Fungsi CHOOSE Excel

Fungsi Choose Excel dan Contoh Penggunaan Rumus Choose Microsoft Excel

Fungsi CHOOSE ExcelBerdasarkan angka rumus excel yang kamu gunakan. Seperti, jika teman-teman menggunakan rumus matematika, maka teman-teman akan memilih fungsi Excel yang melakukan operasi matematika tersebut supaya mendapatkan hasil dari rumus.

CHOOSE merupakan salah satu Rumus Dasar Microsof Excel yang dapat menghasilkan nilai dari daftar argumen nilai berdasarkan nomor indeks. Fungsi index pada Rumus CHOOSE Microsoft Excel dapat digunakan untuk mencari nilai sel tertentu dalam tabel, atau untuk mencari baris atau kolom yang berisi nilai tertentu. Berikut penjelasan singkat dan lengkap tentang artikel CHOOSE dalam Microsoft Excel

Pengertian Fungsi CHOOSE Excel

Choose adalah fungsi Excel yang digunakan untuk memilih sebuah nilai dari sebuah daftar. Fungsi ini berguna ketika Anda ingin mencari dan mengambil data dari sebuah daftar dengan lebih dari satu kolom. Choose akan mengembalikan nilai yang diberikan berdasarkan nomor indeks yang Anda berikan.

Fungsi CHOOSE Pada Excel

Anda dapat menggunakan fungsi CHOOSE untuk mengembalikan informasi dari daftar data berdasarkan referensi sel yang dipilih. Untuk menggunakan fungsi CHOOSE, masukkan rumus fungsi CHOOSE Excel ke dalam sel, diikuti dengan angka (1, 2, 3, dll.), Lalu referensi sel. Referensi sel bisa berupa nama atau referensi sel. Hasil dari fungsi CHOOSE akan menjadi nilai dalam sel yang dipilih.

Supaya Anda bisa lebih memahami, berikut contoh penggunaan fungsi CHOOSE dalam Excel.

Contoh Argumen Nilai 1 & 2 Rumus CHOOSE Excel

Contoh Nilai Argumen 1 & 2 dari Excel :

Fungsi CHOOSE di Excel memungkinkan Anda membuat nomor urut, atau indeks, berdasarkan nilai. Seperti, jika Anda memiliki daftar nilai teks di sel A1: A6, Anda dapat menggunakan rumus CHOOSE untuk menghasilkan nomor urut untuk setiap nilai. Dalam contoh ini, kita akan menggunakan fungsi SUM untuk menjumlahkan nilai di kolom B.

Fungsi CHOOSE memiliki dua argumen nilai:

1. Nilai yang ingin Anda hasilkan nomor urutnya

2. Posisi nilai dalam daftar (dalam contoh kita, ini akan menjadi 1 untuk nilai pertama, 2 untuk nilai kedua, dll.)

Jadi, dalam contoh kita, kita akan menggunakan rumus berikut:

= SUM(PILIH(2,A1:A6))

Ini akan menghasilkan nomor urut untuk setiap nilai dalam kolom A, dan kemudian menjumlahkan nilai-nilai itu dalam kolom B. Apakah Anda sudah bisa memahami Fungsi Rumus CHOOSE pada Excel? berikut contoh sederhana yang lebih mudah untuk membuat rumus dasar Fungsi CHOOSE Excel untuk di pahami.

Contoh Rumus Dasar CHOOSE Excel

Mencari hari berdasarkan target index_num dalam value sel pada tabel dan memilih urutan argumen berdasarkan angka antara 1 sampai 254 dan seterusnya. Anda bisa melihat gambar tabel dibawah sebagai contoh penyelesaian dalam mencari hari dengan nomor urut angka nilai.

Rumus Dasar Fungsi CHOOSE Excel
Rumus Dasar Fungsi CHOOSE Excel

Contoh Soal: Mencari Hari Berdasarkan Angka

Pada tabel di atas, nomor urut 4 hari apa?
Jawaban: nomor urutan 4 adalah hari KAMIS

Rumus CHOOSE Dalam Microsoft Excel
=CHOOSE(E10;C3;C4;C5;C6;C7;C8;C9) Hasilnya 4 adalah Hari KAMIS

E10 = Merupakan Target Indeks Nomor Pencarian
C3:C9 = Merupakan Data Yang Ingin ditampilkan

Dalam pencarian menggunakan rumus CHOOSE hanya mengganti angka 4 dengan 1 s/d 7. Hasil yang akan ditampilkan sesuai dengan urutan hari dengan nomor urut yang akan kita tulis. Itulah contoh rumus CHOOSE diatas yang merupakan salah satu nilai dimana fungsi index number argument nilai yang diberikan berdasarkan nomor urut.

Untuk Informasi yang menarik, Wajib Anda Ketahui yaitu Rumus Dasar Microsoft Excel.

Baca Juga Artikel: Contoh Menggunakan Rumus IF Excel dan Fungsi IF pada Microsoft Excel

Baca Juga Artikel: Contoh Fungsi AND Excel Beserta Rumus IF Pada Microsof Excel

Rumus alternatif dari Fungsi CHOOSE Excel

Alternatif rumus yang lebih mudah diingat adalah OFFSET, yang memiliki sintaks yang lebih mudah diingat daripada CHOOSE dan cara termudah untuk mengakses data menggunakan fungsi INDEX dan MATCH. Dimana INDEX akan mengambil data dari tabel yang telah Anda sediakan.

Manfaat Fungsi CHOOSE Excel

Rumus CHOOSE Excel merupakan alat canggih yang dapat bermanfaat untuk mengembalikan nilai dari daftar nilai berdasarkan nomor indeks tertentu. Manfaat Rumus CHOOSE Excel saat Anda perlu mencari nilai dalam tabel atau rentang nilai, dan Anda mengetahui nomor indeks dari nilai yang Anda butuhkan. Rumus CHOOSE juga dapat digunakan untuk mengembalikan larik nilai, yang dapat membantu untuk membuat bagan atau rumus dinamis.

Kesimpulan

Kesimpulan fungsi CHOOSE Excel adalah untuk memilih sebuah item dari sebuah daftar sesuai dengan indeks yang diberikan. Fungsi ini berguna ketika Anda memiliki sejumlah data yang ingin Anda pilih dan Anda tidak dapat menggunakan fungsi standar untuk melakukannya. Fungsi ini juga dapat digunakan untuk mengambil item dari sebuah matriks.

Demikianlah pembahasan tentang Fungsi Choose Excel dan Contoh Penggunaan Rumus Choose Microsoft Excel. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan juga berguna bagi Anda yang baru belajar maupun yang sedang bekerja untuk mempersiapkan data pekerjaan.

Informasi Menarik Lainnya

Jika Anda Membutuhkan Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
Jika Anda Membutuhkan Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
Jika Anda Membutuhkan Informasi Terkait Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang