Laporan-Keuangan-Sederhana

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel Lengkap Cara Membuatnya

Laporan Keuangan Sederhana Excel lengkap dengan format laporan keuangan transaksasi bisnis usaha dan jenis perusahaan dalam pembuatan laporan keuangan merupakan suatu kegiatan informasi keuangan untuk dicatat.

Pencatatan pada buku pelaporan keuangan akan membantu kita dalam mendapatkan informasi terkait posisi keuangan kas perusahaan, keuangan suatu perusahaan dan operasional perusahaan. Informasi Dasar laporan keuangan yaitu sebagai berikut:

Pengertian Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan sederhana adalah catatan transaksi bisnis selama periode waktu tertentu yang berisi informasi tentang penjualan, pengeluaran, dan akuntansi perusahaan. Di dalal akuntansi, Laporan keuangan digunakan untuk mengukur kesehatan dan kinerja keuangan bisnis dan keuntungan usaha.

Fungsi Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan sederhana berfungsi sebagai alat untuk mengukur kinerja perusahaan. Penyusunan Laporan keuangan memberikan gambaran umum tentang arus kas, laba rugi, dan posisi keuangan perusahaan. Menyusun Laporan keuangan sederhana dapat membantu perusahaan untuk memonitor kinerja keuangan, mengidentifikasi masalah potensial, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan kondisi keuangan usaha maupun keuangan perusahaan.

Manfaat Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Manfaat membuat laporan keuangan sederhana untuk bisnis sangat banyak dan beragam. Mungkin yang paling penting, memiliki informasi yang terkait dengan posisi dan kinerja keuangan perusahaan yang sudah tersedia merupakan sumber wawasan yang tak ternilai tentang kesehatan operasi perusahaan secara keseluruhan. Data ini dapat memberikan informasi berharga terkait efisiensi dan efektivitas bisnis, dan dapat digunakan sebagai metrik utama dalam membuat keputusan penting terkait keuangan yang dimiliki oleh perusahaan.

Selain itu, manfaat terkait dapat mencakup peningkatan komunikasi antara pemilik bisnis dan memegang kepentingan, serta kejelasan dan transparansi yang lebih besar mengenai keadaan keuangan perusahaan. Maka dari itu perusahaan perlu membuat laporan keuangan untuk usaha untuk dapat mengetahui pemasukan dari salah satu usaha yang dimiliki perusahaan.

Format Laporan Keuangan Akuntansi Bisnis

Laporan keuangan akuntansi umumnya mencakup empat komponen dasar yaitu:

  1. Laporan Neraca,
  2. Laporan Laba Rugi
  3. Laporan Arus Kas
  4. Laporan Ekuitas Pemegang Saham

Laporan ini biasanya disajikan dalam format tahunan atau triwulanan, meskipun beberapa perusahaan juga merilis laporan keuangan bulanan.

Cara Membuat Laporan Keuangan Secara Otomatis

Untuk membuat laporan sederhana secara otomatis, Anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Anda dapat menggunakan fungsi SUM untuk menjumlahkan seluruh nilai di suatu kolom. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan fungsi COUNT untuk mengetahui berapa banyak data yang ada di suatu kolom. Anda dapat menggunakan fungsi AVERAGE untuk mencari rata-rata dari seluruh nilai di suatu kolom dan sebagai tambahan Fungsi IF untuk menentukan nilai perbandingan logis antara nilai dan pekiraan.

Cara Buat Laporan Keuangan Neraca di Excel

Cara membuat Laporan Keuangan Neraca di Excel dengan mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat Nama Usaha yang akan Anda seperti:

  • PT. Belajar Pintar Excel

2. Persiapkan Aset yang Anda miliki seperti:

  • Aktiva Lancar
  • Aktiva Tetap

3. Persiapkan Kewajiban yang Anda miliki seperti:

  • Kewajiban Lancar
  • Kewajiban Jangka Panjang
  • Kewajiban Lain-lain

4. Hitung Ekuitas yang Anda Miliki seperti:

  • Modal Usaha

5. Tambahkan Total Liabilitas jika Anda Memiliki Mitra Bisnis seperti:

  • Join Partner – Total Pemengang Saham

Cara Buat Laporan Keuangan Laba Rugi di Excel

Cara membuat Laporan Keuangan Laba Rugi di Excel dengan mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Persiapkan Data Pendapatan Usaha atau Bisnis Anda seperti:

  • Pendapatan Warnet
  • Pendapatan Service Komputer
  • Potongan Jasa
  • Pendapatan Lain-Lain
  • Jumlah pendapatan

2. Persiapkan Data Beban-Beban Yang Harus Anda Bayarkan seperti:

  • Beban Gaji
  • Beban Sewa
  • Beban Perlengkapan
  • Beban Iklan
  • Beban Listrik dan Telpon
  • Beban Penyusutan
  • Beban Lain-Lain
  • Jumalh Beban

3. Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Laba Rugi di Excel, Anda harus menyusun Data Pendapatan dan Beban untuk mengetahui Laba Rugi dari Usaha atau Bisnis Anda seperti gambar dibawah ini.

Laporan-Keuangan-Sederhana-Laba-Rugi
Persiapan Pembuatan Akun Laporan Laba Rugi

Cara Buat Laporan Keuangan Arus Kas di Excel

Cara membuat Laporan Keuang Arus Kas di Excel dengan mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan data Laporan Laba Rugi

2. Siapkan data Neraca Saldo

3. Lakukan Penyusunan Arus Kas

4. Dalam Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Arus Kas secara langsung, Anda harus menyusun penyesuaian data berdasarkan pada buku Kas atau Bank.

Baca Juga Artikel: Cara Membuat Laporan Arus Kas – Perusahaan Dagang

Cara Buat Laporan Perubahan Modal Perusahaan di Excel

Cara membuat Laporan Perubahan Modal Perusahaan di Excel dengan mudah, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Siapkan Data Modal Awal

2. Siapkan Data Laba

3. Prive Pak Sule

4. Dalam Pembuatan Laporan Perubahan Modal Perusahaan dagang rumus yang digunakan adalah

Rumus Menghitung Modal Akhir Perusahaan Jika posisi keuangan Perushaan Laba
= Modal Awal + (Laba Bersih – Prive)

Rumus Menghitung Modal Akhir Perusahaan Jika posisi keuangan perushaan Rugi
= Modal Awal – (Rugi Bersih + Prive)

Contoh Laporan Keuangan Sederhana Lengkap

Laporan keuangan sederhana yang lengkap, dapat mencakup sejumlah besar informasi uang pada laporan keuangannya. Namun, Laporan keuangan sederhana dan cara membuatnya haruslah jelas serta mudah dipahami.

Laporan keuangan yang bagus akan mencakup seluruh aspek keuangan perusahaan, termasuk pendapatan, biaya, laba bersih, dan ekspensi. Keuntungan di perusahaan akan terlihat jelas jika Anda memiliki laporan keuangan di perusahaan tersebut.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan di Excel

Laporan keuangan perusahaan adalah laporan yang menunjukkan seluruh aktivitas keuangan perusahaan dalam suatu jangka waktu tertentu. Laporan ini berisi keuangan suatu entitas, aset perusahaan dan juga dapat melihat kondisi perusahaan sedang berjalan.

Laporan ini biasanya dibuat oleh akuntan yang seringkali mencatat dan menghitung pendapatan, pengeluaran, dan stok barang. Laporan keuangan perusahaan boleh dibentuk harian, secara bulanan, triwulanan, atau tahunan.

Contoh Laporan Keuangan Neraca di Excel

Laporan keuangan neraca saldo adalah laporan yang menunjukkan perbandingan antara aktiva dan pasiva, termasuk ekuitas, pada suatu tanggal tertentu. Laporan neraca ini sering digunakan oleh para analis untuk menilai kesehatan keuangan perusahaan untuk mendapatkan laporan keuangan yang ideal.

Laporan-Keuangan-Sederhana-Neraca
Laporan Keuangan Sederhana – Neraca

Pada contoh laporan keuangan sederhana Neraca Saldo pada PT. Belajar Pintar Excel dengan mudah dapat Anda buat sendiri dengan cara mempersiapkan

Contoh Laporan Keuangan Laba Rugi di Excel

Laporan keuangan laba rugi adalah laporan keuangan yang menunjukkan seberapa banyak laba atau rugi yang telah diperoleh perusahaan dalam periode tertentu. Laporan ini biasanya dibuat per quarter atau per tahun, dan mencakup semua aktivitas bisnis, termasuk pendapatan, biaya, dan pajak.

Laporan-Keuangan-Sederhana-Laba-Rugi
Laporan Keuangan Sederhana – Laba Rugi

Contoh Laporan Keuangan Arus Kas di Excel

Laporan keuangan arus kas (cash flow statement) adalah laporan keuangan yang menunjukkan aliran kas masuk dan keluar dari perusahaan selama periode tertentu. Laporan ini biasanya digunakan untuk membantu para pemegang saham, kreditur, dan pihak-pihak lain untuk menilai seberapa baik perusahaan dalam mengelola arus kasnya.

Baca Juga Artikel: Contoh Laporan Arus Kas – Perusahaan Jasa Bisnis UKM

Contoh Laporan Perubahan Modal Perusahaan di Excel

Laporan perubahan modal perusahaan adalah laporan yang menunjukkan perubahan modal saham yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Laporan ini biasanya diterbitkan setiap kuartal, dan mencakup data seperti laba bersih, jumlah saham yang beredar, dan nilai nominal saham. Informasi ini sangat berguna bagi para investidor untuk memahami seberapa baik perusahaan tersebut berkembang, dan untuk menentukan apakah perusahaan tersebut layak diinvestasikan atau tidak.

Laporan-Keuangan-Sederhana-Perubahan-Modal
Laporan Keuangan Sederhana – Perubahan Modal

Neraca memberikan gambaran aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan pada titik waktu tertentu. Laporan laba rugi menunjukkan berapa banyak pendapatan yang dihasilkan perusahaan dan berapa banyak biaya yang dikeluarkan selama periode waktu tertentu. Laporan arus kas melacak arus masuk dan arus keluar kas dan investasi selama periode waktu tertentu. Laporan ekuitas pemegang saham menunjukkan perubahan ekuitas yang terjadi selama periode waktu tertentu.

Jenis Laporan Keuangan Sederhana Excel

Laporan penjualan sederhana Excel dapat dibuat dengan menggunakan data penjualan yang tersedia. Untuk membuat laporan penjualan sederhana, Anda hanya perlu mengumpulkan data dari beberapa hari, mingguan, bulanan & tahun terakhir. Anda dapat menyesuaikannya dengan template yang tersedia.

Laporan Penjualan Harian Sederhana

Laporan penjualan harian sederhana adalah sebuah laporan yang mencakup data tentang penjualan harian yang dilakukan oleh sebuah perusahaan. Laporan ini biasanya berisi data tentang jumlah produk yang terjual, total pendapatan, dan rincian biaya.

Laporan penjualan harian sederhana dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi barang yang dimiliki perusahaan untuk tren penjualan, sehingga perusahaan dapat menyesuaikan strategi marketing dan operasionalnya dengan baik.

Laporan Penjualan Mingguan Sederhana

Laporan penjualan mingguan sederhana ini dibuat untuk mencatat dan memantau aktivitas penjualan selama satu minggu. Anda dapat menyesuaikan laporan yang berisi daftar isian sesuai kebutuhan, dan laporan ini dapat diunduh dan disimpan untuk referensi di masa mendatang.

Laporan Penjualan Bulanan Sederhana

Laporan penjualan bulanan sederhana dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam hal penjualan. Hal ini sangat penting bagi perusahaan untuk mengetahui apa yang berjalan dengan baik dan apa yang perlu diperbaiki.

Laporan penjualan bulanan sederhana dapat memberikan pandangan yang jelas tentang seberapa efektif strategi penjualan perusahaan dan dapat memberikan wawasan yang berguna untuk perbaikan di masa mendatang.

Laporan Penjualan Tahunan Sederhana

Laporan penjualan tahunan sederhana berisi data tentang total penjualan selama satu tahun, rincian perbulan, dan total laba bersih. Laporan ini biasanya dibuat oleh perusahaan kecil yang tidak memiliki banyak cabang atau anak perusahaan.

Bentuk Laporan Keuangan Sederhana

Laporan keuangan sederhana dapat berupa laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas. Perusahaan memiliki laporan keuangan sederhana umumnya digunakan oleh perusahaan kecil dan menengah.

Laporan Keuangan Sederhana Usaha kecil

Laporan keuangan sederhana usaha kecil adalah sebuah laporan yang menunjukkan rincian pendapatan dan biaya usaha kecil. Laporan ini sering digunakan oleh para pemilik usaha kecil untuk melacak kinerja bisnis mereka dan menentukan strategi untuk meningkatkan laba dan meningkatkan kemampuan usahaanya.

Laporan keuangan sederhana dapat dibuat dengan menggunakan program spreadsheet atau dengan menyusun tabel dengan catatan pendapatan dan biaya bisnis.

Laporan Keuangan Sedehana UMKM

Laporan keuangan sedehana UMKM adalah sebuah laporan yang menyediakan informasi tentang kinerja keuangan dari sebuah UMKM. Laporan ini sangat berguna bagi para pemilik UMKM, karena memberikan gambaran mengenai apa yang harus ditingkatkan dan diperbaiki.

Selain itu, laporan keuangan sedehana UMKM juga bisa digunakan untuk melacak pertumbuhan atau penurunan modal, sehingga pemilik UMKM bisa mengambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki situasinya.

Laporan Keuangan Sederhana Perusahaan

Laporan keuangan sederhana perusahaan adalah sebuah laporan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan secara keseluruhan. Laporan ini biasanya dibuat oleh para akuntan dan disajikan kepada para pemegang saham atau pihak-pihak yang berkepentingan. Laporan keuangan sederhana perusahaan terdiri dari beberapa bagian, yaitu: laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, dan laporan arus kas.

Laporan keuangan sederhana perusahaan sangat berguna bagi para pemegang saham atau pihak-pihak yang berkepentingan karena mereka dapat mengetahui seberapa baik kinerja perusahaan dan apakah perusahaan sedang dalam posisi yang sehat atau tidak. Kemampuan Perusahaan akan terlihat jika laporan keuangan baik atau buruk perusahaan mengalami up atau down.

Tujuan Pembuatan Laporan Sederhana

Tujuan Laporan keuangan adalah data laporan sederhana berfungsi untuk memberikan gambaran umum tentang kondisi keuangan perusahaan. Laporan ini biasanya terdiri dari laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Laporan keuangan sederhana dapat membantu pemilik usaha atau perusahaan atau pihak-pihak yang berkepentingan untuk menilai seberapa baik perusahaan beroperasi. Pengelolaan keuangan

Download Laporan Keuangan Sederhana Excel Lengkap

Download laporan keuangan sederhana ini adalah laporan keuangan sederhana Excel yang lengkap. Ini mencakup semua informasi yang diperlukan untuk melacak keuangan Anda di satu tempat. Laporan ini mudah digunakan dan dipahami. Anda bisa download file excel Laporan Keuangan Sederhana untuk latihan dasar degan cara klik link dibawah ini

Download File Excel: Laporan Keuangan Sederhana Excel Lengkap mulai dari:

Daftar Perkiraan, Jurnal Umum, Neraca Saldo, Laba Rugi, Perubahan Moda, dan Laporan Neraca

Pertanyaan Terkait Laporan Keuangan

Apa itu Laporan keuangan?

Laporan keuangan adalah dokumen yang menggambarkan posisi finansial sebuah organisasi atau perusahaan. Laporan tersebut biasanya dibuat secara bulanan, kuartalan, dan tahunan. Laporan keuangan mencakup laporan pendapatan (laporan laba rugi), laporan arus kas, dan laporan posisi keuangan (neraca).

Apa itu Laporan Kuartal?

Laporan kuartal adalah laporan yang dibuat oleh perusahaan setiap tiga bulan sekali. Laporan ini berisi informasi tentang keuangan, operasional, dan strategis perusahaan. Laporan kuartal sangat penting bagi perusahaan untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi bisnisnya.

Apa itu Perusahaan Manufaktur?

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang bergerak di bidang pembuatan produk. Perusahaan manufaktur melakukan aktivitas pembuatan produk dalam jumlah banyak dengan menggunakan mesin-mesin dan tenaga kerja. Aktivitas pembuatan produk ini dilakukan berdasarkan suatu rancangan atau desain tertentu. Hasil akhir dari aktivitas pembuatan produk ini adalah sebuah barang atau jasa yang siap digunakan oleh konsumen.

Apa saja Materi Laporan Keuangan Sederhana?

Laporan keuangan sederhana berisi informasi tentang aktivitas finansial sebuah perusahaan dan digunakan untuk membantu pembuat keputusan dalam mengendalikan bisnis. Laporan keuangan sederhana meliputi: Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan ekuitas dan Laporan arus kas.

Kesimpulan

Kita dapatkan menganalisa dan mengetahui informasi dari usaha ataupun perusahaan itu berkembang atau tidak.

kita dapat melihat bahwa perusahaan berada dalam posisi keuangan yang baik. Asetnya melebihi liabilitasnya, dan memiliki jumlah ekuitas yang sehat. Selain itu, pendapatan dan labanya terus meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Dengan begitu kita mengetahui usaha ataupun perusahaan yang sedang kita analisa sedang berkembang. Demikianlah pembahasan kita pada artikel Contoh Laporan Keuangan Sederhana Excel Lengkap Cara Membuatnya. Semoga Atikel ini dapat bermanfaat dan juga berguna untuk kita semua.

Supaya Laporan Keuangan Anda lebih rapi dalam penulisan angka rupiah, Anda dapat belajar pintar membuat Rupiah menggunakan microsoft excel.

INFO Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFO Tentang Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFO Tentang Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.