Rumus COUNTA di Excel

√ Rumus COUNTA Excel Menghitung Cell Berisi Data

COUNTA EXCEL Salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan orang setiap hari adalah menghitung, terutama ketika menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung jumlah barang yang terjual atau stok. Bisnis yang menjual produk jelas membutuhkan rumus excel untuk menghitung jumlah barang yang dipesan dan terjual serta memudahkan Anda dalam membuat worksheet, sehingga tidak ada perbedaan antara jumlah produk yang terjual dan jumlah produk dalam stok pada catatan di excel.

Bagi anda yang sedang berhitung, fungsi COUNTA bisa digunakan untuk menghitung data di Excel. Yuk, Simak menghitung semua jenis data excel digunakan untuk menghitung sel yang terisi data menggunakan COUNTA akan menghitung semua jenis

Pengertian Rumus COUNTA Excel

Pengertian Rumus COUNTA di Excel adalah sebuah fungsi yang berfungsi untuk menghitung jumlah cell yang memiliki data di dalamnya. Bukan hanya itu, fungsi excel COUNTA juga dapat menghitung beberapa data seperti berikut:

  1. Menghitung banyaknya sel,
  2. Menghitung banyaknya data,
  3. Menghitung jumlah sel yang terisi,
  4. Menghitung sel yang berisi angka,
  5. Menghitung banyaknya sel yang terisi
  6. Menghitung banyaknya sel kosong

Penggunaan rumus sel yang kosong juga dapat menggunakan Rumus CONTA Excel untuk menghitung range excel yang berguna untuk menghitung data berupa angka. Banyaknya sel yang berisi data dapat menuliskan rumus =COUNT() pada kolom yang terisi angka.

Fungsi ini sangat berguna ketika kita ingin mengetahui seberapa banyak cell yang berisi data, dan juga dapat digunakan untuk mencari rata-rata, median, atau modus dari sejumlah data.

Cara Penulisan Rumus COUNTA di Excel

Cara penggunaan COUNTA di Excel sangat mudah. Pertama, Anda perlu membuka program Excel yang ada di komputer Anda. Kemudian, buka worksheet atau lembar kerja Excel yang berisi data yang ingin Anda hitung. Untuk menggunakan fungsi COUNTA, Anda perlu mengetikkan =COUNTA (di kolom sebelah kiri cell atau sel), kemudian pilih cell atau sel yang berisi data yang ingin Anda hitung. Tekan Enter setelah itu dan hasilnya akan muncul di bagian bawah worksheet atau lembar kerja Excel.

Contoh Rumus COUNTA Pada Excel

Contoh rumus COUNTA pada Excel menghitung jumlah sel yang berisi data di seluruh worksheet. DATA didefinisikan sebagai teks, angka, atau fungsi yang menghasilkan nilai. COUNTA tidak akan menghitung sel kosong atau sel yang berisi teks kosong.

Untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, gunakan rumus berikut:

= COUNTA(B1: B10)

Rumus ini akan menghitung jumlah sel dalam rentang B1: B10 yang berisi angka.

Untuk menghitung jumlah sel yang berisi teks, gunakan rumus berikut:

=COUNTA(B1:B10)

Rumus ini akan menghitung jumlah sel dalam rentang B1: B10 yang berisi teks.

Untuk menghitung jumlah sel kosong, gunakan rumus berikut:

=COUNTA(C1:C10)

Rumus ini akan menghitung jumlah sel kosong dalam rentang C1: C10

Latihan Cara Menghitung Jumlah Cell COUNTA di Microsoft Excel

Latihan dasar rumus COUNTA Excel berfokus pada penggunaan fungsi COUNTA untuk menghitung sejumlah sel yang tidak kosong di seluruh worksheet. Fungsi ini sangat berguna untuk menentukan jumlah total data yang tersedia untuk analisis. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fungsi COUNTA untuk menentukan jumlah sel yang berisi teks, angka, atau fungsi lainnya.

Contoh COUNTA Excel Toko Komputer
Contoh COUNTA Excel Toko Komputer

Contoh Soal: Menghitung jumlah kolom item Nama Barang dan Stok Barang

Rumus COUNTA Excel Nama Barang
=COUNTA(C3:11) hasilnya adalah 8

Rumus COUNTA Excel Stok Barang
=COUNTA(D3:10) hasilnya adalah 8

Apa itu Rumus COUNTA Excel?

COUNTA merupakan salah satu rumus di Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel yang tidak kosong pada suatu range atau seluruh worksheet. COUNTA juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi teks, angka, dan fungsi.

Fungsi COUNTA Excel

Fungsi COUNTA pada Excel Adalah untuk menghitung jumlah sel yang berisi data. Fungsi ini akan mengabaikan sel-sel yang kosong atau sel-sel yang hanya berisi spasi. COUNTA juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi teks, angka, dan fungsi-fungsi lainnya. Untuk menggunakan fungsi ini, Anda harus menentukan range sel yang ingin Anda hitung.

Manfaat Menggunakan Rumus COUNTA Excel

Rumus COUNTA Excel sangat berguna dalam menghitung seberapa banyak sel yang berisi data. Selain itu, rumus ini juga bisa digunakan untuk menghitung seberapa banyak sel yang tidak kosong. Oleh karena itu, COUNTA Excel sangat bermanfaat bagi mereka yang sering melakukan analisis data.

5 Rumus COUNT Tidak Diketahui Orang Umum Yang Keduanya Adalah Rumus COUNTA Excel

Orang sering menganggap bahwa fungsi COUNT dan COUNTA sama, tetapi sebenarnya ada beberapa perbedaan. Fungsi COUNT hanya akan menghitung jumlah cell yang berisi data numerik, sedangkan COUNTA juga akan menghitung cell yang berisi teks atau angka. Selain itu, fungsi COUNT juga tidak akan menghitung cell yang berisi error, sedangkan COUNTA akan menghitungnya.

5 Rumus COUNT COUNTA Excel
5 Rumus COUNT COUNTA Excel

5 Rumus COUNT Yang Tidak Diketahui Orang Umum Yaitu:

COUNT

COUNT adalah rumus excel yang menghitung jumlah cell dalam suatu range yang berisi angka.

COUNTA

COUNTA adalah rumus di Excel yang menghitung jumlah sel yang berisi data.

COUNTBLANK

COUNTBLANK Excel adalah rumus di Microsoft Excel yang menghitung jumlah sel kosong dalam rentang sel yang dipilih.

COUNTIF

Rumus Excel COUNTIF adalah rumus di Excel yang digunakan untuk menghitung sel berdasarkan kriteria yang disediakan.

COUNTIFS

Rumus COUNTIFS adalah rumus excel yang digunakan untuk menghitung jumlah cell yang memenuhi beberapa kriteria.

Baca Juga Artikel: Pelajar dan Karyawan Harus Tau Rumus Dasar Microsoft Excel Ini

Baca Juga Artikel: Rumus Dasar IF Pelajar dan Karyawan Harus Tau

Baca Juga Artikel: Fungsi AND Excel Beserta Rumus IF Pada Microsof Excel

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang COUNTA Excel

Apa Itu Rumus Excel?

Excel Formula adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk melakukan berbagai operasi pada data di lembar kerja Excel. Ini dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematis, memanipulasi teks, dan banyak lagi.

Bagaimana Cara Menghitung Banyak Cell Berisi Data Menggunakan COUNTA?

Untuk menghitung jumlah sel yang berisi data dalam rentang tertentu, Anda dapat menggunakan fungsi COUNTA. Fungsi ini menghitung jumlah sel yang tidak kosong dalam rentang tertentu. Misalnya, untuk menghitung jumlah sel yang berisi data di sel A1: A5, Anda dapat menggunakan rumus berikut: = COUNTA (A1: A5)

Apa Perbedaan Fungsi COUNT dengan Fungsi COUNTA?

Fungsi COUNT menghitung jumlah sel yang berisi nilai, sedangkan fungsi COUNTA menghitung jumlah sel yang tidak kosong.

Kesimpulan

Demikianlah Pembahasan kami pada Rumus COUNTA Excel Menghitung Cell Berisi Data. Pembahasan yang akan kami ulas selanjutnya yaitu Fungsi Rumus COUNTBLANK di Excel. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan juga berguna bagi kamu yang mempelajari maupun yang ingin tau tentang rumus-rumus dasar dari Microsoft Excel.

Informasi Menarik Lainnya

Jika Anda Memerlukan Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
Jika Anda Memerlukan Informasi Terkait Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang