Fungsi Rumus COUNTIF Excel

Fungsi COUNTIF Excel dan Contoh Menghitung Data Rumus Di Microsoft Excel

Fungsi COUNTIF Excel menghitung jumlah sel berdasarkan banyaknya data dan angka pada excel untuk syarat data yang akan dihitung. Apakah Anda sudah mengetahui COUNTIF Excel? YUK, Simak penjelasan mengenai rumus COUNTIF pada Excel.

Pengertian Fungsi COUNTIF Excel

Fungsi COUNTIF di Excel adalah rumus yang memungkinkan Anda menghitung jumlah cell yang memenuhi kriteria atau persyaratan tertentu. Misalnya, Anda bisa menggunakan fungsi COUNTIF untuk menghitung jumlah sel yang berisi kata “Kriteria Rumus COUNTIF”. Fungsi COUNTIF sering digunakan dengan fungsi lain, seperti Fungsi SUM, untuk membuat rumus yang lebih kompleks.

Cara Menggunakan Fungsi COUNTIF Excel

Contoh Rumus COUNTIF Excel
Contoh Rumus COUNTIF Excel

Untuk menggunakan fungsi COUNTIF, Anda harus memasukkan rumus ke dalam sel. Rumusnya akan terlihat seperti ini: =COUNTIF(range, kriteria). “Range” adalah kelompok sel yang ingin Anda hitung, dan “kriteria tunggal” adalah kriteria yang harus dipenuhi sel untuk dihitung.

Contoh Rumus COUNTIF Excel

Contoh rumus COUNTIF adalah salah satu tipe data nilai, katakanlah Anda ingin menghitung jumlah sel dalam rentang A1: A10 yang berisi angka lebih besar dari 5. Rumus Anda akan terlihat seperti ini: =COUNTIF(A1:A10,”>5″). Dan jika Anda ingin menghitung jumlah cell dalam rentang B1: B10 yang berisi teks yang dimulai dengan “A”, rumus Anda akan terlihat seperti ini: =COUNTIF(B1: B10, “A*”).

Latihan Menghitung Jumlah Data kolom dan Angka Range Menggunakan Rumus Excel

Latihan Rumus Fungsi COUNTIF ExcelLatihan Rumus Fungsi COUNTIF Excel
Latihan Rumus Fungsi COUNTIF Excel

Contoh Soal: Berapa Jumlah Pelanggan Yang Membeli Hardisk?

Rumus COUNTIF Excel
=COUNTIF(range, kriteria)
=COUNTIF(E5:E14;”Hardisk”)

Apa itu rumus Countif?

Rumus Countif adalah fungsi di Excel yang memungkinkan Anda menghitung jumlah cell yang memenuhi kriteria tertentu. Misalnya, Anda bisa menggunakan fungsi COUNTIF untuk menghitung jumlah cell yang berisi teks “Ya”. Anda juga dapat menggunakan fungsi COUNTIF untuk menghitung jumlah titik data yang memenuhi satu kriteria atau beberapa kriteria.

Mengenal Fungsi COUNTIF

Fungsi COUNTIF di Excel adalah cara cepat dan mudah untuk menghitung sel yang memenuhi kriteria tertentu. Fungsi ini berguna untuk menghitung hal-hal seperti jumlah sel yang berisi nilai tertentu, jumlah sel yang lebih besar dari atau sama dengan nilai tertentu, atau jumlah sel yang berada di antara dua nilai. Untuk menggunakan fungsi COUNTIF, Anda perlu menentukan rentang sel yang akan dihitung dan kriteria penghitungan.

Fungsi Rumus Excel COUNTIF

COUNTIF adalah salah satu rumus Excel yang paling penting untuk menghitung berapa banyak jumlah cell. Dengan menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung Anda dapat memanfaatkan rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung cell berisi data.

Banyak Fungsi yang bisa di dapat dalam menggunakan rumus yang berfungsi untuk menghitung Seperti Fungsi IF, Fungsi Count, fungsi countifs

Manfaat Rumus Excel COUNTIF

  1. menghitung banyaknya data
  2. menghitung berapa banyak siswa
  3. menghitung banyaknya sel kosong
  4. menghitung berapa banyak jumlah cell
  5. Dan lainnya.

Bagaimana cara kerja COUNTIF Excel dengan beberapa kriteria di Excel?

Untuk bekerja dengan COUNTIF dengan beberapa kriteria di Excel, pertama-tama buka program Microsoft Excel Anda. Selanjutnya, klik pada tab “Data” dan kemudian pilih “COUNTIF ” dari grup “Data Tools”. Dalam kotak dialog “COUNTIF “, masukkan kriteria Anda ke dalam bidang yang sesuai dan kemudian klik “OK.” Hasil Anda akan dihitung dan ditampilkan di kotak dialog COUNTIF. Jika Anda ingin menghitung data untuk beberapa kriteria, cukup masukkan kriteria tambahan Anda ke dalam kotak dialog Countif dan klik “OK.” Ingatlah bahwa jika Anda memasukkan informasi yang salah ke dalam kotak dialog Countif, hasil Anda mungkin tidak akurat.

Mengapa menggunakan Rumus Countif Excel?

COUNTIF merupakan fungsi di Excel yang memungkinkan Anda menghitung jumlah data di excel yang memenuhi kriteria teks tertentu. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan fungsi COUNTIF untuk menghitung jumlah sel yang berisi nilai tertentu, atau jumlah sel yang lebih besar dari atau sama dengan nilai tertentu. Fungsi COUNTIF sering digunakan bersama dengan fungsi Excel lainnya, seperti fungsi jumlah, untuk melakukan penghitungan yang lebih kompleks.

2 Kriteria Range Berdasarkan Rumus Excel COUNTIF

Ada dua kriteria untuk fungsi hitungan di Excel – yang pertama adalah bahwa fungsi tersebut harus dapat menghitung sel, dan yang kedua adalah harus memiliki kriteria yang ditentukan. Fungsi Countif di Excel memenuhi kedua kriteria ini, menjadikannya alat yang ampuh untuk menghitung data di lembar kerja. Fungsi ini dapat menghitung sel berdasarkan nilainya, sehingga mudah untuk menghitung hal-hal seperti angka, tanggal, atau string teks. Itu juga dapat menghitung sel berdasarkan kriteria tertentu, seperti semua sel yang berisi kata tertentu atau semua sel yang lebih besar dari nilai tertentu. Ini membuat fungsi Countif menjadi alat serbaguna untuk menghitung data di Excel.

Baca Juga Artikel: Rumus Dasar IF Pelajar dan Karyawan Harus Tau

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Rumus COUNTIF Excel

Bagaimana Cara Penulisan Rumus COUNT, COUNTA, COUNTBLANK, COUNTIF, dan COUNTIFS?

Penulisan rumus sangat penting bagi pengguna microsoft excel untuk mengoperasikan data dengan kriteria menghitung banyak data pada range berdasarkan kriteria excel untuk menghitung. Aturan-aturan berikut ini akan membantu Anda menulis rumus yang jelas dan ringkas.
1. Gunakan simbol ” = ” tanpa tanda kutip
2. Tuliskan rumus sesuai fungsi rumus seperti

=COUNT(D3:D7) = D3:D7 Merupakan Range
=COUNTA(D3:G7) = D3:D7 Merupakakn Range
=COUNTBLANK(B5:B14) = B5:B14 Merupakan Range
=COUNTIF(C5:C14;”HD”) = E5:E14 Merupakan Range dan HARDDISK Merupakan Kriteria
=COUNTIFS(E5:E14;”HARDISK”) = E5:E14 Merupakan Range dan HD Merupakan Kriteria

3. Pastikan fungsi/rumus excel tersebut benar
4. Jika terjadi cress # atau eror perhatikan kembali cara penulisan rumus Anda dengan baik.

Informasi lengkap contoh Rumus Excel COUNT, COUNTA, COUNTBLANK, COUNTIF, dan COUNTIFS KLIK DISINI

Bagaimana cara menghitung Berapa Banyak Data Sesuai Menggunakan COUNTIF DI EXCEL.

Untuk menghitung berapa banyak data yang cocok menggunakan COUNTIF di EXCEL, pertama-tama pilih rentang sel yang ingin Anda hitung. Kemudian, klik tab “Rumus” dan pilih “Countif” dari menu tarik-turun “Hitung & Jumlah”. Di kotak dialog “Countif”, masukkan kriteria yang ingin Anda hitung di bidang “Kriteria” dan klik “OK”. Jumlah sel yang cocok dengan kriteria Anda akan ditampilkan di sel tempat Anda memasukkan rumus.

Kesimpulan Rumus Excel COUNTIF

Anda dapat menggunakan fungsi COUNTIF untuk menghitung jumlah sel yang berisi nilai lebih dari 5. Fungsi COUNTIF adalah bagian dari grup fungsi statistik di Excel. Menghitung beberapa banyak jumlah cell, yang memiliki syarat atau kriteria fungsi dari rumus. Maka dari itu range data pada excel akan menghitung serta excel memberikan hasil perhitungan hasil tersebut sesuai dengan rumus excel yang Anda gunakan.

Semoga Artikel Fungsi COUNTIF Excel dan Contoh Menghitung Data Rumus Di Microsoft Excel dapat berguna bagi kamu yang ingin belajar, memahami, mengingat, ataupun mau menguasai rumus dasar excel salah satunya seperti COUNTIF Excel yang telah kita bahas ini. Info Menarik Lainnya dapat Anda kunjugi dengan cara klik link dibawah ini yang akan memberikan informasi yang lebih luat buat Anda belajar Microsoft Excel.

Informasi Menarik Lainnya

Jika Anda Membutuhkan Rumus Excel Dasar Lainnya KLIK DISINI
Jika Anda Membutuhkan Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
Jika Anda Membutuhkan Info Terkait Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang