Fungsi Concatenate Excel

Fungsi Concatenate Excel dan Contoh Penggunaan Rumus Pada Microsoft Excel

Fungsi Concatenate Excel – merupakan salah satu fungsi dari microsoft excel yang dapat menggabungkan dua atau beberapa teks seperti menggabungkan nama depan dan nama belakang. Penggunaan fungsi atau rumus Concatenate dalam pengolahan data teks pada Excel bisa menggabungkan text pada beberapa cell.

Maka dari itu, inilah langkah-langkah yang harus ada pahami dalam menggunakan rumus Concatenate dengan mudah, praktis dan juga efisien bagi Anda untuk menggabungkan cell dari 2 kolom berbeda di excel. Berikut penggunaan fungsi atau rumus Concatenate yang bisa anda ketahui secara langsung.

Pengertian Fungsi Concatenate Excel

Rumus Fungsi Concatenate Excel adalah rumus yang digunakan untuk menggabungkan data atau teks dari dua sel atau lebih ke dalam satu sel. Rumus ini dapat digunakan untuk menggabungkan data dari sel yang berdekatan satu sama lain atau data dari sel yang tidak berdekatan satu sama lain. Rumus juga dapat digunakan untuk menambahkan spasi di antara data yang sedang digabungkan.

Jika fungsi Concatenate Excel digunakan secara tidak benar, dapat mengakibatkan data digabungkan dalam urutan yang salah atau data digabungkan tanpa spasi. Untuk menggunakan fungsi ini, gunakan format Concatenate (“teks1”, “teks2”, …).

Mengenal Fungsi Concatenate Excel
Mengenal Fungsi Concatenate Excel

Fungsi CONCATENATE Excel

Fungsi Concatenate di Excel digunakan untuk menggabungkan sel, teks, dan nilai. Saat menggunakan fungsi ini, Anda dapat menentukan rentang sel, referensi sel, atau rentang bernama. Anda juga dapat menggabungkan rumus, yang berguna jika Anda ingin membuat rumus gabungan. Misalnya, Anda bisa menggunakan fungsi Concatenate Excel untuk menggabungkan teks dalam dua sel dan menambahkan spasi di antara keduanya. Jika Anda ingin memisahkan nama atau nilai dengan karakter yang berbeda, Anda dapat menggunakan fungsi CONCAT sebagai gantinya.

Fungsi Utama Rumus Concatenate Excel dapat digunakan dalam pengolahan data.

  1. Menggabungkan cell atau teks atau
  2. Menggabungkan list alamat yang terpisah
  3. Menggabungkan teks pada beberapa cell
  4. Menggabungkan teks nama depan dan teks
  5. Menggabungkan banyak cell pada range

Contoh Rumus Concatenate Excel Menggabungkan Data Cell

Berikut contoh rumus concatenate excel dalam menggabungkan data cell pada latihan dibawah ini:

Contoh Rumus Concatenate Menggabungkan Data Cell

Untuk menggabungkan data Concatenate pada MS Excel,

  1. pertama-tama Anda harus memilih sel tempat Anda ingin teks gabungan muncul.
  2. Kemudian, masukkan = CONCONCATENATE rumus diikuti oleh sel yang ingin Anda gabungkan dalam tanda kurung.
  3. Misalnya, jika Anda ingin menggabungkan sel A1 dan B1, Anda akan mengetik = CONCATENATE (A1, B1) ke dalam sel. Jika Anda ingin menambahkan spasi di antara teks di setiap sel, Anda dapat mengetikkan “,” di antara nilai sel dalam tanda kurung.
  4. Setelah Anda menekan Memasukkan, sel akan digabungkan menjadi satu sel dengan teks dari kedua sel muncul dalam urutan yang Anda tentukan.

Anda juga dapat menggunakan fungsi CONCATENATE untuk menggabungkan teks dan angka, yang dapat membantu saat menggabungkan data dari kolom yang berbeda.

Contoh Rumus Dasar Concatenate Excel

Fungsi Concatenate dalam Microsoft Excel Version adalah rumus atau fungsi yang dapat digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih string teks ke dalam satu sel.
Berikut contoh rumus dasar Fungsi Concatenate Excel dengan mudah untuk pemula dan karyawan juga perlu tau ini.

Rumus Dasar Fungsi Concatenate Excel
Rumus Dasar Fungsi Concatenate Excel

Contoh Soal: Menggabungkan Dua atau Lebih String (Teks) Menjadi Satu String Menggunakan Fungsi Concatenate Excel
Bagaimana cara menggabungkan dua atau lebih teks (string) menjadi satu kalimat?

Rumus Concatenate Excel
=CONCATENATE(” BELAJAR”;” RUMUS”;” “;C3;” “;D3)
Hasil Rumus BELAJAR RUMUS DASAR EXCEL

Contoh di atas merupakan rumus Concatenate excel yang mudah dan singkat bagi Anda untuk memahaminya dengan baik. Anda bisa mencoba menggunakan rumus microsoft excel Concatenate untuk menggabungkan dua atau lebih teks (string).

Microsoft Excel Versi manakah yang bisa menggunakan rumus ini?

  1. Microsoft Excel 2007
  2. Microsoft Excel 2010
  3. Microsoft Excel 2013
  4. Microsoft Excel 2016

Microsoft Excel dapat digunakan mulai dari Microsoft Office 2007 hingga versi terbaru sekarang. Oleh karena itu, tidak sia-sia bagi anda untuk mempelajari dan mengetahui fungsi-fungsi dari rumus-rumus Excel.

Kapan Digunakan Fungsi Concatenate di Excel?

Jika Anda perlu menggabungkan sel, kolom, atau teks di Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan fungsi Concatenate. Fungsi ini memungkinkan Anda menggabungkan dua atau lebih potongan teks menjadi satu sel. Anda juga dapat menggunakannya untuk menggabungkan teks dan angka. Misalnya, Anda bisa menggunakan fungsi Concatenate untuk menggabungkan nama depan dan nama belakang seseorang ke dalam satu sel. Untuk melakukan ini, Anda akan memasukkan rumus berikut ke dalam sel: = Concatenate (Nama Depan, Nama Belakang).

Fungsi Concatenate adalah salah satu fungsi paling serbaguna dan kuat di Microsoft Excel. Ini memungkinkan Anda untuk menggabungkan data dari beberapa sel menjadi satu sel. Misalnya, Anda dapat menggunakannya untuk menggabungkan nama depan dan belakang seseorang ke dalam satu sel.

Fungsi Concatenate sangat berguna untuk pemrosesan data dan dapat menghemat banyak waktu saat menggabungkan data dari beberapa sel.

Baca Juga Artikel: Contoh Dasar Rumus Choose Excel

Manfaat Fungsi Concatenate pada Excel

Fungsi Concatenate pada Excel sangat berguna untuk menggabungkan dua atau lebih teks / string / kata menjadi satu. Penggunaan fungsi ini cukup mudah, hanya dengan menyertakan teks yang akan digabungkan di dalam kurung ().

Sebagai contoh, jika Anda ingin menggabungkan teks “Saya” dan “sedang belajar Excel”, maka Anda dapat menggunakan fungsi Concatenate seperti ini: =CONCATENATE(“Saya”,”sedang belajar Excel”). Hasilnya akan berupa teks “Saya sedang belajar Excel”.

Baca Juga Artikel: Pemula dan Pegawai Harus Tau Ini Rumus Dasar Microsoft Excel

Baca Juga Artikel: Rumus Dasar IF Pemula dan Pegawai Harus Tau

Baca Juga Artikel: Fungsi AND Excel Beserta Rumus IF Pada Microsof Excel

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Concatenate

Apakah fungsi ini selalu menggunakan spasi untuk menyatukan string?

Jawabannya tidak. Fungsi Concatenate hanya akan menggunakan spasi jika kita tidak memberikan parameter kedua kepada fungsi.

Jika sudah digabungkan bagaimana cara memisahkan kalimat ini?

Jika kalimat sudah digabungkan, Anda bisa memisahkannya dengan memberikan spasi untuk memisahkan string (teks)

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel tentang Fungsi Concatenate Excel dan Contoh Penggunaan Rumus Pada Microsoft Excel dapat bermanfaat dan juga berguna untuk Anda yang sedang mempelajari Rumus Dasar Excel Lengkap, Mudah, dan Praktis.

Informasi Menarik Lainnya

Rekomendasi Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
Rekomendasi Tools Online Konversi Excel KLIK DISINI
Rekomendasi Video Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.