Logo Kampus Akademi Teknik Kupang (ATK)

Akademi Teknik Kupang (ATK), Kampus Teknik Pertama di Kupang

Akademi Teknik Kupang adalah kampus Teknik pertama di Kota Kupang, yang didirikan tahun 1972 oleh Alm Bapak Eltari (yang menjabat sebagai Gubernur NTT saat itu) dengan biaya kuliah gratis pada saat itu, kemudian saat ini dengan biaya perkuliahan yang murah untuk masyarakat menengah kebawah, dengan memiliki tenaga pengajar atau dosen yang ahli dalam bidang Teknik, yang telah bekerja dan turut berjasa dalam pembangunan Nusa Tenggara Timur, siap mengajar dan mendidik mahasiswa-mahasiswa tentang Ilmu Teknik, baik Sipil maupun Elektro.

Akademi Teknik Kupang (ATK), Kampus Teknik Pertama di Kupang
Akademi Teknik Kupang (ATK), Kampus Teknik Pertama di Kupang

Akademi Teknik Kupang (ATK), Kampus Teknik Pertama di Kupang
Akademi Teknik Kupang (ATK), Kampus Teknik Pertama di Kupang

Oleh karena itu Akademi Teknik Kupang pada dasarnya menerima calon mahasiswa baru yang berasal dari daerah-daerah di Nusa Tenggara Timur, untuk dididik menjadi seorang Ahli Madya Teknik dan kelak dapat kembali ke daerahnya masing-masing untuk berperan dalam pembangunan daerah masing-masing di Nusa Tenggara Timur.

Lokasi kampus strategis, berada di tengah Kota Kupang. Lima Belas menit dari Bandara Eltari Kupang.

Lima menit menuju toko buku Gramedia, dan toko buku Suci.

Terdapat beberapa kos-kos di sekitar wilayah kampus dengan biaya murah 100 ribu hingga 500 ribu per bulan.

Lima menit menuju asrama Belu.

Satu menit ke pasar tradisional dan pom bensin.

Fasilitas Kampus, dengan bantuan donatur dari alumni ATK yang telah sukses, kembali membangun kampus dan menyumbangkan beberapa sarana dan prasarana untuk kampus.

ATK memiliki Laboratorium Komputer, Laboratorium Elektronika, Alat-Alat Praktikum Teknik Sipil, Perpustakaan, Aula, Ruang Kuliah, Ruang BEM/BLM, WC, Area Parkir dan Ruang Tata Usaha.

Di sekitar wilayah kampus dijangkau oleh Hotspot Area, sehingga mahasiswa, pegawai dan para dosen ATK dapat menggunakan Internet Gratis untuk keperluan pekerjaan, dan belajar-mengajar.

Transportasi menuju kampus, dapat menggunakan kendaraan umum seperti angkutan kota (Bemo) dengan 5 jalur angkutan, (terdapat 5 jalur angkutan dari 5 bagian wilayah kota yang menuju ke wilayah Naikoten 1 dimana ATK berada). Atau mahasiswa dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Kegiatan seni/budaya yang ada di kampus ATK, mahasiswa memiliki himpunan mahasiswa budaya daerah masing-masing, guna melatih ketrampilan dalam bidang seni dan budaya masing-masing.

Seperti tarian daerah, dan nyanyian daerah.

Selain itu terdapat himpunan mahasiswa di bidang olaraga guna melatih ketrampilan olaraga yang dimiliki dan himpunan mahasiswa di bidang keagamaan untuk mendidik kerohanian mahasiswa, jiwa sosial mahasiswa dan toleransi beragama.

Prestasi Kampus:

– Juara III Lomba Mutu Beton Hari Kebaktian Departemen Pekerjaan Umum ke 46 tahun 1993,
– Juara III Dekap FKIP Cup V BEM FKIP Undana tahun 2007,
– Mahasiswa berprestasi dalam kerjasama dengan Delf University dalam proyek air limbah menjadi air minum di Kota Kupang tahun 2011,
– Mahasiswa berprestasi dalam kerjasama dengan ESPS-WWINN, sebuah perusahaan dari Belanda untuk merancang dan merakit robot sederhana (Robot Mengikuti Garis dan Robot Pendeteksi Benda) dalam seminar Robot ATK-ESPS WWINN bulan Mei 2012.

Akademi Teknik Kupang melakukan Kerjasama dan MoU dalam seminar Robot ATK-ESPS WWINN 2012 untuk tetap mengadakan pelatihan dan pembelajaran tentang robotik secara online dengan pihak ESPS-WWINN dan diharapkan kelak dapat membawa beberapa mahasiswa berprestasi ke Belanda.

Logo Kampus Akademi Teknik Kupang (ATK)

Logo Kampus Akademi Teknik Kupang (ATK)
Logo Kampus Akademi Teknik Kupang (ATK)

Program Studi Teknik Sipil

Pada tahun ajaran 2022-2023, Akademi Teknik Kupang bekerja sama dengan Politeknik PU Semarang, membuka Program Studi Teknik Sipil dengan 3 Konsentrasi ilmu:

1. TEKNOLOGI KONSTRUKSI BANGUNAN AIR
2. TEKNOLOGI KONSTRUKSI BANGUNAN GEDUNG
3. TEKNOLOGI KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN

 

Sekian artikel mengenai Akademi Teknik Kupang (ATK), Kampus Teknik Pertama di Kupang. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.