POWER Excel

Fungsi Power Excel Beserta Contoh Rumus Power pada Microsoft Excel

Fungsi Power Excel – merupakan salah satu fungsi yang telah terdefinisi dalam penggunaannya rumus power excel. Rumus excel ini sangat mudah digunakan dan penghitungan rumus power untuk menunjukkan ke pangkat akar yang contohnya bisa Anda dapatkan di tutorial ini.

Pada Matematika, kuadrat yang dilakukan dengan rumus memiliki fungsi power yang terdapat pada tabel Excel. Pada kolom pangkat bilangan dipangkatkan dengan bilangan sehingga angka dasar itu dinaikkan menjadi hasil hasil perhitungan pangkat dari angka tersebut.

Pengertian Power Excel

Power Excel adalah sebuah aplikasi dari Microsoft Office yang bertujuan untuk membantu pengguna dalam melakukan analisis data dan pembuatan laporan secara cepat dan efektif. Power Excel menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu pengguna dalam menganalisis data, seperti Pivot Table, Slicer, dan Chart. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fungsi statistical seperti Regression dan Anova.

Cara Menggunakan Fungsi POWER Microsoft Excel

Cara yang bagus untuk menghitung nilai angka dengan pangkat tertentu. Untuk menggunakan fungsi POWER, Anda perlu memasukkan angka, kelipatan, dan basis ke dalam rumus. Misalnya, jika Anda ingin menghitung 2 pangkat 3, Anda akan memasukkan rumus berikut ke dalam Excel: = POWER (2,3). Hasil perhitungan ini adalah 8. Anda juga dapat menggunakan fungsi POWER untuk menghitung nilai kolom di Excel.

Misalnya, jika Anda memiliki kolom dengan nilai 2, 3, dan 4, dan Anda ingin menghitung pangkat masing-masing angka tersebut menjadi 2, Anda akan memasukkan rumus berikut: = POWER(A1:A3,2). Ini akan memberi Anda hasil 4, 9, dan 16 di kolom di sebelahnya.

Anda juga dapat menggunakan fungsi POWER agar Excel menghitung pangkat suatu bilangan dengan sendirinya. Misalnya, jika Anda ingin menghitung 100 pangkat 100, Anda akan memasukkan rumus berikut: = POWER (100,100). Ini akan memberi Anda hasil 10 duotrigintillion.

Contoh Penggunaan Rumus Power Excel

Contoh penggunaan rumus POWER di Excel adalah sebagai berikut:

1. Untuk menghitung nilai 2 pangkat 10, maka Anda dapat menggunakan rumus =POWER(2;10).

2.Untuk menghitung nilai 5 pangkat 3, maka Anda dapat menggunakan rumus =POWER(5;3).

Tutorial Menghitung Pangkat di Excel

Latihan Rumus Power Excel Dasar adalah sebuah proses yang dirancang untuk membantu pengguna dalam menghitung dan memahami rumus-rumus di Excel. Rumus ini menyediakan berbagai macam latihan, mulai dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks, sehingga pengguna dapat mempelajari dan menguasai Excel dengan lebih mudah.

Contoh Latihan POWER Excel
Contoh Latihan POWER Excel

Contoh Soal: Berapa Pangkat 4 dari bilangan 8?
Menghitung jumlah nilai bilangan 8 akar pangkat 4

Rumus yang digunakan =POWER(numbe;POWER)

Untuk pencarian bilangan 8 pangkat 4 kita menggunakan rumus power excel untuk mendapatkan hasil dari nilai tersebut seperti contoh dibawah ini.

Rumus POWER Excel
=POWER(B7;E3) Hasilnya adalah 4.096

=POWER merupakan rumus untuk mencari nilai akar pangkat
B7 = merupakan nilai bilangan yang akan dihitung angka pangkatnya
E3 = merupakan akar pangkat yang menjadi angka perhitungan

Rumus Matematika
Penghitungan dalam rumus Matematika 8 pangkat 4 = 8*8*8*8 = 4.096

Note: Saat menentukan bilangan jangan salah letak posisi acuan sumber bilangan dengan akar pangkat karena jika posisi terbalik maka hasilnya akan berbeda seperti =POWER(E3;B7) Hasilnya 65.536 pada Rumus Matematika Akan terhitung 4*4*4*4*4*4*4*4 = 65.536

Apa itu Power Excel?

Power Excel adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mengolah data secara cepat dan efisien. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang berguna, seperti pengolahan data, analisis statistik, dan lain-lain. Selain itu, Power Excel juga dapat digunakan untuk membuat laporan keuangan dengan cepat dan mudah.

Apa itu Excel Power Query

Excel Power Query adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengimpor, mengubah, dan memanipulasi data dengan lebih mudah. Power Query juga dapat membantu Anda untuk menghemat waktu dengan men automation proses data cleansing dan transformation.

Fungsi POWER di Excel

Fungsi POWER di Excel adalah cara untuk menghitung angka yang dipangkatkan dengan pangkat tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menghitung 2 pangkat 3, Anda akan menggunakan fungsi POWER seperti ini: =POWER(2,3). Hasilnya adalah 8. Anda juga dapat menggunakan bilangan negatif dengan fungsi POWER. Misalnya, = POWER(-2,3) akan menghasilkan -8.

Manfaat Menggunakan Fungsi Power Excel

Fungsi Power Excel sangat berguna dalam memanipulasi data dan melakukan analisis dengan cepat dan mudah. Fungsi ini juga dapat membantu Anda dalam menyusun laporan keuangan dan menganalisis data secara efektif. Dengan menggunakan fungsi Power Excel, Anda akan lebih mudah untuk mengelola data dan melakukan analisis dengan cepat dan tepat.

Selain menggunakan POWER, kamu juga bisa menggunakan

Selain menggunakan POWER, kamu juga bisa menggunakan istilah-istilah berikut: simbol, pangkat, angka, menghitung, perhitungan kelipatan, excel, contoh, angka yang ingin kamu pangkatkan, contoh, hasil, rumus, rumus pangkat. Untuk menghitung pangkat suatu angka di Excel, gunakan rumus berikut: POWER(angka yang ingin kamu pangkatkan, level pangkat). Misalnya, jika Anda ingin menghitung pangkat 2 yang dinaikkan ke tingkat pangkat 3, rumusnya adalah: KEKUASAAN (2,3). Hasilnya adalah 8.

Baca Juga Artikel: Rumus Excel Dasar Lengkap Contohnya

Baca Juga Artikel: Fungsi IF Lengkap Contohnya

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Terkait Power Excel

Pertanyaan yang Terkait POWER Excel
Pertanyaan yang Terkait POWER Excel

Power Pivot adalah Analisis Data Excel yang Canggih, Begini Menggunakannya

Power Pivot adalah sebuah fitur analisis data yang sangat powerful, dan dapat digunakan untuk membuat laporan dan analisis yang lebih canggih dari yang bisa dilakukan dengan menggunakan Excel biasa. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang sering mengolah data dalam jumlah besar, karena Power Pivot dapat mengolah data dengan lebih cepat dan efisien.

Rumus Power atau Pangkat Pada MS Excel

Pada MS Excel, terdapat sebuah rumus yang disebut Power atau Pangkat. Rumus ini digunakan untuk menghitung bilangan pangkat tertentu. Untuk menggunakan rumus ini, Anda perlu memasukkan dua nilai: satu untuk bilangan dan satu lagi untuk pangkatnya. Bilangan dan pangkatnya harus diatur dengan benar agar rumus dapat bekerja dengan baik.

Kesimpulan

Bilangan yang akan dikalikan oleh pangkat mana angka dasarnya 2 dengan 3 maka hasilnya adalah 8 dan, ini artinya angka dua kuadrat tiga hasilnya. Bilangan yang terdapat dalam kolom cell tersebut akan dikuadratkan. Oleh karena itu Rumus POWER ini bersipat wajib untuk diisi.

Demikianlah pembahasan tentang Fungsi Power Excel Beserta Rumus Power pada Microsoft Excel semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk teman-teman semua.

Informasi Menarik Lainnya

INFO Menarik Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFO Menarik Tentang Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFO Menarik Tentang Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang