Logo Kampus Universitas Timor (UNIMOR)

Universitas Timor (UNIMOR), Kampus Negeri di Perbatasan NKRI – Timor Leste

sejarah yang teramat penting bagi bangsa Indonesia, yakni peristiwa Referendum pada tahun 1999 di mana sebagian besar rakyat Timor Timur memilih untuk Merdeka dari Kedaulatan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Berdirinya Universitas Timor (UNIMOR)

Peristiwa ini menjadi tonggak sejarah lahirnya sebuah Negara baru yakni Republik Democratic Timor Leste, yang sebelumnya adalah salah satu Provinsi dengan nama Provinsi Timor Timur yang menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tonggak sejarah ini juga menjadi peristiwa yang tak terpisahkan dari sejarah Universitas Timor (unimor) yang dulu adalah Universitas Timor Timur (Untim) yang didirikan di Provinsi Timor Timor pada tahun 1986, ketika itu masih menjadi bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peristiwa Referendum pada tahun 1999 menyebabkan masyarakat yang memilih untuk tetap bergabung dengan Negara kesatuan Republik Indonesia (pro-indonesia) mengungsi ke luar dari Timor Timur menuju ke berbagai provinsi di Indonesia.

Saat itu masyarakat yang mengungsi lebih banyak memilih untuk mengungsi ke Timor Barat di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Setelah dilaksanakan studi kelayakan dan mengajukan usulan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendirikan Universitas di perbatasan, maka ditebitkannnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional republik Indonesia nomor : 67/D/O/2000 tentang Pendirian Universitas Timor dan SK Pendirian Fakultas : 67/D/O/2000. 16 Juni 2000  : yang di terbitkan oleh Yayasan Pendidikan Cendana Wangi (Sandinawa) dan Perubahan status menjadi PTN berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 119 Tahun 2014, tertanggal 6 Oktober 2014 tentang Pendirian Universitas Timor (UNIMOR), maka secara resmi Unimor telah berubah bentuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri PTN, berlokasi di Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara – Provinsi Nusa Tenggara Timur yang merupakan kawasan perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Program studi yang dikelola oleh Fakultas Ekonomi :

PS Ekonomi Pembangunan  (Jenjang pendidikan  S1)

PS Manajemen  (Jenjang pendidikan  S1)

Berdasarkan SK Pendirian Universitas Timor oleh Mendiknas Republik Indonesia, Universitas Timor memiliki 4 (empat) Fakultas dan 16 (sebelas) Program Studi, yakni; Fakultas Pertanian terdiri dari 3 Program Studi: Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, Kimia, Matematika, Biologi, Teknologi Informasi dan Keperawatan; Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, terdiri dari 2 Program Studi: Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Administrasi Negara; Fakultas Keguruan dan Pendidikan, terdiri dari 4 Program Studi: Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi dan Pendidikan Matematika; dan Fakultas Ekonomi terdiri dari 2 Program Studi: Manajemen dan Ekonomi Pembangunan.

Jumlah mahasiswa Universitas Timor yang tersebar pada sebelas program studi pada tahun 2000 hanya berjumlah 826 orang mahasiswa.

Dan pada tahun 2015 jumlah mahasiswa aktif senayak 4776 orang mahasiswa. Jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya dengan berubahnya status dari PTS menjadi PTN pada tahun 2014.

Perubahan status menjadi PTN

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor: 119 Tahun 2014, tertanggal 6 Oktober 2014 tentang Pendirian Universitas Timor (UNIMOR), maka secara resmi UNIMOR berubah bentuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), berlokasi di Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara – Provinsi Nusa Tenggara Timur yang merupakan kawasan perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Republik Demokrat Timor Leste (RDTL).

Tolak ukur bertambah jumlahnya mahasiswa adalah jumlah peminat calon mahasiswa baru yang mengikuti SBMPTN pada tahun 2015 mencapai 2500 orang calon mahasiswa.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya jumlah peminat yang mendaftar hanya berkisar antara 800 sampai dengan 1000 orang calon mahasiswa mendaftar.

Hal ini menunjukan sebuah trend positif terhadap status Penegerian Universitas Timor.

Sebagian besar Universitas Timor berasal dari Kabupaten Timor Tangah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan juga sebagian berasal dari daerah lain di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan dari luar Provinsi Nusa Tenggara Timur, termasuk yang berasal dari negara tetangga Republik Democratic Timor Leste. Bertambahnya jumlah mahasiswa akan terus meningkat jika kualitas penyelenggaraan pendidikan ditingkatkan, baik dari segi sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana pendukung penyelenggaraan pendidikan.

Universitas Timor menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor: 119 Tahun 2014, pada tanggal 6 Oktober 2014 memiliki 4 Fakultas dan 11 Program Studi dengan mahasiswa berjumlah kurang lebih 4776 mahasiswa pada tahun 2015.

Dosen dan karyawan berjumlah kurang lebih 200 orang dengan status kepegawaian hamper 50% Pegawai Negeri Sipil (PNS), sisanya berstatus non PNS.

Akreditas dan Peringkat Kampus UNIMOR

Akreditasi Universitas Timor menurut dikti yaitu mendapat nilai B.

Peringkat Universitas Timor menduduki angka ke 18 di tingkat NTT sedangkan tingkat nasional masih dalam peringkat bawah yakni 2173 nasional.

Alamat dan Kontak Kampus UNIMOR

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Kefamenanu Tengah 85613 Nusa Tenggara Timur, Indonesia

Website: http://unimor.ac.id/

Email: [email protected]

No telp / fax: 0388 2433012 / 0388 2433013

FB : Undana

IG: @humas_unimor

Twitter: @OUnimor

Jurusan di Kampus UNIMOR

Berikut ini adalah program studi (prodi) di Universitas Timor:

Fakultas Pertanian (FAPERTA)

Program Studi Agribisnis (Terakreditasi C)

Program Studi Peternakan (Terakreditasi B)

Program Studi Agroteknologi (Terakreditasi B)

Program Studi Matematika

Program Studi Teknologi Informasi

Program Studi Biologi

Program Studi Kimia

Program Studi Keperawatan (D III)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL)

Program Studi Ilmu Pemerintahan (Terakreditasi C)

Program Studi Ilmu Administrasi Negara (Terakreditasi B)

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Program Studi Pembangunan (Terakreditasi C)

Program Studi Manajemen (Terakreditasi B)

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (Terakreditasi C)

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Terakreditasi C)

Program Studi Pendidikan Matematika (Terakreditasi C)

Program Studi Pendidikan Biologi (Terakreditasi B)

Logo Kampus UNIMOR

Logo Kampus Universitas Timor (UNIMOR)
Logo Kampus Universitas Timor (UNIMOR)

UNIMOR mempunyai logo berbentuk mahkota bunga dengan jumlah ujungnya yaitu 5 berwarna dasar biru dan terdapat tulisan UNIVERSITAS TIMOR berwarna hitam.

Terletak dibagian atas yang dibatasi dengan 2 bintang berwarna merah diawal dan diakhir tulisan.

Terdapat cahaya berwarna kuning emas yang berbentuk setengah lingkaran, tulisan SAPIENTIA ET VERITAS berwarna hitam, terdapat gabungan huruf U dan T berwarna hitam, buku warna putih dan terdapat tulisan UNIMOR pada bagian bawah dengan warna hitam.

Fasilitas Kampus UNIMOR

Fasilitas yang dimiliki UNIMOR (Universitas Timor) adalah sebagai berikut:

Perpustakaan pusat

Perpustakaan fakultas

Laboratorium

Aula

Ruang kuliah

Student centre

Lapangan olah raga

Lahan praktek

 

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang