Cara Copy Paste di Excel

Belajar Cara Copy Paste di Excel Dengan Mudah

Belajar Pintar Cara Copy Paste di Excel –Merupakan salah satu cara untuk menyalin dan menempelkan data baik itu format data huruf, angka gambar, rumus pada range data di dalam lembar kerja excel, Anda dapat memindahkannya ke Sheet halaman microsoft Excel.

Supaya teman-teman lebih pintar dalam mengoperasikan aplikasi microsoft excel ini, Anda bisa simak artikel ini sampai selesai. Agar Anda dapat mempelajari cara copy paste di excel dengan mudah, cepat untuk olah data sumber dengan tepat.

Bagaimana Cara Copy Paste di Excel Dengan Mudah?

Cara Copy paste di Excel bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun cara yang paling mudah dan cepat adalah menggunakan keyboard shortcut. Untuk melakukan copy paste, pertama-tama Anda perlu memilih sel yang akan Anda copy. Setelah itu tekan tombol Ctrl + C untuk melakukan copy. Kemudian pindah ke sel tujuan dan tekan tombol Ctrl + V untuk melakukan paste.

Fungsi Copy Paste di Excel

Fungsi Copy Paste di Excel adalah fungsi dasar dalam sebuah aplikasi Microsoft Excel yang berfungsi sebagai berikut:

  • Fungsi Copy Pada Excel Adalah untuk hanya menyalin data tanpa menghapusnya
  • Fungsi Paste Pada Excel Adalah untuk menempelkan data yang sudah disalin ke tempat yang diinginkan
  • Fungsi Paste Special Pada Excel Adalah untuk menempelkan data yang sudah disalin ke tempat yang diinginakn secara khusus, dalam opsi spesial yang berbeda.

Fungsi Selain Copy Paste Wajib Untuk Anda ketahui

  • Fungsi Cut Pada Excel Adalah untukmenyalin sebuah data dan menghapusnya dari tempat asal pada cell excel.
  • Fungsi Insert Pada Excel Adalah untuk menambahkan cell kolom dan baris pada sheet tabel di microsoft.
  • Fungsi Delete Pada Excel Adalah untuk menghapus data sebuah angka, huruf, rumus, dan lainnya pada suatu cell excel.

Cara Menggunakan Fungsi Copy Paste di Excel

Cara menggunakan fungsi copy paste di Microsoft Excel berguna bagi Anda untuk belajar pintar menggunakan fungsi cara copypasate di excel dalam memahami proses penggunaan fungsi ini pada excel. Berikut langkah-langkah cara menggunakannya:

Cara Menggunakan Copy di Excel

Copy adalah sebuah fungsi yang ada di Microsoft Excel yang berguna untuk mengcopy “Menyalin” data dari sel tertentu ke sel lain dan tidak menghapusnya. Untuk menggunakan fungsi “Copy” ini, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih sel yang ingin Anda copy datanya.

2. Klik kanan pada sel tersebut, lalu pilih “Copy”, atau tekan Ctrl + C

3. Pilih sel tujuan tempat sel yang akan Anda letakan datanya.

4. Klik kanan pada sel tujuan, lalu pilih “Paste” atau tekan Ctrl + V secara otomatis data yang Anda pindahkan tersebut akan pindah.

Cara Menggunakan Paste di Excel

Paste adalah sebuah fungsi yang ada di Microsoft Excel yang berguna untuk menempelkan data dari sel tertentu ke sel lain. Untuk menggunakan fungsi “Paste” ini, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih sel yang ingin Anda Paste atau tempel datanya.

2. Klik kanan pada sel tersebut, lalu pilih “Paste”, atau tekan Ctrl + V

3. Pilih sel tujuan tempat sel yang akan Anda letakan datanya.

4. Klik kanan pada sel tujuan, lalu pilih “Paste” atau tekan Ctrl + V secara otomatis data yang Anda pindahkan tersebut akan terhapus pada sel sebelum anda pindahkan.

Cara Menggunakan Paste Special di Excel

Paste Special adalah sebuah fungsi yang ada di Microsoft Excel yang berguna untuk menempelkan data dari sel tertentu secara khusus dalam opsi spesial ke sel lain. Untuk menggunakan fungsi “Paste Special” ini, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih sel yang ingin Anda Paste atau tempel datanya.

2. Klik kanan pada sel tersebut, lalu pilih “Paste”, atau tekan Ctrl + V

3. Pilih sel tujuan tempat sel yang akan Anda letakan datanya.

4. Klik kanan pada sel tujuan, lalu pilih “Paste” atau tekan Ctrl + V secara otomatis data yang Anda pindahkan tersebut akan terhapus pada sel sebelum anda pindahkan.

Latihan Dasar Belajar Pintar Cara Copy Paste di Excel

Latihan dasar belajar pintar Cara Copy Paste di Excel akan membantu Anda untuk memahami bagaimana menggunakan fungsi copy paste pada aplikasi Microsoft Excel. Anda akan belajar bagaimana mengcopy data dari satu cell ke cell lain, bagaimana cara memindahkan data baru ke suatu cell tertentu dan juga bagaimana menghapus data yang tidak diinginkan dari sebuah cell.

Contoh Cara Copy Paste di Excel

Cara copy data laporan penjualan barang toko komputer hari senin, Anda bisa lakukan dengan cara blog A3:F9 lalu klik kanan pilih copy atau Anda juga bisa menekan fungsi kyboard Crtl + C untuk salin “Copy” data.

Contoh Cara Copy Paste di Excel 1
Copy Data Tabel Penjualan

Cara paste data laporan penjualan barang toko komputer hari selasa, Anda bisa lakukan dengan cara klik pada A12 lalu klik kanan, pilih paste atau Anda juga bisa menekan fungsi keyboard Crtl + V untuk menempelkan pilih “Paste” data. Pada contoh dibawah, Anda bisa menggunakan langkah-langkah seperti gambar untuk paste data laporan penjualan harian toko komputer.

Contoh-Cara-Copy-Paste-di-Excel-2
Paste Data Tabel Penjualan

Contoh Cara Copy Paste Special di Excel

Cara paste special data laporan penjualan barang toko komputer, Anda bisa lakukan dengan cara klik pada A12 lalu klik kanan, pilih paste atau Anda juga bisa menekan fungsi kyboard Crtl + V untuk menempelkan “Paste” data.

Contoh Cara Copy Paste Special di Excel
Contoh Cara Copy Paste di Excel dari Vertikal ke Horizontal

Pada gambar diatas merupakan paste special dengan fungsi values transpose dari vertikal menjadi horizonta. Fungsi values transpose adalah merubah perintah dasar dari microsoft excel untuk merubah urutan data dari vertikal menjadi horizontal, dan sebaliknya dari horizontal ke vertikal. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan cara alternatif menggunakan fungsi values transpose seperti berikut:

Contoh Cara Copy Paste Special di Excel Tempel
Contoh Cara Copy Paste di Excel Tempel

Untuk menampilkan Form Paste Special dengan cara copy data cell lalu klik kanan pada cell yang akan ditempel lalu pilih paste special maka form akan tampil seperti gambar diatas. Andaa bisa menggunakan cara ini untuk mengcopy, mengedit, atau menempel data sel ke sel lain dengan opsi berbeda dalam sesuai dengan kategori fungsi yang ingin Anda gunakan.

Contoh Cara Menghapus Data di Excel

Contoh Cara Delete Data di Excel
Cara Copy Paste di Excel dan Cara Delete data akibat salah mengcopy sel

Untuk menghapus hasil dari copy paste yang salah tempat Anda bisa menggunakan cara diatas untuk dapat menghapus atau mendelete data sel yang ingin dihapus.

Bonus Belajar Cara Copy Paste Tabel Excel Beda Sheet

Untuk membuat tabel Excel yang bagus dan rapi, Anda perlu belajar cara copy paste di excel atau cara menyalin data menyalin dan menempelnya dengan benar. Jika Anda tidak dapat menyalin dan menempel tabel dengan benar, maka hasilnya akan buruk dan tabel tidak akan tampak rapi. Seperti contoh yang telah kami sediakan dibawah ini:

Contoh Cara Copy Paste di Excel - Copy data Tabel
Contoh Cara Copy Paste di Excel – Copy data Tabel

Pada contoh diatas Anda bisa klik kanan pada pojok kiri, di atas angka 1, lalu pilih copy untuk menyalin semua tabel. Kemudian buka sheet2, klik kanan posisi awal A1 lalu paste, secara otomatis copy paste data tabel Anda akan tetap rapi.

Contoh Cara Copy Paste di Excel - Paste data Tabel
Contoh Cara Copy Paste di Excel – Paste data Tabel

Bagaimana Cara Copy Paste Rumus Excel Agar Hasilnya Sama?

Dengan menyalin dan menempel rumus di Excel, Anda dapat dengan cepat dan mudah menduplikasi hasil yang sama dengan hanya mengubah beberapa nilai input. Oleh karena itu, penting untuk tahu bagaimana cara memastikan agar hasil yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan. Anda dapat mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

Contoh Cara Copy Paste di Excel - Rumus
Contoh Cara Copy Paste Rumus di Excel

1. Buka tabel Laporan Penjualan Bulanan

2. Pilih sel rumus yang ingin Anda copy paste

3. Kemudian blok rumus pada sel G5 lalu klik kanan, dan pilih copy (Crtl + C)

4. Kemudian klik sel pada G25 klik kanan, pilih paste atau Crtl + V

Untuk Rumus Excel tidak boleh copy paste pada sel karena hasilnya akan berbeda.

Apa itu Fitur Copy Paste di Excel

Belajar untuk menggunakan fitur copy paste untuk menyalin data dari satu sel ke sel lain. Anda dapat menggunakan fitur copy paste untuk menyalin sebuah data pada lembar kerja (worksheet) ke lembar kerja (worksheet) lain. Untuk menempelkan sebuah data pada sheet yang sudah Anda copy atau salin, kemudian “paste” pada posisi sel yang ingin Anda pindahkan datanya.

Fitur Copy Pada Microsof Excel adalah

Fitur Copy di Excel memungkinkan Anda untuk menyalin sel atau seluruh bagian dari worksheet dan menempatkannya di tempat lain. Untuk menyalin sel, Anda harus memilih sel yang akan disalin, kemudian menekan tombol Ctrl + C pada keyboard atau Anda juga bisa klik kanan pada sel, lalu pilih Copy untuk menyalin sel tersebut.

Fitur Paste Pada Microsof Excel adalah

Fitur Paste di Excel memungkinkan Anda untuk memindahkan salinan sel atau seluruh bagian dari worksheet dan menempelkan di tempat lain. Untuk menempelkan sel, Anda harus memilih sel yang akan ditempel, kemudian menekan tombol Ctrl + V pada keyboard atau Anda juga bisa klik kanan pada sel, lalu pilih paste untuk menempelkan sel tersebut.

Fitur Paste Special Pada Microsof Excel adalah

Fitur Paste Special di Excel memungkinkan Anda untuk menempel data dalam opsi yang berbeda. Opsi ini berguna ketika Anda ingin menyalin data dari satu kartas kerja “worksheet” ke kartas kerja “worksheet” lainnya. Hal ini menyalin bagian tertentu dari data, seperti nilai atau format dari sel. Untuk menggunankan Paste special Anda bisa klik kanan pada cell, lalu pilih paste special pilih opsi yang ingin Anda gunakan seperti berikut:

Opsi Daftar Paste Special

  • All
  • Formulas
  • Values
  • Formats
  • Comments
  • Validation
  • All using Source Theme
  • All except borders
  • Column Widths
  • Formulas and Number Formats
  • Values anda Number Formats
  • All Merging Conditional Formats

Operation

  • None
  • Add
  • Subtract
  • Multiply
  • Divide
  • Skip blanks
  • Transpose

Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, Anda dapat memilih salah satu daftar paste spesial dan operation diatas untuk mendapatkan hasil paste secara khusus pada lembar kolom berisi data tertentu.

Fitur Selain Copy Paste Wajib Untuk Anda ketahui

Fitur Cut di Excel adalah

Fitur Cut di Excel memungkinkan Anda untuk memindahkan sel atau seluruh bagian dari worksheet dan menempatkannya di tempat lain. Untuk memindahkan sel, Anda harus memilih sel yang akan dipindahkan, kemudian menekan tombol Ctrl + X pada keyboard atau Anda juga bisa klik kanan pada sel, lalu pilih Cut untuk memindahkan sel tersebut.

Fitur Insert di Excel adalah

Fitur Insert di Excel adalah sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk menyisipkan sel baru ke dalam kertas kerja atau “worksheet”. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk menyisipkan sel pada posisi yang Anda inginkan, dan juga dapat mengubah ukuran sel yang akan disisipkan dengan cara klik kanan pada sel lalu pilih insert untuk menambahkan kolom dan baris pada excel.

Fitur Delete di Excel adalah

Fitur delete di Excel sangat berguna ketika kita ingin menghapus seluruh data yang ada di suatu kertas kerja atau “worksheet”. Dengan fitur ini, kita dapat dengan mudah menghapus data yang tidak diinginkan dan membuat kertas kerja atau “worksheet” yang lebih rapi dan terorganisir dengan cara klik kanan pada sel, lalu pilih delete atau Anda juga menggunakan fungsi keyborard delete untuk menghapus data cell pada excel.

Manfaat Copy Paste di Excel

Menggunakan fitur copy paste di Excel sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengcopy atau mentransfer data dari satu cell ke cell lainnya dengan cepat dan mudah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur insert untuk menambahkan data ke dalam sel yang sudah ada, sedangkan delete dapat digunakan untuk menghapus data dari sel tertentu.

Pertanyaan Yang Terkait Cara Copy Paste di Excel

Apa yang dimaksud dengan Windows Clipboard & Office Clipboard?

Windows Clipboard dan Office Clipboard adalah dua fitur yang sangat berguna dalam Windows. Windows Clipboard menyimpan sebuah salinan teks atau objek yang Anda gunakan secara terpisah dari program lain, sehingga Anda dapat menempelkannya kembali ke program yang berbeda.

Office Clipboard menyimpan sejumlah item tertentu sehingga Anda dapat dengan mudah menempelkannya ke aplikasi Office lainnya, seperti Word atau Excel. Kedua fitur ini sangat berguna untuk menyalin dan memindahkan data antar program.

Bagaimana Cara Copy Paste Data Excel 1,2,3 Sheet?

Untuk mengcopy data dari sheet 1, 2, 3 ke sheet yang lain, klik pada data yang ingin Anda copy dan gunakan tombol Ctrl + C untuk mengcopy data. Kemudian buka sheet tujuan dan gunakan tombol Ctrl + V untuk paste datanya. Atau Anda juga bisa klik kanan pada data lalu pilih Copy kemudian buka sheet tujuan dan klik kanan pada sel lalu pilih Paste.

Bagaimana Cara Mudah Paste Special Tabel Excel agar Hasilnya Sama Persis?

Untuk menyalin tabel Excel dan memastikannya sama persis, Anda dapat menggunakan fitur “Paste Special” di Excel. Pilih tabel yang ingin Anda salin, lalu klik “Edit” > “Paste Special”. Pada jendela yang muncul, pastikan untuk mencentang “Paste All” dan “Formulas”. Klik “OK”, dan selesai!

Bagaimana Cara Memindahkan sel kolom Agar hasilnya tidak berubah?

Pertama, pilih sel atau baris yang ingin Anda pindahkan. Kemudian, tekan dan tahan tombol Ctrl sambil menggeser sel atau baris yang dipilih ke tempat yang diinginkan. Selanjutnya, lepaskan tombol Ctrl untuk menempatkan sel atau baris pada tempat yang dituju.

Kesimpulan

Copy Paste di Excel merupakan salah satu cara yang wajib bagi Anda untuk mengoperasikan aplikasi microsoft excel yang mana sangat berguna untuk menindahkan data, mengcopy data, menyalin data dan menemel data pada lembar kerja “worksheet” pada excel

Demikianlah pembahasan tentang Belajar Cara Copy Paste di Excel Dengan Mudah. Semoga Artikel ini dapat berguna bagi Anda yang ingin belajar pintar cara copy paste di Excel dan membantu Anda dalam menggunakan fungsi aplikasi microsoft excel.

Informasi Menarik Lainnya

INFO Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFO Tentang Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFO Tentang Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.