Tutorial Cara Menghitung Rata Rata di Excel Lengkap dan Contohnya

Cara Menghitung Rata Rata di Excel Mudah Dengan Rumus Pemula Juga Bisa

Cara Menghitung Rata Rata di Excel dapat anda gunakan Average sebagai rumus dalam pencarian nilai dalam matematika. Rata rata di Excel dengan menggunakan rumus dapat dimanfaatkan untuk mempercepat perhitungan nilai rata rata dalam rekapitulasi nilai dan sejenisnya.

Untuk Informasi lengkap dan rinci akan kita bahas pada tutorial cara hitung rumus rata rata di excel secara lengkap. Simak artikel ini sampai selesai agar Anda dapat memahami dan dapat menggunakan rumus average menghitung jumlah nilai kriteria data dalam menghitung rata rata di excel.

Pengertian Cara Menghitung Rata Rata di Excel

Untuk menghitung rata rata, Anda perlu menjumlahkan semua sel dan kemudian membaginya dengan jumlah sel. Namun, jika ada sel kosong, Anda perlu mengecualikannya dari penghitungan. Di Excel, Anda dapat menggunakan Fungsi Rumus AVERAGE untuk menghitung rata rata dengan cepat

Apa itu Rumus AVERAGE Excel?

Average adalah sebuah angka yang menunjukkan nilai rata-rata dari sekumpulan data. Jadi, average berarti membagi seluruh data yang ada menjadi beberapa bagian sama, kemudian mencari nilai tengah dari data-data tersebut. Data yang biasanya digunakan untuk menentukan average adalah data nilai ujian siswa di sekolah, atau juga data gaji karyawan di perusahaan tertentu.

Fungsi Rumus AVERAGE di Excel

Fungsi Excel AVERAGE adalah fungsi bawaan yang menghitung rata-rata kriteria angka. Fungsi AVERAGE mengabaikan sel kosong, kesalahan, dan teks. Anda dapat menggunakan fungsi AVERAGE untuk menghitung rata-rata rentang sel, atau Anda dapat menggunakannya sebagai bagian dari rumus lain. Misalnya, Anda bisa menggunakan fungsi AVERAGE untuk menghitung nilai rata-rata rentang sel, atau untuk menghitung nilai rata-rata beberapa sel. Jika Anda menggunakan fungsi yang salah, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan. Salah satu kesalahan paling umum adalah mencoba rata-rata rentang sel dengan menggunakan fungsi AVERAGE. Ini tidak berfungsi karena fungsi AVERAGE hanya menghitung rata-rata satu sel. Untuk menghitung nilai rata-rata rentang sel, Anda perlu menggunakan fungsi AVERAGEA.

Contoh 3 Cara Menghitung Nilai Rata Rata di Excel Lengkap Beserta Contohnya

Cara menghitung rata rata di excel dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu sebagai berikut:

Cara Menghitung Rata Rata di Excel Menggunakan Average

Di Excel, ada beberapa cara berbeda untuk menghitung nilai rata rata dari kriteria data. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan fungsi AVERAGE. Untuk melakukan ini, pilih kolom data yang ingin Anda temukan nilai rata-ratanya. Kemudian, klik cell di mana Anda ingin hasilnya dihitung. Setelah itu, ketik =AVERAGE( lalu pilih rentang sel yang ingin Anda cari rata-ratanya. Terakhir, tutup tanda kurungnya dan tekan enter. Hasilnya akan dihitung dan muncul di sel yang Anda pilih.

Contoh Soal: Menghitung Nilai Rata Rata di Excel Menggunakan Average

Dalam menghitung nilai rata rata di excel Anda bisa pakai average sebagai fungsi rumus untuk mencari nilai logika. Adapun cara penulisan rumus mencari nilai rata rata MTK Pelajar RI yaitu sebagai berikut:

Penulisan Rumus AVERAGE untuk Mencari Nilai Rata Rata Pelajar RI
=AVERAGE(D5:D14)

  1. Tulis sama dengan ” =
  2. Ketik ” AVERAGE
  3. Tekan ” TAB ” atau ketik buka kurung ” (
  4. Klik D5 seret ke bawah dengan cara pojok kanan bawah
  5. Tarik sampai ke D14 dan Enter
  6. Maka Hasilnya akan terisi secara otomatis

Cara Menghitung Rata Rata di Excel Menggunakan Fitur Penjumlahan

Cara lain untuk menghitung nilai rata rata di Excel adalah dengan menggunakan fitur Jumlah Otomatis bawaan. Untuk melakukan ini, pilih rentang sel yang ingin Anda temukan rata ratanya. Kemudian, klik pada tab Beranda dan klik Jumlah Otomatis di pita. Excel akan secara Otomatis memasukkan fungsi AVERAGE ke dalam sel dan menghitung hasilnya.

Contoh Soal: Menghitung Nilai Rata Rata Menggunakan Fitur Penjumlahan

Dalam menghitung nilai rata rata di excel Anda bisa pakai Fitur Penjumlahan sebagai fungsi rumus untuk mencari nilai logika. Adapun cara penulisan rumus mencari nilai rata rata MTK Pelajar RI yaitu sebagai berikut:

Penggunaan Fitur Rumus AVERAGE untuk Mencari Nilai Rata Rata Pelajar RI “
=AVERAGE(D5:D14)

  1. Pilih kolom yang kosong lalu klik icon AUTOSUM pada bagian atas kanan
  2. Klik pada panah kebawa seperti gambar diatas
  3. Lalu pilih AVERAGE
  4. Kemudian Klik kiri pada kolom D5 tahan lalu seret sampai ke D14 dan Enter
  5. Maka hasil akan secara otomatis terisi

Cara Menghitung Rata Rata di Excel Menggunakan Rumus Matematika

Anda juga dapat menggunakan pemformatan bersyarat untuk menggunakan rumus matematika dalam mencari nilai rata rata dengan Rumus SUM Excel.

Contoh Soal: Cara Menghitung Rata Rata di Excel Menggunakan Rumus Matematika Menggunakan Sintak SUM

Dalam menghitung nilai rata rata di excel Anda bisa pakai rumus matematika sebagai fungsi rumus untuk mencari nilai logika. Adapun cara penulisan rumus mencari nilai rata rata MTK Pelajar RI yaitu sebagai berikut:

Penggunaan Fitur Rumus Matematika Untuk Mencari Nilai Rata Rata Pelajar RI “
=SUM(D5:D14)/10

  1. Tulis sama dengan ” =
  2. Ketik ” SUM
  3. Tekan ” TAB ” atau ketik buka kurung ” (
  4. Klik kiri D5 tahan lalu seret sampai ke D14
  5. Ketik tutup kurung ” )
  6. Lalu tulis Garing ” /
  7. Tulis angka ” 10 ” dan Enter
  8. Maka hasil akan otomatis terisi

Total penjumlahan D5 sampai D14 dibagi 10 nilai Pelajar maka dapatlah nilai rata rata, dengan cara ini merupakan rumus matematika yang menggunakan fungsi SUM dalam mencari rata rata nilai data.

Baca Juga Artikel: Contoh Latihan Excel Menggunakan Rumus SUM

Bagaimana Cara Kerja AVERAGE ?

AVERAGE berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari criteria data.

  1. Pertama, AVERAGE mengambil jumlah semua data dalam criteria nilai yang ada.
  2. Kedua, AVERAGE menghitung berapa banyak data nilai kriteria yang ada.
  3. Ketiga, AVERAGE membagi jumlah data dengan jumlah item untuk mendapatkan nilai rata-rata.

Tips Menghitung Rumus Rata-rata di Excel Dengan Cepat

Microsoft Excel adalah alat yang ampuh untuk menghitung rata-rata. Namun, terkadang pengguna mendapatkan rata-rata yang salah dengan menggunakan rumus yang salah. Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda menghitung rata-rata dengan benar di Excel:

  1. Pertama, masukkan data Anda ke Excel.
  2. Selanjutnya, pilih sel yang ingin Anda sertakan dalam penghitungan rata-rata.
  3. Kemudian, klik pada tab “Insert” dan pilih “Function.”
  4. Di menu drop-down “Select a function”, pilih “AVERAGE.”
  5. Terakhir, klik “OK” dan rata-rata Anda akan dihitung!

Baca Juga Artikel: Buat Tabel di Excel Pemula Juga Bisa

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Seputar Rumus Microsoft Excel

Apa Fungsi Rumus Statistik AVERAGE?

Fungsi rata-rata adalah rumus statistik yang digunakan untuk menghitung rata-rata criteria nilai. Fungsi ini dapat digunakan di Excel untuk menghitung rata-rata rentang sel, atau untuk menghitung rata-rata sel tertentu. Untuk menghitung rata-rata di Excel, Anda perlu memilih sel yang berisi data, lalu klik tombol “Average” di grup “Data”. Fungsi rata-rata kemudian akan menghitung rata-rata sel yang dipilih, dan menampilkan hasilnya di sel di sebelahnya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Nilai Rata-Rata?

Nilai rata rata adalah nilai yang dihasilkan dari membagi jumlah semua nilai dengan jumlah data. Dengan kata lain, ini adalah nilai rata rata dari semua nilai. Untuk menghitungnya, cukup jumlahkan semua nilai logika dan bagi dengan jumlah data. informasi lengkap dapat Anda kunjungi tutorial Cara Menghitung Rata Rata di Excel Mudah Dengan Rumus Pemula Juga Bisa

Kesimpulan

Fungsi Rumus ini akan mengambil jumlah semua nilai dalam rentang yang dipilih dan kemudian membaginya dengan jumlah titik data (sel) dalam rentang itu. Anda dapat menggunakan rumus Average dan rumus SUM dimana memiliki fungsi yang berbeta tetapi memiliki tujuan yang sama dalam mencari dan menghitung nilai rata rata di Excel.

Demikianlah pembahasan pada tutorial Cara Menghitung Rata Rata di Excel ini. Semoga bermanfaat dan juga berguna. Anda juga dapat membaca artikel kami tentang Cara menggunakan Rumus IF untuk di Excel Pemula Juga bisa. Bagi Anda yang masih pemula jangan khawatir, kamu juga bisa menerapkan langkah – langkah diatas dengan mudah dan praktis. Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi untuk konversi Excel, convert Excel, dan konverter Excel bisa klik tautan di bawah untuk dapat mengkonversi Microsoft Excel dengan Gratis dan Cepat.

INFORMASI MENARIK LAINNYA

Rekomendasai Rumus Dasar Excel KLIK DISINI
Rekomendasi Convert Excel to PDF KLIK DISINI
Rekomendasi Video Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang