Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM ) Semakin Diminati

Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM ) Semakin Diminati

TBSM Adalah – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan sekolah yang memberikan pengajaran pada masyarakat dan berfokus pada bidang tertentu. Harapannya, mereka yang lulus dari SMK akan menjadi pribadi yang mandiri, berilmu, dan siap untuk bekerja pada bidang yang dinginkan. Salah satunya jurusan teknik bisnis sepeda motor (TBSM) yang semakin diminati.

SMK teknik dan bisnis sepeda motor berbeda dengan yang lainnya, mengingat kompetensi yang diajarkan di dalam jurusan tersebut merupakan skill kompetensi keahlian teknik dan bisnis yang sangat dibutuhkan di era ini. Mengingat, hasil sensus Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa jumlah kendaraan bermotor di Indonesia telah tembus 149,7 juta unit per tahun 2022 ini.

Populasi kepemilikan kendaraan di setiap wilayah tanah air inilah yang membuat tren kompetensi TBSM pun makin meningkat dan menarik untuk dipilih. Karena itulah, pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian jurusan TBSM dan informasi lainnya secara mendetail.

Jurusan TBSM

Teknik Bisnis Sepeda Motor atau biasa disingkat TBSM adalah kompetensi keahlian di bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Studi Keahlian Teknik Otomotif, tetapi lebih menekankan pada keterampilan pada sepeda motor roda dua. Keterampilan yang dimaksud adalah pelayanan jasa mekanik untuk kendaraan.

Dengan kompetensi ini, para peserta didik yang mengambil jurusan ini akan disiapkan untuk bekerja pada bidang pekerjaan mulai dari yang dikelola oleh badan, instansi, perusahaan, hingga menjadi wirausaha.

Jurusan TBSM adalah jurusan yang dapat dijumpai di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja yang bagus. Dalam jurusan TBSM ini, peserta didik akan mempelajari mengenai bagaimana teknik merancang, membuat, dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor. Karena itulah, elemen pengetahuan sainstek seperti matematika, fisika, kimia, IPA, mekanika, listrik, elektronik, keselamatan lingkungan, hingga manajemen sangat dibutuhkan sehingga menjadi materi yang wajib diajarkan.

Lulusan Jurusan Teknik dan bisnis sepeda motor diharapkan memiliki keahlian teknik dan bisnis sepeda motor sehingga dapat membuka pelayanan jasa mekanik kendaraan sepeda motor karena selain di ajarakan keahlian tehnik juga diajarakan cara memulai bisnis yang baik dan dapat berkembang

Baca Juga : Daftar Rumus Excel Terlengkap

Visi dan Misi Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor Terbaru

Berikut adalah visi dan misi dari jurusan TBSM:

Visi

·        Menciptakan lulusan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, serta menjadi warga negara Indonesia yang demokratis.

·        Membekali peserta didik atau siswa dengan kompetensi, skill, keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten dalam merawat dan memperbaiki kendaran roda dua, yaitu sepeda motor.

Misi

·        Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Teknik Sepeda Motor bagian dari pendidikan menengah yang bertujuan menyiapkan lulusan agar siap terjun di bidang tersebut.

·        Mewujudkan tenaga professional di bidang teknik sepeda motor, dengan berbagai keunggulan yang mampu bersaing di pasar global.

·        Menyiapkan siswa agar mampu mamilih karir, berkompetisi, dan mengembangkan diri dalam lingkup keahlian teknik mesin. Salah satunya teknik mekanik otomotif.

·        Menyiapkan siswa untuk mengisi tenaga kerja tingkat menengah yang mandiri serta untuk mengisi kebutuhan dunia kerja, terutama yang berkaitan dengan teknik sepeda motor.

·      Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak di bidang usaha dan industri, misalnya instansi, kembaga, atau perusahaan.

Apa Saja Materi Pembelajaran Jurusan TBSM?

Jurusan TBSM
Jurusan TBSM

Berikut materi pembelajaran jurusan TBSM yang disiapkan sebagai bekal untuk dunia kerja di bidang teknik mesin sepeda motor:

  • Gambar Teknik Otomotif
  • Teknologi Dasar Otomotif
  • Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif
  • Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor
  • Pemeliharaan Sasis Sepeda Motor
  • Pemeliharaan Listrik Sepeda Motor
  • Pengelolaan Bengkel Sepeda Motor
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Kelebihan Jurusan TBSM

Tak dapat dianggap remeh, jurusan teknik bisnis sepeda motor (TBSM) memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jurusan lainnya. Apa saja?

1. Ilmu yang lengkap dan menyeluruh, yakni mulai dari perancangan desain mesin dan body kendaraan, proses pembuatan dan perakitan, proses pengujian, hingga proses produksi dan perawatan.

2. Kegiatan kompetensi yang menantang dan menarik karena banyak bidang teknik dan kreativitas yang terasah. Misalnya, merancang dan memproduksi model visual kendaraan, mendesain komponen otomotif, melakukan kontrol kualitas kendaraan, dan sebagainya.

3. Lapangan pekerjaan yang menjanjikan dan luas, mengingat bidang otomotif akan terus berkembang seiring majunya teknologi.

4. Produksi kendaraan bermotor yang terus meningkat membuat lulusan TBSM akan semakin banyak dibutuhkan.

5. Lulusan TBSM dapat menjadi agen perbaikan bumi mengingat konsumsi kendaraan beserta polusinya dapat berdampak buruk bagi bumi. Dengan kreativitas dan kompetensi yang tinggi, lulusan TBSM dapat menjadi agen perbaikan bumi yang menciptakan inovasi-inovasi baru seperti kendaraan ramah lingkungan dan sebagainya.

Baca Juga : 25+ Rumus Dasar Excel Lengkap Wajib Diketahui Didunia Kerja

Peluang Kerja Jurusan Teknik Bisnis Sepeda Motor

Yang menarik dari teknis bisnis sepeda motor adalah peluang kerja yang begitu luas dan dibutuhkan di mana-mana. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, era ini perkembangan dunia otomotif begitu pesat. Maka dari itu peran dari seorang teknisi otomotif, salah satunya untuk kendaraan roda dua sangat krusial.

Berikut peluang kerja jurusan teknik bisnis sepeda motor (TSBM):

Industri Otomotif

Industri otomotif seperti perusahaan dealer dapat menjadi pilihan yang tepat bagi lulusan TBSM. Misalnya dengan menjadi perancang bodi, transmisi, sasis, hingga perancang bagian mesin.

Periset

Dunia kelistrikan akan terus berkembang seiring dengan pesatnya teknologi. Lulusan TBSM dapat berkontribusi besar di dalamnya, yakni sebagai periset atau researcher untuk bebera[a mesin otomotif dan kelistrikan. Gaji di bidang ini pun cukup tinggi.

Teknisi

Lapangan kerja yang paling umum diminati oleh lulusan TBSM adalah teknisi. Hampir semua perusahaan otomotif membutuhkan seorang teknisi. Tak hanya itu, peluang kera di bengkel ataupun service center pun terbuka lebar.

Modifikator

Jasa modifikasi kendaraan bermotor cukup digandrungi oleh banyak orang, terutama para komunitas. Jika memiliki skill kreativitas yang lebih, lulusan TBSM dapat menjadi seorang modifikator dengan bekerja di bisnis modif ataupun berwirausaha dengan membuka jasa modifikator.

Jurnalis

Media otomotif selalu mengutamakan lulusan jurusan otomotif atau sejenisnya untuk mengisi artikel yang bertema otomotif. Hal itu karena banyak istilah-istilah technical yang hanya dapat dipaham oleh orang yang sudah lama berkecimpung di bidang ini. Salah satunya adalah lulusan teknik bisnis sepeda motor.

Wirausaha

Jika bekerja di perusahaan atau bisnis orang lain dapat membatasi kreativitas dalam mengembangkan kompetensi, membuka usaha sendiri atau berwirausaha merupakan pilihan yang tepat. Mengingat, kini jasa bengkel, service center, atau sejenisnya sangat banyak dibutuhkan masyarakat.

Perbedaan Jurusan TBSM dengan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR)

Sedikit berbeda dengan TBSM yang berfokus pada kendaraan sepeda motor, masih berada di bidang yang sama, Teknik Kendaraan Ringan (TKR) adalah ilmu yang mempelajari alat-alat transportasi darat, terutama mobil. Sederhananya, TBSM merupakan jurusan yang berfokus pada perbaikan sepeda motor, sedangkan TKR pada mobil. Meskipun keduanya sama-sama berada di bidang otomotif.

Secara mendetail, materi yang diajarkan di keduanya pun tidak sama. Dalam TKR, peserta didik akan mempelajari pemeliharaan mesin kendaraan ringan (engine automotive), pemeliharaan sasis kendaraan ringan (chasis automotive), pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan (electrical automotive), dan sebagainya. Sedangkan pada TBSM, pemeliharaan mesin terfokus pada kendaraan sepeda motor.

Daftar SMK Unggulan Jurusan TBSM

Berikut daftar 10 SMK TBSM unggulan se-Indonesia:

1.      SMK Negeri 1 Bendo Magetan

2.      SMK Muhammadiyah 2 Genteng Banyuwangi

3.      SMK Negeri 7 Semarang

4.      SMKN 1 Seyegan

5.      SMK Mitra Industri

6.      SMKN 1 Kendit

7.      SMKN 1 Cimahi

8.      SMKN 1 Bangsri

9.      SMK 2 Praya Tengah

10.  SMK Taruna Negara

Pelajari Juga : Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel Lengkap Cara Membuatnya

Pertanyaan Terkait TBSM

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan dan berkaitan dengan Teknik Bisnis Sepeda Motor.

Apa Kepanjangan TBSM?

Kepanjangn TBSM adalah Teknik Bisnis Sepeda Motor.

Mengapa Jurusan TBSM Sangat Populer di SMK?

Teknik otomotif, terutama Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM) memiliki proyeksi kerja yang bagus, mengingat lapangan pekerjaan di bidang perkantoran atau industri sangat luas. Selain itu, kompetensi yang dimiliki oleh lulusan TBSM juga dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkannya sebagai ide bisnis yang besar di bidang otomotif.

Dengan jaminan yang menjanjikan di masa depan itulah, jurusan TBSM populer dan banyak diminati oleh calon peserta didik SMK. Hal itu karena kompetensi yang akan dimiliki lulusan ini merupakan skill yang jarang dimiliki oleh masyarakat, tapi sangat dibutuhkan.

Berapa Gaji Lulusan TBSM SMK?

Setiap jenis pekerjaan dari lulusan TBSM memiliki kisaran gaji yang berbeda-beda. Berikut perkiraan gaji yang akan didapatkan lulus TBSM sesuai dengan minat pekerjaan mereka nanti:

·        Industri Otomotif: Rp5.000.000,-/bulan

·        Periset: Rp6.000.000,-/bulan

·        Teknisi: Rp4.000.000,-/bulan

·        Modifikator: Rp4.000.000,-/bulan

·        Jurnalis: Rp3.000.000-Rp4.000.000,-/bulan

·        Wirausaha: Tergantung omzet

Apakah lulusan TBSM Bisa Menjadi Wirausaha?

Bisa. Lulusan TBSM yang memiliki ketertarikan menjadi wirausaha dapat mengembangkan skill, kompetensi, dan kreativitasnya dengan membuka usaha otomotif sendiri hingga menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.

Kesimpulan

TBSM adalah Teknik Bisnis Sepeda Motor, salah satu jurusan yang paling banyak diminati di SMK. Dalam jurusan ini, peserta didik akan diajarkan berbagai materi pembelajaran di bidang otomotif seperti gambar teknik otomotif, teknologi dasar otomotif, pemeliharaan mesin sepeda motor, pemeliharaan sasis dan lsitrik sepedea motor, serta sebagainya.

Dari kompetensi yang didapatkan selama menempuh pendidikan di TBSM itulah, pilihan pekerjaan yang akan didapatkan juga sangat luas. Jika dibandingkan dengan jurusan lain, TBSM memiliki banyak kelebihan. Misalnya ilmu yang lengkap dan menyeluruh, kompetensi yang menantang, hingga lapangan pekerjaan yang menjanjikan.

Apalagi teknologi otomotif beserta industrinya akan terus berkembang pesat. Maka dari itu, TBSM adalah salah satu jurusan dengan proyeksi masa depan yang terjamin, penuh kesuksesan, dan tepat untuk dipilih. Tak heran jika TBSM kini menjadi jurusan yang semakin diminati.

INFO Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFO Tentang Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFO Tentang Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.