus MIN Excel
Contoh Latihan Rumus MIN Excel

Contoh Soal: Berapa nilai nimimum “terendah” pada tabel diatas?
Penulisan rumus untuk mencari harga minimum “terendah” pada tabel barang harga toko komputer
=MIN(Number1)
=MIN merupakan rumus untuk mencari nilai terendah “minimum”
=NUMBER1 merupakan format data yang akan dicari nilai angkanya

Rumus MIN Excel
=MIN(D4:D11) Hasilnya adalah Rp 35.000

Untuk mencari nilai terendah menggunakan rumus min excel dapat anda coba seperti contoh diatas. Mencari nilai terendah D4 sampai D11 merupakan daftar harga barang yang dicari. Dengan begitu Anda sudah berhasil menggunakan rumus dasar minimum “MIN” pada Microsoft Excel. Agar teman-teman lebih memahami dasar rumus min ini, yuk simak lanjutkan pembahasan artikel ini.

Apa itu Rumus MIN pada Microsoft Excel?

Rumus MIN pada Microsoft Excel adalah rumus yang digunakan untuk mencari nilai MINIMUM (atau nilai terkecil) dari sekelompok data. Data yang akan dicari nilai minimumnya harus berupa angka, dan rumus MINIMUM hanya akan mencari angka yang terdapat pada sel yang sama dengan sel yang berisi rumusnya.

Manfaat Menggunakan Fungsi MIN Excel

Rumus MIN Excel sangat berguna untuk mencari nilai terkecil di suatu kolom atau baris data. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fungsi =MIN(B2:B5). Fungsi ini akan mencari nilai terkecil dari seluruh data yang ada di kolom B, baris 2 hingga baris 5.

Aturan Penulisan Rumus MAX & MIN Excel

Aturan penulisan dalam Rumus MAX & MIN di Excel yaitu:

  1. Angka yang entri datanya memenuhi kriteria
  2. Angka dalam array atau referensi di dalam fungsi statistik harus berupa Angka
  3. Angka yang akan dicari nilai menghasilkan nilai tertinggi dan terendah
  4. Fungsi harus dimasukkan sebagai bagian dari rumus yang lebih besar atau lebih kecil
  5. Data yang dianalisis harus berada di kolom yang berbeda dari kolom tempat rumus ditulis. Ketiga, fungsi max atau min harus menjadi fungsi pertama dalam rumus.
  6. Format data yang sedang dianalisis dapat mempengaruhi hasil rumus.

Kumpulan angka yang entri datanya menjadikan bentuk rumus, dimana bentuk rumus diterjemahkan menjadi angka nilai terendah atau nilai terbesar dari suatu kumpulan. Cari nilai tertinggi menggunakan rumus max pada microsoft excel sedangkan mencari nilai total keseluruhan adalah rumus SUM.

Rumus Excel Dasar yang Sering Digunakan Admin Toko

  1. SUM
  2. AVERAGE
  3. MID
  4. MAX dan MIN
  5. LOOKUP
  6. HLOOKUP dan VLOOKUP
  7. IF

Baca Juga Artikel: 23 Rumus Dasar Excel Wajib untuk Diketahui

Rumus-rumus ini berguna ketika kamu perlu mencari nilai tertentu dalam suatu kumpulan data, seperti nilai maksimum atau minimum. Namun, perlu diingat bahwa rumus-rumus ini hanya akan mengembalikan hasil jika semua sel dalam rentang memiliki nilai. Jika data satu sel kosong, rumus akan mengembalikan kesalahan.

Baca Juga Artikel: Fungsi Rumus MAX Excel Beserta Contohnya

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Seputaran Microsoft Excel

Apa itu minimum di excel?

Rumus MIN Excel adalah fungsi untuk mencari nilai minimum dalam sebuah kolom atau baris data. Fungsi ini berguna untuk mencari nilai terkecil dalam sebuah dataset. Min di excel juga bisa digunakan untuk mencari nilai minimum dari sebuah array atau cell range.

Apa Kegunaan Rumus MAX & MIN Excel ?

Rumus MAX dan MIN di Excel digunakan untuk menemukan nilai maksimum dan minimum, masing-masing, dalam kumpulan data. Rumus-rumus ini mengambil rentang sel sebagai argumen dan mengembalikan nilai tertinggi atau terendah dari rentang itu, masing-masing. Misalnya, jika Anda memiliki kolom angka dan ingin mencari nilai tertinggi, Anda akan menggunakan rumus MAX. Sebaliknya, jika Anda ingin mencari nilai terendah, Anda akan menggunakan rumus MIN.

Bagaimana menemukan nilai MAX dan MIN berdasarkan kriteria di Excel?

Untuk menemukan nilai maksimum atau minimum atau mencari nilai tertinggi dan terendah berdasarkan kriteria di Excel, Anda dapat menggunakan rumus dengan fungsi MAX atau MIN. Misalnya, untuk mencari nilai maksimum dalam suatu rentang data, Anda dapat menggunakan rumus berikut: =MAX(cell:cell). Ini akan mengembalikan nilai maksimum dalam rentang data. Untuk mencari nilai minimum, Anda dapat menggunakan rumus berikut: =MIN(cell:cell). Ini akan mengembalikan nilai minimum dalam rentang data.

Kesimpulan

Rumus ini sangat berguna ketika Anda ingin mencari nilai terkecil dalam sebuah tabel atau melakukan analisis data. Nilai tertinggi dan terendah di excel merupakan rumus min dan max. Demikianlah yang dapat kami sampaikan artikel tentang Penggunaan Fungsi Rumus MIN Excel Untuk Mencari Nilai Terendah pada Microsoft Excel.

Semoga bermanfaat dan berguna bagi teman-teman yang sedang mempelajari maupun mengingat kembali rumus excel dasar min pada Microsoft Excel.

Informasi Menarik Lainnya

INFO Terkait Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFO Terkait Tentang Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFO Terkait Tentang Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang