Cara Membuat Tabel di Excel Pemula Dijamin Bisa

Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula Dijamin Bisa

Anda sedang mencari cara membuat tabel di Excel? Simak artikel berikut untuk mengetahui cara membuat tabel di Excel. Tabel sendiri adalah daftar yang berisi data informasi, biasanya berupa kata dan angka yang disusun dan mengolah secara sistematis, menuruni kolom dengan urutan tertentu dan dengan garis pemisah sehingga dapat dilihat dengan lebih mudah.

Cara Pembuatan Table di Microsoft Excel

Dengan asumsi Anda telah menyiapkan data, judul proses pembuatan tabel di Excel sebenarnya cukup mudah. Di Excel cukup pilih data yang ingin Anda masukkan ke dalam tabel, lalu buka tab Insert dan klik Table. Data yang dipilih kemudian akan muncul dalam tabel yang telah diformat. Anda dapat menyesuaikan lebih lanjut tampilan tabel Anda dengan menggunakan berbagai opsi di bawah menu Table Tools > Formatting. Untuk pemula, sering kali paling mudah untuk memulai dengan salah satu gaya tabel built-in.

Manfaat Tabel di Microsoft Excel

Tabel di Microsoft Excel bisa menjadi cara yang bagus untuk mengatur dan melihat data Anda. Tabel juga dapat digunakan untuk melakukan penghitungan pada data Anda, dan untuk membuat bagan dan grafik. Tabel dapat mempermudah untuk melihat hubungan antara berbagai bagian data yang berbeda, dan dapat membantu Anda melihat tren.

Cara Membuat Tabel di Excel

Membuat tabel di Excel itu mudah dan dapat dilakukan hanya dalam beberapa langkah yaitu:

Cara Membuat Tabel Sendiri di Excel

  1. Buka Aplikasi Microsoft Excel
  2. Blok kolom yang ingin Anda buat tabel
  3. Pilih Botton Borders, klik pada tanda panah kebawah
  4. Pilih More Borders
  5. Pada halaman “Form” Format Cells Anda dapat mengatur Line Style atau garis tepi
  6. Setelah itu Klik Ok
  7. Jangan Lupa Judul tabel

Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula Dijamin Bisa

Tabel di Excel mudah dibuat oleh pemula. Cukup klik pada tab Insert, lalu klik Table pada menu. Sebuah kotak akan muncul meminta Anda untuk memilih data yang ingin Anda masukkan ke dalam tabel Anda. Setelah Anda memilih data Anda, klik Ok dan tabel Anda akan muncul! Jika tabel Anda terlihat salah atau tidak diformat dengan benar, cukup klik pada tab Design di menu dan tentukan pilihan format Anda. Microsoft Excel memiliki banyak format tabel bawaan untuk dipilih sehingga Anda dapat dengan mudah membuat data Anda terlihat bagus!

Berikut Tutorial Cara Buat Tabel di Excel Menggunakan Insert Pemula Dijamin Bisa

  1. Blok Data yang ingin dibuat tabel
  2. Klik Tab Pilih Inset
  3. Klik Tabel lalu klik Ok
  4. Secara otomatis Tabel Akan Terbentuk

Cara Mengubah Format Tampilan Tabel di Excel

Jika Anda ingin mengubah cara data Anda ditampilkan dalam tabel Excel, caranya mudah. Cukup klik pada tabel, lalu buka menu dan pilih opsi “Change”. Anda akan dapat memilih dari sejumlah cara berbeda untuk menampilkan data Anda, termasuk sebagai tabel data, bagan kolom, atau bagan baris. Jika Anda tidak yakin mana yang tepat untuk Anda, bereksperimenlah sampai Anda menemukan cara yang sempurna untuk menampilkan data Anda.

Berikut Tutorial Cara Ubah Format Tampilan Tabel di Excel Pemula Dijamin Bisa

  1. Blok Tabel yang telah dibuat
  2. Lalu, Tab Pilih Desain “Design”
  3. Pilih Format Tabel Sesuai dengan Keinginan Anda

Cara Mengganti Kolom Nama Tabel di Excel

Untuk mengganti nama tabel di Excel, pilih tabel dan kemudian klik menu “Table”. Dari sana, pilih “Rename Table”. Kotak dialog akan muncul menanyakan nama tabel baru. Masukkan nama baru dan klik “OK.”

Cara Menghapus Tabel Excel

Untuk menghapus tabel Excel, pertama-tama pilih tabel. Untuk melakukan ini, klik pada tabel sehingga header baris dan kolom disorot. Kemudian, klik tab “Format” di bagian atas layar. Di bagian “Table”, klik “Delete Table”. Ini akan menghapus isi tabel, tetapi bukan format tabel yang sebenarnya. Untuk menghapus formatnya juga, klik “Delete Table” lagi. Terakhir, untuk menghapus hanya baris atau kolom di dalam tabel, klik header baris atau kolom yang ingin Anda hapus dan tekan “Delete.”

Baca Juga Artikel :Cara Konversi Excel to PDF

Berikut Tutorial Cara Hapus Tabel Tanpa Menghapus Data Pemula Dijamin Bisa

  1. Blok Data Kolom tabel
  2. Pilih Menu Clears atau Bersihkan
  3. Lalu Pilih Clears Format

Berikut Tutorial Cara Menghapus Tabel Bernama Data Excel Dengan Mudah

Untuk menghapus tabel bernama, klik tabel untuk memilihnya, kemudian tekan tombol Delete pada keyboard Anda. Tabel akan menghilang dan ruang yang ditempati akan dikosongkan.

Bagaimana Cara Edit Tabel Kolom Di Excel?

Untuk mengedit kolom dalam tabel Excel, pertama-tama pilih seluruh kolom dengan mengklik header kolom. Kemudian, klik tombol “Edit” pada pita di bagian atas layar. Ini akan membuka kotak dialog “Edit Column”. Dari sini, Anda dapat mengubah nama kolom, serta tipe dan format data. Anda juga dapat menambahkan atau menghapus sel dari kolom. Setelah selesai, klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan Anda.

Bagaimana Cara Memberi Warna Pada Tabel Excel?

Untuk memberi warna pada tabel, arahkan mouse ke icon Fil Color, lalu klik sisi sebelah kanan untuk menampilkan theme colors “tema warna”. Kemudian blok kolom yang ingin di warnai lalu pilih dan klik warna yang Anda inginkan. Seperti contoh gambar dibawah ini.

Ini Cara Merapikan Tabel Excel

Untuk merapikan tabel Excel, klik tabel di Microsoft Excel dan pilih fitur “Tidy Up Table” dari menu. Ini akan secara otomatis memformat tabel di Excel sehingga mudah dibaca dan dimasukkan. Jika tabel tidak dalam format yang benar, Anda dapat dengan mudah memperbaikinya dengan memilih baris atau kolom yang salah dan memilih opsi “Insert” dari menu.

Mengapa Perlu Belajar Membuat Tabel di Excel?

Membuat tabel di Excel bisa menjadi keterampilan yang sangat berguna untuk mengatur dan menampilkan data. Tabel di Excel adalah kumpulan data yang diatur ke dalam baris dan kolom. Tabel dapat dibuat dalam lembar kerja atau di beberapa lembar kerja. Membuat tabel memungkinkan Anda untuk bekerja dengan data Anda dengan cara yang lebih terorganisir dan membuatnya lebih mudah untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.

Fitur Menu Pilihan Desain Tabel di Excel Dengan Mudah

Fitur menu pemilihan tabel di Excel sangat berguna saat mencoba memilih rentang sel tertentu dalam lembar kerja yang besar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah memilih rentang sel hanya dengan mengklik sel pertama dan kemudian menyeret mouse ke rentang yang diinginkan.

Pertanyaan Yang Sering Diajukan Seputar Microsoft Excel

Bagaimana cara mengubah ukuran tabel sesuai?

Untuk mengubah ukuran tabel, arahkan mouse Anda ke sudut kanan bawah tabel sampai Anda melihat panah dua sisi. Kemudian, klik dan seret panah untuk mengubah ukuran tabel.

Bagaimana cara meghapus isi tabel?

Untuk menghapus isi tabel, Anda dapat menggunakan perintah DELETE. Ini akan menghapus semua baris dalam tabel. Jika Anda hanya ingin menghapus baris tertentu, Anda dapat memblok kolom yang ingin di hapus lalu klik kanan pilih delete. Maka Kolom yang Anda blok tadi akan terhapus

Apa Fungsi Rumus Excel?

Secara umum rumus dasar excel berfungsi untuk memudahkan pengguna dalam perhitungan matematika menggunakan aplikasi sehingga dalam pencarian nilai-nilai yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang sama sesuai dengan harapan serta mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Kesimpulan

Demikinalah pembahasan tentang Tutorial Cara Membuat Tabel di Excel Bagi Pemula Dijamin Bisa. Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan juga berguna bagi Anda yang belum tahu mengoperasikan microsoft excel atau Anda yang lagi mempelajari cara menggunakan Excel. Untuk Informasi Kami juga memiliki Artikel cara menggunakan Fungsi dan Rumus IF untuk di Excel.

Bagi Anda sebagai pemula tidak perlu khawatir, Dengan mengikuti tutorial Artikel Microsoft Excel kami, Anda dapat mengoperasikan Excel dengan baik. Bagi Anda yang memiliki pertanyaan Tulis di kolom komentar.

Informasi Menarik Lainnya

Recomendasi Rumus Dasar Excel KLIK DISINI
Recomendasi Konversi Excel ke PDF KLIK DISINI
Recomendasi Teknologi Terbaru TONTON DISINI

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang