Fungsi AND Excel

Contoh Fungsi AND Excel Beserta Rumus IF Pada Microsof Excel

Fungsi AND Exel adalah fungsi logika di Excel yang mengembalikan nilai TRUE atau FALSE berdasarkan satu atau beberapa kondisi. Ini biasanya digunakan bersama dengan fungsi IF untuk membuat rumus yang menguji beberapa kondisi.

Fungsi AND juga dikategorikan sebagai fungsi logika pada excel yang dikategorikan sebagai fungsi rumus logika pada excel. Rumus fungsi logika pada excel berguna untuk menampilkan nilai logika salah atau mengembalikan hasil kustom ketika rumus berisi nilai-nilai logika dalam mengevaluasi ke nilai logika tersebut.

Pengertian Rumus AND di Excel

Pengertian Rumus AND pada Excel merupakan alat yang sangat serbaguna yang dapat digunakan untuk membuat rumus kompleks di Excel. Penting untuk memahami cara kerjanya untuk mendapatkan hasil maksimal darinya. Digunakan untuk menggabungkan beberapa kriteria dalam pernyataan AND. Ini berarti bahwa semua kriteria harus dipenuhi agar fungsi mengembalikan hasil TRUE. Jika salah satu kriteria tidak terpenuhi, fungsi akan mengembalikan hasil FALSE.

Fungsi AND Excel

Fungsi AND Excel ini akan mengembalikan true dan dapat digunakan sendiri atau sebagai bagian dari rumus lain. Saat digunakan sendiri, fungsi AND akan menghasilkan nilai logika TRUE jika semua kondisi terpenuhi, dan FALSE jika salah satu kondisi tidak terpenuhi. Saat digunakan sebagai bagian dari rumus lain, fungsi AND akan mengembalikan nilai TRUE atau FALSE berdasarkan hasil dari fungsi lain dalam rumus excel.

Contoh Penggunaan Rumus AND Excel

Contoh, Penggunaan Rumus AND Excel dan Fungsi AND Excel untuk menguji apakah sel berisi nilai lebih besar dari 5 DAN kurang dari 10. Jika kedua kondisi terpenuhi, maka rumus mengembalikan nilai TRUE. Untuk menggunakan fungsi rumus AND, Anda akan memasukkan rumus berikut ke dalam sel: =AND (uji logika 1, uji logika 2, …). Tes logika dapat berupa semua jenis rumus atau fungsi yang mengembalikan nilai TRUE atau FALSE. Anda juga dapat menggunakan fungsi OR di Excel untuk menguji beberapa kondisi. Fungsi OR mengembalikan TRUE jika salah satu kondisi terpenuhi, dan FALSE jika semua kondisi tidak terpenuhi.

Cara Penggunaan Fungsi Logika AND di Excel

Untuk menggunakan fungsi AND Excel, cukup masukkan fungsi ke dalam sel diikuti dengan kondisi yang ingin Anda evaluasi. Kondisi harus diapit dalam tanda kurung dan dipisahkan dengan koma. Misalnya: = AND (A1 = 1, B1 = 2). Rumus ini akan mengevaluasi apakah sel A1 berisi nilai 1 dan sel B1 berisi nilai 2. Jika kedua kondisi terpenuhi, maka rumus akan mengembalikan TRUE.

Langkah-Langkah Penulisan Rumus AND

  1. Buatlah daftar kondisi yang ingin Anda cek dengan fungsi AND.
  2. Tuliskan rumus IF dengan fungsi seperti biasa, tapi gunakan tanda kurung untuk mengelompokkan kondisi-kondisi dengan fungsi AND.
  3. Masukkan fungsi AND itu sendiri ke dalam rumus.
  4. Untuk melakukannya, ketik =AND (tanpa tanda kutip).
  5. Kemudian, masukkan kondisi-kondisi yang ingin Anda cek di antara tanda kurung.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetikkan nama kolom atau baris untuk setiap kondisi.

Misalnya, jika Anda ingin menggunakan Fungsi AND Excel untuk melihat apakah sel A1 dan A2 bernilai lebih dari 10, Anda akan menulis: =AND (A1>10, A2>10).]]

Fungsi AND Excel
Contoh Fungsi AND Excel

Contoh Soal: Mencari Keterangan Nilai Siswa PUTRA, lulus atau gagal?

Rumus AND Excel
=IF(AND(D7>65;E7>65;”LULUS”,”GAGAL”)

D7 = Posisis nama siswa
D7>65;E7>65 = Jika D7 dan E7 nilanya besar dari 65 maka PUTRA dinyatakan LULUS, jika nilai D7 dan E7 nilainya kecil dari 65 maka PUTRA dinyatakan GAGAL

Contoh Rumus AND di Excel pada IF Yang Wajib Anda Ketahui

=AND(A2>1,A2<100)

Mengembalikan TRUE jika A2 lebih besar dari 1 DAN kurang dari 100, jika tidak, akan mengembalikan FALSE.

=IF(AND(A2<A3,A2<100),A2,“Nilai berada di luar jangkauan”)

Jika A2 lebih besar dari 1 DAN kurang dari 100, maka akan mengembalikan TRUE, jika tidak maka akan mengembalikan FALSE.

=IF(AND(A3>1,A3<100),A3,”Nilai berada di luar jangkauan”)

Jika A2 lebih besar dari 1 DAN (dan) kurang dari 100, maka akan menampilkan TRUE, jika tidak, maka akan menampilkan FALSE.

Rumus AND Pada Fungsi IF

  • Rumus AND pada fungsi IF adalah sebagai berikut:
  • IF (kondisi1; kondisi2; … ; kondisinya) THEN
  • hasil1; hasil2; … ; hasilnya
  • ELSEIF (kondisi1; kondisi2; … ; kondisinya) THEN
  • hasil1; hasil2; … ; hasilnya
  • ELSEIF (kondisi1; kondisi2; … ; kondisinya) THEN
  • hasil1; hasil2; … ; hasilnya

Penjelasan:

Kondisi 1, 2, dan 3 adalah kondisi yang akan dicek oleh fungsi IF. Fungsi IF akan mengecek setiap kondisi satu per satu dari kiri ke kanan. Jika salah satu dari kondisi tersebut bernilai TRUE, maka pernyataan IF akan mengeksekusi baris program yang berada

itulah beberapa rumus yang dapat Anda gunakan dalam menggunakan Fungsi AND Excel untuk mengolah data tabel microsoft excel Anda. Bagi Pemula dan Karyawan wajib tau ini karena menggunakan excel bisa membantu Anda dalam pengolahan data transaksi, data keuangan, data perusahaan, data siswa sekolah, data pegawai dan data lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel Anda bisa gunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari entri dan penyimpanan data sederhana hingga analisis dan pemodelan data yang lebih kompleks. Anda dapat menggunakan Fungsi AND Excel untuk mengatur data Anda, menghitung rumus, membuat bagan dan grafik, dan banyak lagi.

BACA JUGA ARTIKEL: CARA MUDAH UNTUK MENGHITUNG NILAI Rata Rata di Excel Dengan Rumus AVERAGE

Apa itu Nilai Logika AND, OR dan Not ?

Ada tiga nilai logika dalam pemrograman: TRUE, FALSE, dan NULL. TRUE dan FALSE dapat dikombinasikan dengan operator logika AND, OR, dan NOT untuk membuat ekspresi Boolean yang lebih kompleks.

BACA JUGA ARTIKEL: RUMUS DASAR EXCEL UNTUK PEMULA DAN KARYAWAN WAJIB TAU

Kesimpulan AND Versi Excel

Excel adalah alat canggih yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan matematis yang kompleks. Rumus digunakan untuk menentukan logika yang harus diterapkan pada data dalam sel. Fungsi AND Excel digunakan untuk melakukan operasi tertentu pada data. Misalnya, fungsi AND dapat digunakan untuk mengembalikan nilai TRUE atau FALSE berdasarkan satu atau beberapa kondisi. Excel juga menyediakan berbagai fungsi lain yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai operasi pada data.

Itulah yang dapat kami samapaikan buat Anda yang ingin lebih mengetahui dan mempelajari Microsoft Excel. Semoga Artikel kami tentang Contoh Fungsi AND Excel Beserta Rumus IF Pada Microsof Excel dapat bermanfaat dan juga berguna buat teman-teman dalam memahami Rumus Dasar Excel dengan mudah dan cepat.

Informasi Menarik Lainnya

Terkait Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
Terkait Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
Terkait Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang