Rumus MID Excel dan Fungsinya

Rumus MID Excel Beserta Contoh Fungsi Right, Fungsi Left pada Microsoft Excel

Rumus MID Excel – Penulisan fungsi dalam mengambil karakter atau beberapa karakter ditampilkan pada jumlah karakter penggunaan berdasarkan penulisan rumus. Untuk pengambilan beberapa informasi menggunakan fungsi MID Excel untuk langsung mendapatkan karakternya.

Pengertian Rumus MID Excel

MID adalah salah satu penggunaan rumus yang berfungsi dalam Excel untuk mencari nilai tengah dari sebuah data. Fungsi ini sangat berguna ketika kita ingin mencari nilai rata-rata dari sebuah data. Data yang akan diolah dengan fungsi MID harus berupa angka atau teks, dan diurutkan secara ascending atau descending.

Apa itu MID di Excel

MID di Excel adalah cara terbaik untuk mengekstrak teks dari dalam sel. Ini dapat digunakan untuk mengekstrak satu karakter atau serangkaian karakter. Rumus MID juga berguna untuk mengekstrak teks dari dalam sel yang berisi informasi lain.

Cara Menggunakan MID di Microsoft Excel

Rumus Excel MID dapat digunakan untuk mengekstrak sejumlah karakter tertentu dari string teks, mulai dari posisi karakter tertentu. Misalnya, rumus MID dapat digunakan untuk mengekstrak tiga karakter pertama dari string teks. Untuk menggunakan rumus MID, masukkan = MID( ke dalam sel, diikuti dengan referensi sel yang berisi string teks, diikuti dengan posisi karakter untuk mulai mengekstrak karakter, diikuti dengan jumlah karakter yang akan diekstrak.

Contoh Penggunaan Fungsi MID di MS Excel

Contoh penggunaan fungsi yang digunakan untuk mengambil dan memiliki teks “BELAJAR EXCEL” di sel A1, Anda dapat menggunakan fungsi MID untuk mengambil huruf “BELA” dari tengah string. Rumus untuk ini adalah =MID(A1,2,4). Contoh penggunaan ini menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan fungsi MID untuk mengambil karakter tertentu dari string teks.

Latihan Dasar Rumus Excel

Berikut 3 Contoh Penggunaan Dasar Rumus Excel yang dapat membantu Anda untuk mengambil karakter tertentu dari semua sel yaitu:

  1. Rumus MID Mengambil Karakter Bagian Tengah
  2. Rumus RIGHT Mengambil Karakter Bagian Kanan
  3. Rumus LIFT Mengambil Karakter Bagian Kiri

Untuk melakukan latihan, 3 rumus dasar diatas dalam proses pengambilan karakter pada cell, yang perlu teman persiapkan adalah buka aplikasi microsoft excel. Berikut Contoh Rumus MID, Rumus RIGHT, dan Rumus LIFT yang akan membantu Anda memahami proses penggunaan rumus dasar Microsoft Excel.

Contoh Rumus MID

Rumus MID Excel
Rumus MID Excel

Contoh Soal Rumus MID Excel
Tahun berapa produksi Hardisk yang dibeli oleh CENTER KOMPUTER?
Mencari Tahun Produksi Hardisk dengan keterangan nomor urut 4 menggunakan rumus MID

Rumus MID Excel =MID(text;start_num;num_chars)

Penyelesaian Soal =MID(C8;4;4) hasilnya 2022
C8 = Target Pencarian
;4 = Urutan karakter Mulai dari nomor
;4 = Jumlah karakter nomor yang ditampilkan

Kode yang di tampilkan melalui karakter = HD-2022-K, karakter ini akan dikeluarkan mulai dari urutan ke 4 ditampilkan sebanyak 4 karakter dan hasilnya adalah 2022. Sebagai pengingat bahwa pembacaan karakter kode atau simbol juga termasuk hitungan 1 karakter.

Contoh Rumus RIGHT

RIGHT pada Rumus MID Excel
RIGHT pada Rumus MID Excel

Contoh Soal Rumus Right Excel:
Cara menampilkan tahun dan kode huruf pada Tahun Produksi?
Penggunaan rumus Right untuk menampilkan beberapa Kode Karakter dimulai dari kanan, seperti berikut:

Rumus RIGHT Excel =RIGHT(text;num_chars)

Penyelesaian Soal =RIGHT(C8;6) hasilnya adalah 2022-K
C8 = Target Pencarian
;6 = Jumlah Karakter nomor yang ditampilkan mulai dari kiri

Kode yang ditampilkan melalui karakter = HD-2022-K, Karakter ini akan dikeluarkan mulai dari kanan ditampilkan sebanyak 6 Karakter dan hasilnya adalah 2022-K. Kode dan simbol termasuk hitungan 1 karakter dalam pembacaan karakter rumus.

Conto Rumus LEFT

LEFT pada Rumus MID Excel
LEFT pada Rumus MID Excel

Contoh Soal Rumus Left Excel:
Cara menampilkan tahun dan kode huruf pada Tahun Produksi?
Penggunaan rumus Left untuk menampilkan beberapa Kode Karakter dimulai dari kiri, seperti berikut:

Rumus LEFT Excel =LEFT(text;num_chars)

Penyelesaian Soal =LEFT(C8;7) hasilnya adalah HD-2022
C8 = Target Pencarian
;7 = Jumlah karakter yang ditampilkan mulai dari kiri

Kode yang ditampilkan melalui karakter = HD-2022-K, karakter ini akan dikeluarkan mulai dari kanan ditampilkan sebanyak 7 karakter dan hasilnya adalah HD-2022. Kode, simbol, spasi, tanda baca akan terbaca 1 karakter dalam penghitungan dari rumus LEFT.

itulah 3 rumus yang bisa teman-teman gunakan untuk mengeluarkan karakter dari sebuah sel.

Dalam hitungan karakter yang akan dikeluarkan menggunakan rumus MID, rumus RIGHT, dan rumus LEFT akan menghitung Huruf, Angka, Simbol, Tanda Baca dan juga Spasi pada setiap sel yang ditargetkan dalam pencarian jumlah karakter yang akan ditampilkan.

Apa itu MID, LEFT, RIGHT?

MID, LEFT, RIGHT merupakan rumus yang dapat mengambil bagian teks,huruf kalimat dan angka. Untuk dapat mengambil sebagian teks Anda fungsi untama dari rumus LEFT, MID, RIGHT.

Menggunakan Fungsi Karakter LEFT, MID, RIGHT

Ada tiga fungsi karakter utama di Excel – KIRI “LEFT“, TENGAH “MID“, dan kanan”RIGHT“. Fungsi-fungsi ini memungkinkan Anda mengekstrak karakter dari string teks. Fungsi kiri mengembalikan karakter paling kiri dari string, fungsi tengah mengembalikan karakter dari tengah string, dan fungsi kanan mengembalikan karakter paling kanan dari string. Untuk menggunakan fungsi-fungsi ini, Anda perlu memasukkan rumus ke dalam sel. Rumusnya akan terlihat seperti ini: = kiri (A1,10). Rumus ini akan mengembalikan 10 karakter pertama dari sel A1. Anda dapat mengubah angka 10 menjadi angka apapun yang Anda inginkan, tergantung pada berapa banyak karakter yang ingin Anda kembalikan.

Fungsi Rumus MID, LEFT dan RIGHT di Excel

Fungsi Rumus MID, LEFT dan RIGHT di Excel digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari string teks. fungsi tengah digunakan untuk mengambil karakter dari tengah string, dan fungsi kanan digunakan untuk mengambil karakter dari akhir string. Penggunaan fungsi-fungsi ini ditentukan oleh posisi karakter dalam string teks. Fungsi kiri mengambil karakter pertama dalam string, fungsi tengah mengambil karakter di tengah string, dan fungsi kanan mengambil karakter terakhir dalam string.

Fungsi MID di Excel

Fungsi MID adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil karakter dari bagian tengah string.

Fungsi RIGHT Excel

Fungsi RIGHT adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil karakter dari awal string sebelah kanan.

Fungsi LEFT Excel

Fungsi LEFT adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil karakter dari awal string sebelah kiri.

Berdasarkan jumlah karakter data di microsoft excel dapat diambil berupa teks, angka nama dan huruf. Teks yang digunakan untuk mengambil karakter tengah dari suatu sel merupakan tugas dari rumus MID, Left bertugas untuk mengambil karakter dari kiri sedangkan RIGHT mengambil karakter mulai dari sebelah kanan.

Manfaat Menggunakan Rumus MID Excel

Rumus MID di Excel sangat berguna untuk menentukan nilai tengah dari sebuah data. Data yang akan diolah harus berbentuk tabel yang terdiri dari kolom dan baris. Untuk menggunakan rumus MID, pilih cell di mana Anda ingin menampilkan nilai tengah, kemudian ketik =MID( dan tekan enter. Selanjutnya, pilih cell pertama dari data yang akan diolah, lalu pilih cell terakhir dari data yang akan diolah. Setelah itu, ketik ,1) dan tekan enter. Hasilnya, nilai tengah dari data yang Anda pilih akan muncul di cell yang Anda tetapkan sebelumnya.]]

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Rumus Excel MID

Mengapa Rumus MID Tidak Bisa digunakan untuk Data Tanggal/Waktu?

Fungsi MID di Excel tidak dapat digunakan untuk data yang menyertakan nilai tanggal dan waktu. Ini karena fungsi MID hanya mengembalikan sejumlah karakter tertentu dari string teks, dan tidak mengenali tanggal atau waktu sebagai nilai yang berbeda. Akibatnya, menggunakan fungsi MID pada data tanggal / waktu akan memberikan hasil yang salah.

Apa saja Rumus Excel yang bisa Mengambil Beberapa Karakter Pada Cell ?

Rumus Excel LEFT MID dan RIGHT adalah rumus yang sangat berguna untuk mengambil beberapa karakter dari sebuah cell. Anda dapat menggunakan salah satu rumus ini untuk mendapatkan karakter yang diinginkan dari cell tersebut. Selain itu, rumus Excel LEFT MID dan RIGHT juga dapat digunakan untuk membalik urutan karakter dalam sebuah cell.

Kesimpulan

Itulah 3 cara menggunakan rumus MID, rumus RIGHT, dan rumus LEFT yang bertujuan untuk mengeluarkan karakter dari cel berupa angka, huruf, kalimat, simbol, tanda baca, dan lain-lain. Semoga artikel Rumus MID Excel Beserta Contoh Fungsi Right, Fungsi Left pada Microsoft Excel dapat berguna bagi teman-teman yang sedang belajar maupun yang sedang memahami penggunaan rumus Microsoft Excel.

Pembahasan selanjutnya kami akan membahas tentang Rumus MIN Excel semoga bermanfaat. MIN adalah singkatan dari Minimum. Fungsi MIN mencari nilai terkecil dalam sebuah array atau daftar nilai. UpdateInformasi terbaru tentang RUMUS Excel Dasar bisa Anda klik link di bawah ini.

Informasi Menarik Lainnya

Update Rumus Dasar Excel Terbaru KLIK DISINI
Update Alat Konversi Excel ke PDF Terbaru KLIK DISINI
Update Ilmu Teknologi Terbaru TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang