Fungsi Excel Ceiling Function

Fungsi Excel Ceiling Function Membulatkan Angka Dan Contoh Rumus

Excel Ceiling Function merupakan salah satu fungsi lembar kerja excel yang memiliki fungsi pembulatan angka ke atas ke kelipatan nilai angka mendekati arah angka positif. Angka yang dibulatkan menggunakan rumus ceiling di excel akan mendekati signifikansi number nol.

Bagi Anda yang ingin belajar menggunakan atau mengoperasikan aplikasi microsoft excel dengan mudah? yuk simak artikel ini supaya Anda tidak ketinggalan dalam memahami Excel Ceiling Function dalam membulatkan Angka pada suatu tabel.

Apa itu Excel Ceiling Function?

Apa itu Excel Ceiling Function
Apa itu Excel Ceiling Function?

Excel Ceiling Function adalah fungsi yang mengembalikan nilai yang lebih besar dari atau sama dengan argumen, yang dibulatkan ke bilangan bulat terdekat yang lebih besar. Ini berarti bahwa jika Anda mencoba untuk mencari nilai atas dari sebuah angka, fungsi akan memberikan angka bulat terdekat yang lebih besar dari angka itu. Fungsi ini sangat berguna ketika Anda ingin mencari nilai tertentu di sebuah tabel atau daftar.

Pengertian Rumus Excel Ceiling Function

Pengertian rumus Excel Ceiling Function adalah sebuah fungsi yang digunakan untuk menampilkan nilai pada sebuah cell yang dibulatkan ke atas. CEILING Excel ini biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan matematis, seperti perkalian dan pembagian.

Fungsi CEILING di Excel

Fungsi Utama Rumus CEILING Pada Excel membulatkan angka ke atas ke bilangan bulat terdekat atau ke kelipatan signifikansi terdekat. Excel Ceiling Function di Excel berfungsi untuk mengembalikan nilai yang lebih besar atau sama dengan nilai tertentu, yang dibulatkan ke atas sesuai dengan jumlah digit desimal yang ditentukan. Desimal dibulatkan ke atas dengan cara menambahkan 1 (satu) pada digit terakhir sebelum digit yang ingin ditentukan.

Rumus CEILING Pada Excel

Rumus Excel Ceiling Function adalah rumus untuk menemukan nilai terdekat yang lebih besar dari atau sama dengan sebuah nilai tertentu. Ini berguna ketika Anda ingin menemukan nilai atau angka bulat tertentu yang lebih besar dari sebuah nilai acak. Misalnya, jika Anda memiliki tabel yang berisi skor ujian, Anda dapat menggunakan rumus CEILING untuk menemukan nilai bulat tertentu yang lebih besar dari atau sama dengan skor ujian tertentu.

Cara menggunakan rumus Excel Ceiling Function beserta contohnya

Excel Ceiling Function pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menentukan nilai pembulatan ke atas. CEILING digunakan jika Anda ingin menentukan nilai pembulatan tertentu, misalnya pembulatan ke 10. Untuk menggunakan rumus CEILING, Anda harus mengetikkan = CEILING (angka, pembulatan).

Contoh Penggunaan CEILINK di Excel Kelipatan Terdekat

Contoh penggunaan Excel Ceiling Function memiliki kelipatan terdekat adalah ketika Anda ingin menentukan berapa banyak barang yang Anda butuhkan untuk memenuhi pesanan. Jika Anda membutuhkan 20 buah baju, maka Anda dapat memesan 25 buah (5 buah lebih banyak) untuk mendapatkan kelipatan terdekat. Ini akan membuat proses pengiriman lebih mudah dan efisien dalam pembulatan kelipatan serta rumus menunjukkan hasil angka negatif dibulatkan mendekati nilai catatan pada excel.

Contoh Penggunaan CEILING di Excel Pembulatan Terdekat

Excel Ceiling Function berfungsi sebagai plafon Excel digunakan untuk menentukan nilai pembulatan ke atas. Jika nilai yang ingin Anda bulatkan adalah 2,3, maka CEILING akan mengembalikan nilai 3. Fungsi CEILING juga dapat digunakan untuk menentukan nilai pembulatan ke atas dalam suatu rentang tertentu. Misalnya, jika Anda ingin menentukan nilai pembulatan 2,3 ke atas dalam rentang 1-5, maka fungsi CEILING akan mengembalikan nilai 3.

Untuk membulatkan angka ke angka penting terdekat, jauh dari nol, gunakan fungsi CEILING. Misalnya, jika Anda ingin menghindari penggunaan uang dalam harga Anda dan produk Anda dihargai Rp 4,42, gunakan rumus = CEILING (4,42,0,05) untuk membulatkan harga hingga nikel terdekat.

Contoh Penggunaan Ceiling Function Dasar

Contoh Excel Ceiling Function
Contoh Excel Ceiling Function

Rumus Dasar Excel Ceiling Function
=CEILING(C6;1000) Rp 3.752.552 Menjadi Hasil Rp 3.753.000

Penjelasan: Untuk mengembalikan nilai yang lebih besar dari atau sama dengan argumen, yang dibulatkan ke bilangan bulat terdekat yang lebih besar seperti contoh tabel Excel Ceiling Function.

Contoh bilangan pembulatan angka positif Ceiling

Plafon bilangan positif adalah contoh bilangan yang lebih besar dari atau sama dengan nol, tetapi kurang dari satu. Bilangan ini dapat ditulis sebagai 0. plafon atau sebagai 1 – epsilon, di mana epsilon adalah bilangan yang sangat kecil.

Contoh bilangan angka negatif Ceiling

Salah satu contoh batas angka negatif adalah ketika ada batas pada seberapa jauh di bawah nol suhu dapat pergi. Misalnya, suhu terendah yang dapat direkam pada termometer standar adalah -40 derajat Celsius atau -40 derajat Fahrenheit. Jadi -41 derajat Celsius atau -41 derajat Fahrenheit akan dianggap sebagai batas angka negatif.

Alternatif Penulisan Rumus Anga Pembulatan CEILING

Penulisan Membulatkan Excel Ceiling Function
Penulisan Membulatkan Excel Ceiling Function

=CEILING(2.5, 1)
Fungsi CEILING membulatkan 2,5 hingga kelipatan 1 terdekat, yaitu 3

=CEILING(-2.5, -2)
Pengelompokan 2,5 kebawah kelipatan -2 terdekat, yaitu -4

=CEILING(-2.5, 2)
Angka 2,5 dibulatkan ke atas ke kelipatan terdekat dari 2, yaitu -2

=CEILING(1.5, 0.1)
Dibulatkan ke kelipatan terdekat dari 0,1, yaitu 2

=CEILING(0.234, 0.01)
Angka 0,234 dibulatkan ke atas ke kelipatan 0,01 terdekat, yaitu 0,24

Alternatif Fungsi CEILING.MATH

Alternatif CEILING.MATH adalah versi modifikasi dari permainan klasik yang bisa dimainkan dengan setumpuk 52 kartu biasa. Dalam versi ini, kartu As bernilai 1 poin, kartu 2 bernilai 2 poin, kartu 3 bernilai 3 poin, dan seterusnya. Jack, Queen, dan King masing-masing bernilai 10 poin. Joker bernilai 20 poin. Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak skor sedekat mungkin dengan 100 poin.

Bagian dari CEILING.MATH

CEILING.MATH adalah fungsi yang digunakan untuk menentukan nilai bulat tertinggi dari suatu bilangan. CEILING.MATH ini biasanya digunakan untuk menentukan jumlah barang yang harus dibeli atau dijual, sesuai dengan kebutuhan. CEILING.MATH juga berguna untuk menentukan berapa banyak orang yang harus ditampung oleh sebuah ruangan, sesuai dengan kapasitas maksimum yang telah ditentukan.

Excel Ceiling Function Juga digunakan untuk Operasi Program Lainnya seperti berikut:

  • excel ceiling function significance
  • excel ceiling function time
  • excel ceiling function in python
  • excel ceiling function in spanish
  • excel ceiling function round down
  • excel ceiling function in sql
  • excel ceiling function example
  • excel ceiling function significance

BACA JUGA ARTIKEL: 23 Rumus Dasar Excel Lengkap Untuk Pemula dan Karyawan Wajib Tau Ini

Kesimpulan

Rumus excel ceiling function adalah fungsi yang digunakan untuk membulatkan angka ke bilangan bulat terdekat atau kelipatan dari beberapa angka lainnya.

Fungsi Ceiling di Excel digunakan untuk membulatkan angka hingga bilangan bulat terdekat atau kelipatan dari beberapa angka lainnya. Ini bisa berguna saat Anda ingin memastikan angka dibulatkan ke bilangan bulat tertinggi berikutnya atau kelipatan dari angka lain.

Demikianlah pembahasan artikel tentang Fungsi Excel Ceiling Function. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan juga membantu Anda dalam memahami dan mempelajari Rumus-Rumus Dasar Microsof Excel dengan mudah. Bagi Anda yang ingin mengetahui informasi menarik lainnya bisa klik link dibawah ini.

Informasi Menarik Lainnya

INFORMASI Terbaru Rumus Dasar Excel Lainnya KLIK DISINI
INFORMASI Terbaru Alat Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
INFORMASI Terbaru Teknologi TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang