Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Fungsi Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel Beserta Contoh Data Tabel di MS Excel

Mengenal Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan dua fungsi pencarian dasar di Excel adalah VLOOKUP dan HLOOKUP. Seperti namanya, VLOOKUP mencari data dalam tabel per kolom, sedangkan HLOOKUP mencari data dalam tabel per baris.

VLOOKUP merupakan Vertical LOOKUP “Pencarian Per Kolom” secara umum digunakan ketika sedang mencari data pada kolom yang berisikan data pada tabel. HLOOKUP merupakan Horizontal LOOKUP ” Pencarian Per Baris ” digunakan ketika mencari data pada baris yang berisikan data pada tabel.

Baik VLOOKUP dan HLOOKUP adalah rumus yang relatif sederhana, tetapi ada beberapa hal yang perlu diingat saat menggunakannya.

  1. Kedua rumus tersebut membutuhkan tabel data untuk mencari data.
  2. Kedua rumus tersebut membutuhkan kunci – sesuatu yang secara unik mengidentifikasi baris atau kolom yang berisi data yang ingin Anda kembalikan.
  3. Kedua rumus memiliki argumen ketiga opsional yang menentukan kolom atau baris mana yang akan mengembalikan data.

Pengertian VLOOKUP dan HLOOKUP di Excel

Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP digunakan untuk mencari data baris dan kolom di dalam tabel. Rumus vlookup mencari data secara vertikal, sedangkan rumus hlookup mencari data secara horizontal. Untuk menggunakan rumus vlookup atau hlookup, Anda perlu mengetahui kunci (nilai yang Anda cari) dan kolom atau baris tempat kunci tersebut berada.

VLOOKUP adalah rumus?

Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari data dalam tabel per kolom “Vertikal“. Rumus ini didasarkan pada tabel referensi yang kamu isi dengan data yang ingin kamu cari. Rumusnya bisa benar atau salah. Microsoft Excel memiliki fungsi built-in bernama VLOOKUP yang bisa kamu gunakan untuk mencari data pada KOLOM tabel.

HLOOKUP adalah rumus?

Rumus HLOOKUP digunakan untuk mencari dan mengambil data dari tabel per baris “Horizontal“. Rumus ini didasarkan pada tabel referensi yang kamu isi dengan data yang ingin kamu cari. Rumusnya bisa benar atau salah. Microsoft Excel memiliki fungsi built-in bernama HLOOKUP yang bisa kamu gunakan untuk mencari data pada BARIS tabel.

Ada dua rumus yang bisa digunakan untuk mencari data dengan sangat efektif. Jika Anda memasukkan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP merupakan fungsi rumus yang tepat dalam mencari data kolom dan baris pada tabel Anda. Oleh karena itu rumus tersebut akan mengisi data yang anda cari.

VLOOKUP dan HLOOKUP akan menghasilkan pencarian data yang berfungsi untuk data di kolom dan urutan kolom pada tabel Anda. vlookup dan hlookup akan mencoba membantu ketika mencari informasi tertentu, Hal ini bisa sangat membantu apabila mencari informasi spesifik.

Fungsi Utama Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Fungsi vlookup akan mengembalikan nilai di baris yang sama dengan kuncinya, sedangkan fungsi hlookup akan mengembalikan nilai di kolom yang sama dengan kuncinya. Anda juga dapat menggunakan fungsi vlookup dan hlookup untuk menemukan data di sumber yang berbeda, atau untuk menemukan data dalam urutan yang berbeda. Jika kunci tidak ditemukan, fungsi vlookup dan hlookup akan mencari nilai untuk mengembalikan hasil kosong.

Contoh Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Dengan asumsi Anda memiliki data di sel A1: B5 dan ingin menemukan nilai yang sesuai di kolom D, Anda dapat menggunakan fungsi VLOOKUP. Fungsi VLOOKUP mencari nilai di kolom pertama tabel dan mengembalikan nilai di baris yang sama dari kolom lain di tabel.

Contoh Penulisan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Berikut ini adalah sintaks untuk fungsi VLOOKUP:

= VLOOKUP (nilai, tabel, col_index_num, range_lookup)

Dalam contoh penggunaan rumus cara mencari data tabel yang berisi banyak data di Excel?

=VLOOKUP(B8;B3:F7;2;FALSE)
Informasi Rumus Excel Dasar VLOOKUP KLIK DISINI

Dalam contoh penggunaan rumus cara menemukan golongan untuk memproses data excel dengan cepat?

=HLOOKUP(C7;$H$4:$L$8;5;TRUE)
Informasi Rumus Excel Dasar HLOOKUP KLIK DISINI

Contoh Latihan Rumus VLOOKUP & HLOOKUP Dalam Laporan Penjualan Pada Toko Komputer

VLOOKUP dan HLOOKUP adalah dua fungsi yang sering digunakan dalam Excel. Kedua fungsi ini memiliki kegunaan yang hampir sama, yaitu untuk mencari sebuah nilai di sebuah tabel. Perbedaannya adalah, VLOOKUP mencari nilai pada sebuah tabel dengan baris vertikal, sedangkan HLOOKUP mencari nilai pada sebuah tabel dengan baris horizontal.

Contoh Rumus VLOOKUP Excel – Menghitung Pembelian

Pada gambar dibawah ini merupakan langkah-langkah dalam memncari jumlah pembelian menggunakan Rumus VLOOKUP Excel pada laporann penjualan toko komputer di bulan september 22.

Contoh Latihan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP 1
Contoh Latihan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Untuk mencari jumlah Pembelian pelanggan CENTER KOMPUTER kita menggunakan Rumus VLOOKUP dengan keterangat sebagai berikut:

Rumus VLOOKUP Untuk Pencarian Jumlah Pembelian oleh CENTER KOMPUTER
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;[range_lookup])

Soal Latihan: Pelanggan CENTER KOMPUTER membeli Hardisk 22 Unit di tahun 2010.
Berapakah Total Harga Pembelian Hardisk Oleh Pelanggan CENTER KOMPUTER?

Penyelesaian Rumus VLOOKUP
Mencari nilai kolom pada posisi kiri menggunakan kolom yang menentukan pencarian kode, blok tabel 1 mulai dari kode barang, nama barang dan harga barang secara keseluruhan, Lalu pilih posisi kolom harga barang, Kemudian buat nilai 0 untuk mentukan nilai sebenarnya dan langkah terakhir di kalikan dengan banyaknya pembelian Hardisk.

Penulisan Rumus
Rumus Matematika = Banyaknya Jumlah Pembelian X Harga HDD = Total Harga Pembelian
22 x 850.000 = 18.700.000 Rupiah

=VLOOKUP(LEFT(C8;2);$C$23:$E$31;3;0)*F8

HASIL Rp 18.700.000

  • LEFT = Merupakan posisi tabel pencarian berada posisi kiri
  • (C8;2) = Merupakan kolom yang menentukan pencarian pada KODE
  • $C$23:$E$31 = Merupakan tampilan Tabel 1 yang berisi KODE, NAMAN dan HARGA BARANG
    Untuk menampilkan simbol $ Anda dapat blok semua cel di tabel 1 lalu tekan F4
  • ;3 = Merupakan KOLOM harga pada tabel 1
  • ;0 = Merupakan nilai true atau false jadi kita mencari kebenaran dari nilai maka kita buat 0
  • *F8 = Merupakan Jumlah berapa banyak pembelian Hardisk

Contoh Rumus VLOOKUP Excel – Menghitung PPN

Pada gambar dibawah ini merupakan langkah-langkah dalam memncari jumlah pembelian menggunakan Rumus HLOOKUP Excel untuk mencari PPN pembelian pada laporann penjualan toko komputer di bulan september 22.

Contoh Latihan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP 2
Contoh Latihan Rumus HLOOKUP

Untuk mencari PPN Pembelian pelanggan CENTER KOMPUTER kita menggunakan Rumus HLOOKUP dengan keterangat sebagai berikut:

Rumus HLOOKUP Untuk Pencarian PPN Pembelian Hardisk oleh CENTER KOMPUTER
=VLOOKUP(lookup_value;table_array;row_index_num;[range_lookup])

Soal Latihan: Pelanggan CENTER KOMPUTER membeli Hardisk 22 Unit di tahun 2010.
Berapakah Total PPN Pembelian Hardisk Oleh Pelanggan CENTER KOMPUTER?

Penyelesaian Rumus VLOOKUP
Mencari nilai kolom jenis pembayaran yang menentukan pencarian PPN, blok tabel 2 mulai dari Jensis Pembelian, Tunai dan Kredit secara keseluruhan, Lalu pilih posisi baris PPN, Kemudian buat nilai 0 untuk mentukan nilai sebenarnya dan langkah terakhir di kalikan dengan jumlah harga pembelian Hardisk.

Penulisan Rumus
Rumus Matematika = Jumlah Pembelian X Tunai/Kredit = PPN
10% x 18.700.000 Rupiah

=HLOOKUP(H8;$D$34:$F$35;2;0)*I8

HASIL Rp 1.870.000

  • H8 = Merupakan sel yang menentukan pencarian pada KODE
  • $D$34:$F$35 = Merupakan tampilan Tabel 2 yang berisi TUNAI dan KREDIT
    Untuk menampilkan simbol $ Anda dapat blok semua cel di tabel 2 lalu tekan F4
  • ;2= Merupakan BARIS pada Tabel 2
  • ;0 = Merupakan nilai true atau false jadi kita mencari kebenaran dari nilai maka kita buat 0
  • *I8 = Merupakan Jumlah berapa banyak pembelian Hardisk

Contoh Lengkap Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP yang Wajib Kamu Harus Pelajari

Jika Anda ingin mempelajari cara menggunakan fungsi VLOOKUP di Excel, ini adalah tutorial untuk Anda. Tutorial ini akan mencakup semua yang perlu kamu ketahui tentang penggunaan VLOOKUP dan HLOOKUP, mulai dari dasar-dasar fungsinya hingga tips dan trik yang lebih canggih. Di akhir tutorial ini, kamu akan menjadi ahli VLOOKUP!

Selain itu Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP, kami juga memiliki tutorial untuk menghitung nilai rata-rata pada excel dan juga Tutorial fungsi IF pada Excel untuk membantu Anda dalam membuat laporan penjualan atau untuk menghitung stok barang yang ada di toko maupun digudang. Informasi Rumus Excel Dasar lainnya dapat Anda simak di BETANTT

Solusi Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP Error?

Rumus VLOOKUP Menghasilkan Nilai yang Salah Error #NA

Rumus VLOOKUP menghasilkan error ketika tidak dapat menemukan nilai yang kamu cari. Ini bisa terjadi jika nilainya tidak ada di kolom yang Anda cari, atau jika kolom yang Anda cari tidak ada. Anda dapat menggunakan fungsi VLOOKUP untuk menemukan nilai di Excel dengan menentukan rentang sel dan tabel data. Fungsi VLOOKUP akan mencari nilai yang dapat mengembalikan nilai dari kolom tabel yang cocok dengan nilai yang Anda cari. Jika nilai tidak ditemukan, fungsi VLOOKUP akan mengembalikan #NA.

Solusi VLOOKUP Menghasilkan Nilai yang Salah Error #NA

Solusinya adalah memeriksa tabel referensi Anda dan memastikan bahwa kolom yang Anda cari berada dalam urutan yang benar. Anda juga dapat mencoba menggunakan fungsi pencarian alih-alih VLOOKUP untuk menemukan nilai yang Anda cari.

Rumus HLOOKUP Menghasilkan Nilai yang Salah Error #NA

Rumus HLOOKUP menghasilkan nilai yang salah error #NA ketika tidak dapat menemukan nilai yang kamu cari. Ini bisa terjadi jika nilainya tidak ada di baris yang Anda cari, atau jika baris yang Anda cari tidak ada. Anda dapat menggunakan fungsi HLOOKUP untuk menemukan nilai di Excel dengan menentukan rentang sel dan tabel data. Fungsi HLOOKUP akan mengembalikan nilai dari baris pertama tabel yang cocok dengan nilai yang Anda cari. Jika nilai tidak ditemukan, fungsi HLOOKUP akan menjadikan dan mengembalikan #NA.

Solusi HLOOKUP Menghasilkan Nilai yang Salah Error #NA

Solusinya adalah memeriksa tabel referensi Anda dan memastikan bahwa baris yang Anda cari berada dalam urutan yang benar. Anda juga dapat mencoba menggunakan fungsi pencarian alih-alih hlookup untuk menemukan nilai yang Anda cari.

Pahami Langkah-langkah Penulisan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Untuk menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP, pertama-tama pilih cell di mana kamu ingin hasilnya muncul. Kemudian ketik tanda =VLOOKUP atau =HLOOKUP ( diikuti dengan nilai yang ingin kamu cari, range tabel, masukkan nomor kolom atau nomor baris dan terakhir true atau false tergantung apakah kamu ingin hasil yang sama persis atau tidak.

Anda juga bisa menggunakan fungsi Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP untuk mencari data dalam kolom di sebelah kiri nilai pencarian. Untuk melakukan ini, cukup gunakan angka negatif untuk argumen nomor kolom atau baris.

Pahami Langkah-langkah Penulisan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP
Pahami Langkah-langkah Penulisan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Pahami Penggunaan rumus mendasar antara Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP

Ada perbedaan mendasar dalam penggunaan rumus vlookup dan hlookup di MS Excel. Fungsi vlookup digunakan untuk mencari data dalam tabel, sedangkan fungsi hlookup digunakan untuk mencari data dalam satu baris. Jika Anda menggunakan bentuk fungsi pencarian yang salah, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan.

Untuk menggunakan fungsi vlookup, Anda harus memiliki tabel data dengan setidaknya dua kolom. Kolom pertama adalah kolom yang berisi nilai yang ingin Anda cari, dan kolom kedua adalah kolom yang berisi data yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat memiliki lebih dari dua kolom, tetapi hanya dua kolom pertama yang digunakan dalam fungsi vlookup.

Untuk menggunakan fungsi hlookup, Anda harus memiliki tabel data dengan setidaknya dua baris. Baris pertama adalah baris yang berisi nilai yang ingin Anda cari, dan baris kedua adalah baris yang berisi data yang ingin Anda kembalikan. Anda dapat memiliki lebih dari dua baris, tetapi hanya dua baris pertama yang digunakan dalam fungsi hlookup.

Kesimpulan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP?

Untuk implementasi Rumus VLOOKUP mencari nilai posisi kolom pertama tabel dan mengembalikan nilai di baris yang sama dari kolom lain di tabel, sedangkan Rumus HLOOKUP memiliki data untuk mencari nilai posisi baris pertama tabel dan mengembalikan nilai di kolom yang sama dari baris lain di tabel.

Demikianlah pembahasan tentang Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP, semoga artikel ini dapat membantu dan juga bermanfaat bagi teman-teman yang belajar dan bagi teman-teman yang ingin mengetahui microsoft excel. Untuk Informasi lengkap tentang Rumus Excel Dasar pada Microsoft Excel, Ada bisa kunjungi Link Dibawah ini.

Informasi Menarik Lainnya

Jika Anda Membutuhkan Rumus Excel Dasar Lainnya KLIK DISINI
Jika Anda Membutuhkan Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
Jika Anda Membutuhkan Info Terkait Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang