Cara membuat Nomor Urut di Excel

Cara Membuat Nomor di Excel Dengan Otomatis Cepat dan Mudah

Cara Membuat Nomor di Excel – Pada saat kita membuat tabel data, maka Anda akan membuat daftar nomor urut yang merupakan sesuatu, yang biasa kita lakukan. Untuk membuat numbered list, kita bisa mengetikkan angka satu per satu di cell yang kita buat.

Untuk cara mudah membuat nomor urut pada kolom atau baris pada microsoft excel Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut dalam membuat nomor berurutan.

Fungsi Membuat Nomor Urut di Excel

Excel memiliki fungsi untuk membuat daftar nomor urut. Fungsi ini dapat digunakan untuk mengurutkan data sesuai dengan keinginan Anda. Untuk menggunakan fungsi ini, Anda perlu mengikuti beberapa langkah sederhana. Pertama, buka worksheet Excel yang akan Anda gunakan. Selanjutnya, pilih sel di mana Anda ingin daftar nomor urut dimulai. Klik kanan pada sel tersebut, lalu pilih “Nomor Urut” dari menu yang muncul. Akan ada jendela pop-up dengan opsi untuk menentukan jenis dan format nomor urut yang akan dibuat. Setelah itu, klik “OK” dan selesai.

Manfaat Membuat Nomor Urut di Excel

Manfaat membuat nomor urut di Excel sangat berguna untuk memudahkan kita dalam melakukan berbagai perhitungan dalam aplikasi microsoft office. Dengan menggunakan fitur ini, kita tidak perlu lagi mencatat semua data secara manual dan menghitungnya satu per satu. Selain itu, membuat nomor urut di Excel juga dapat membantu kita dalam mengontrol dan menyimpan data lebih efektif jika nomor urut diterapkan dengan baik sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara membuat nomor di excel berurutan?

  1. buka spreadsheet di Excel.
  2. pilih baris atau kolom yang ingin Anda urutkan.
  3. kemudian klik tab “Data” dan pilih opsi “Sort”. Di bagian atas jendela yang muncul, pastikan opsi “Data has header row” dicentang.
  4. Setelah itu, pilih kolom yang ingin Anda gunakan untuk mengurutkan data.
  5. Untuk mengurutkan data secara ascending (urutan naik), pilih opsi “Ascending”.
  6. Jika Anda ingin mengurutkan data secara descending (urutan turun), pilih opsi “Descending”.
  7. Anda bisa mengurutkan lebih dari satu kolom dengan menambahkan kolom lain di bagian bawah jendela yang muncul.
  8. Selanjutnya, klik tombol “OK”.

Cara Membuat Nomor di Excel Secara Urut Manual di Excel

Berikut cara untuk membuat nomor urut manual di Excel

  1. Buka spreadsheet di excel
  2. Pada A3 ketik Angka 1,
  3. Pada A4 ketik Angka 2
  4. Pada A5 ketik Angka 3 dan seterusnya
Cara-membuat-nomor-urut-manual
Cara Membuat Nomor Urut di Excel Secara Manual

cara membuat nomor di excel secara urut manual di excel merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan dalam pembuatan record data untuk pencatatan di kertar kerja. Hal ini untuk memudahkan pengguna excel untuk mengetahui jumlah record data yang telah dibuat.

Cara Membuat Nomor di Excel Secara Urut di Excel Otomatis

Cara membuat nomor di excel secara urut otomatis, caranya cukup mudah dan sederhana sekali. Cukup pilih sel yang ingin kita isi dan klik tombol menu fill. Pada menu Fill pilih series, lalu pilih Row atau Column lalu isi step value dari 1 stop value 10 atau step 1 stop value 1000. Maka nomor urut otomatis di excel akan terisi otomatis. Berikut 2 cara mudah membuat nomor urut otomatis yaitu sebagai berikut:

Membuat Nomor Urut Secara Otomatis Menggunakan Menu Fill Pada Row

Cara Membuat Nomor di Excel Secara urut secara otomatis menggunakan menu Fill pada Row (Baris)

  1. Buka Sheet Excel
  2. Tuliskan Angka 1 pada sel B3, Lalu
  3. Pilih Menu Fill
  4. Pilih Series
  5. Pada Menu Series In, Pilih Row “Baris”,
  6. Kemudian, pada step value isi angka 1
  7. Pada stop value isi angka 1000.
  8. klik Ok
Cara-membuat-nomor-urut-autofill
Cara Membuat Nomor di Excel Secara Otomatis

cara membuat nomor di excel otomatis, nomor baris akan terisi dengan nomor sebagai awalan 1 sampai 1000. Anda bisa membuat nomor urut di microsoft mudah dari puluhan, ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu. Penomoran urut yang ke 2 yaitu menggunakan menu fill column.

Membuat Nomor Urut Secara Otomatis Menggunakan Menu Fill Pada Column

Cara Membuat Nomor di Excel Secara urut secara otomatis menggunakan menu Fill pada Column (Kolom)

  1. Buka Sheet Excel
  2. Tuliskan Angka 1 pada sel B3, Lalu
  3. Pilih Menu Fill
  4. Pilih Series
  5. Pada Menu Series In, Pilih Column “kolom”,
  6. Kemudian, pada step value isi angka 1
  7. Pada stop value isi angka 1000.
  8. klik Ok
Cara Membuat Nomor Di Excel Secara Menu Fill Row
Cara Membuat Nomor Di Excel Secara Menu Fill Row

Secara otomatis nomor baris akan terisi dengan nomor sebagai awalan 1 sampai 1000. Anda bisa membuat nomor urut di microsoft mudah dari puluhan, ratusan, ribuan, bahkan ratusan ribu. Penomoran urut yang ke 2 yaitu menggunakan menu fill column.

Membuat Nomor Urut Otomatis Dengan Autofill

Cara Membuat Nomor di Excel Secara Menu Fill Pada Column
Cara Membuat Nomor di Excel Secara Menu Fill Pada Column

Jika Anda perlu membuat urutan angka secara otomatis, fitur IsiOtomatis di Excel dapat membantu. Misalnya, jika Anda memiliki daftar 1,000 item dan masing-masing membutuhkan nomor urut yang unik, Anda dapat memasukkan dua angka pertama dalam rangkaian (1 dan 2), lalu pilih rentang sel yang ingin Anda isi dengan rangkaian tersebut. Untuk melakukan ini dengan cepat dan mudah, klik sudut kanan bawah sel dengan nomor kedua dalam rangkaian dan seret ke bawah atau ke kanan sampai semua sel terisi. Sel-sel sekarang akan berisi nomor berurutan dalam seri (1, 2, 3, 4, dst.), dengan pemisah ribuan yang secara otomatis ditambahkan jika diperlukan.

Baca juga: 25+ Rumus Dasar Excel di Dunia Kerja

Apa itu Fitur Autofill Angka di Excel?

Fitur Autofill Angka di Excel adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengisi sel dengan urutan angka tertentu secara otomatis. Fitur ini sangat berguna ketika Anda ingin mengisi sel dengan data numerik, seperti tanggal, nomor telepon, atau kode pos. Untuk menggunakan fitur Autofill Angka, Anda hanya perlu mengklik dan drag sel yang ingin Anda isi, lalu pilih opsi “Autofill Angka” dari menu drop-down.

Data yang dapat diisi dengan autofill biasanya berupa angka, tanggal, dan teks. Autofill juga dapat digunakan untuk mengisi sel dengan rumus sederhana, seperti penjumlahan atau pengurangan.

Kalau cara memberi nomor otomatis di Excel pake rumus gimana?

Anda dapat menggunakan fungsi AUTOFORMAT untuk memberi nomor otomatis di Excel. Pertama, buka worksheet yang akan Anda gunakan. Selanjutnya, pilih bagian data yang ingin Anda format dan klik tombol “AUTOFORMAT” di toolbar. Anda akan melihat beberapa opsi untuk menentukan format apa yang akan diterapkan pada data tersebut. Pilihlah “Nomor Urut” dan klik tombol “OK”.

Bonus: Tutorial Cara Membuat Nomor Surat Menggunakan Rumus Excel

Untuk membuat nomor huruf, mulailah dengan memberi label numerik pada setiap huruf alfabet dari 1-26. Kemudian, untuk menemukan nilai numerik dari sebuah kata, cukup tambahkan angka-angka yang sesuai dengan setiap huruf dalam kata tersebut. Misalnya, kata “kucing” akan direpresentasikan sebagai 3+1+20=24.

Baca Juga: Cara Rubah Angka Mendadi Huruf Menggunakan Rumus Terbilang

Kesimpulan

Nomor urut merupakan sesuatu yang lazim dilakukan pada microsoft excel, biasanya nomor urut digunakan untuk kunci utama mengurutkan data record pada sheet excel. Nomor urut yang diberikan pada baris (row) atau kolom (column) akan memudahkan kita untuk mendapatkan informasi data record kertas kerja atau worksheet pada suatu data excel. Maka dari itu hal ini cukup penting bagi kita untuk dapat merekap data record yang berjumlah besar.

Demikianlah pembahasan artikel tentang Cara Membuat Nomor di Excel Dengan Otomatis Cepat dan Mudah semoga bermanfaat dan juga berguna buat teman-teman yang belajar pintar menggunakan microsoft excel.

Cara Membuat Nomor di Excel Dengan Otomatis Cepat dan Mudah

INFORMASI Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFORMASI Tentang Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFORMASI Tentang Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.