Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh

Pengertian Ekspektasi adalah dan Contoh

Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh – Cecara umum, ekspektasi ialah suatu harapan atau keyakinan yang diharapkan akan menjadi kenyataan di masa depan sesuai dengan keinginan dimana untuk mencapainya harus dengan tindakan nyata.

Apa itu Ekspektasi? Arti Ekspektasi adalah

Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh
Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh

Kata“ ekspektasi” diambil dari bahasa Inggris, ialah“ ekspektasi”, di mana kata dasarnya merupakan“ ekpect”, yang berarti“ ekspektasi/ dugaan/ dugaan”. Jadi makna dari harapan merupakan kepercayaan kokoh kalau suatu hendak terjalin ataupun jadi permasalahan di masa depan.

Pada dasarnya, ekspektasi merupakan harapan ataupun suatu yang wajib terjalin. Tetapi, tidak seluruh ekspektasi ataupun harapan bisa dipadati, meski sudah dicoba sebanyak bisa jadi.Ekspektasi merupakan bayangan yang kita harap hendak jadi realitas, serta umumnya ini berlawanan dengan realitas yang terdapat. Tiap orang tentu sempat hadapi harapan ini. Dari harapan yang bisa jadi terwujud sampai yang tidak bisa jadi terwujud.

Terkadang harapan ini diwujudkan, namun mungkin yang terdapat pula sangat kecil, seolah- olah kita mempunyai impian semenjak kecil sampai saat ini serta tidak terdapat yang jadi realitas. Bisa dikatakan kalau ini merupakan harapan yang berlawanan dengan realitas.

Terdapat yang berkata kalau konsep ekspektasi merupakan ekspektasi besar yang diletakkan pada suatu yang sepatutnya mempunyai dampak yang baik ataupun lebih baikTetapi, ekspektasi( harapan) yang kami yakini hendak terjalin berbeda dari realitas yang terdapat. Realitasnya terkadang menyedihkan serta kecewa. Serta itu tidak hendak seindah mimpi yang kita impikan di dunia ini.

Arti Ekspektasi Menurut Para Ahli

Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh
Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh

Untuk lebih memahami apa itu ekspektasi, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

Sutisna

Menurut Sutisna (2001), arti ekspektasi adalah suatu kepercayaan atau keyakinan individual sebelumnya tentang berbagai hal yang seharusnya terjadi pada situasi tertentu.

Boeree

Menurut Boeree (2005), arti ekspektasi adalah harapan kesenangan yang tidak konstan, yang timbul dari gagasan tentang sesuatu hal di masa depan.

Anderson dan Chambers

Menurut Anderson dan Chambers (1985), pengertian ekspektasi adalah segala sesuatu yang diyakini konsumen tentang apa yang akan didapatkannya terkait dengan suatu kinerja produk atau pelayanan tertentu.

Fleming dan Levie

Menurut Fleming dan Levie (1981), arti ekspektasi adalah segenap keinginan, harapan, dan cita-cita terhadap sesuatu hal yang ingin diraih dengan tingkah laku dan tindakan yang nyata.

Contoh Ekspektasi

Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh
Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh

Adapun beberapa contoh ekspektasi adalah sebagai berikut ini:

Ekspektasi Dalam Hubungan Manusia

Dalam hubungan antar manusia, seringkali masing-masing individu memiliki ekspektasi terhadap individu lainnya. Seseorang dapat melakukan apapun untuk mewujudkan keinginannya, namun seringkali yang terjadi tidak sesuai ekspektasinya.

Contoh:

Seorang pria berusaha mendekati gadis idamannya dengan berbagai cara. Menurut pria tersebut semua upaya yang dilakukannya pada akhirnya akan membuat gadis idamannya luluh.

Pada kenyataannya si gadis justru merasa terganggu dan berusaha menghindarinya. Pada contoh kasus ini menunjukkan bahwa ekspektasi tidak selalu sesuai dengan realita.

Ekspektasi di Dunia Kerja

Ekspektasi di dunia kerja dialami oleh perusahaan dan juga karyawan. Ekspektasi kedua pihak ini (perusahaan dan karyawan) seringkali tidak sesuai dengan kenyataan.

Dari sisi perusahaan memiliki ekspektasi untuk mendapatkan karyawan yang mampu memberikan kontribusi besar bagi perusahaan dengan gaji murah. Sedangkan dari sisi karyawan memiliki ekspektasi gaji tinggi dan fasilitas yang membuatnya merasa nyaman dengan pekerjaan mudah.

Contoh:

Perusahaan membuat iklan lowongan kerja posisi manajer dengan kualifikasi tinggi. Dengan gaji Rp7 juta perbulan, perusahaan mengharapkan karyawan yang bisa membawahi beberapa divisi.

Sebagian besar yang melamar pekerjaan tersebut ternyata memiliki ekspektasi gaji Rp10 juta per bulan untuk posisi tersebut. Apalagi dengan kualifikasi dan tanggungjawab yang cukup tinggi.

Untuk mendapatkan manajer yang dibutuhkan maka perusahaan memiliki dua opsi, menurunkan ekspektasinya atau menaikkan gaji sesuai ekspektasi pelamar.

Ekspektasi di Bidang Ekonomi

Pengertian ekspektasi ekonomi adalah suatu harapan maupun prediksi mengenai perkembangan perekonomian pada periode waktu yang akan datang.

Ekspektasi ekonomi tersebut dapat meliputi berbagai hal, seperti inflasi, jumlah pengangguran, pertumbuhan produktivitas, dan neraca perdagangan.

Contoh:

Pemerintah Indonesia memiliki ekspektasi pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun 2018 akan berada di angka 6%. Namun, pada kenyataannya ekspektasi tersebut tidak terealisasi karena adanya berbagai faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Ekspektasi ekonomi tidak selalu sesuai dengan harapan atau prediksi. Pertumbuhan ekonomi bisa saja di bawah harapan atau mungkin jauh lebih baik dari yang diprediksikan.

Metode Mengganti Ekspektasi Jadi Motivasi

Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh
Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh

Sebagian orang bisa jadi menyimpan ekspektasi yang besar pada suatu yang jadi tujuannya. Tetapi, terkadang perihal itu tidak bisa terwujud serta belum jadi realitas.

Apalagi terkadang seorang hendak merasa sangat kecewa serta susah buat kembali menerima realitas. Berikut ini ada sebagian panduan yang bisa dicoba bila Kamu memperoleh hasil tidak cocok dengan ekspektasi yang tidak jadi realitas:

Lebih menerima serta mensyukuri kenyataan

Metode ini bisa jadi sedikit susah sebab tidak seluruh orang mempunyai jiwa yang gampang rela dengan apa yang terjalin. Tetapi tidak menutup mungkin bila Kamu berupaya metode ini, rasa tenang serta kecewa sedikit terobati. Meski terasa menyakitkan, jangan hingga perihal itu membuat Kamu lalu terpuruk serta merasa putus asa.

Beranggapan negatif pula hendak lebih menaikkan beban yang kamu rasakan. Maksudnya, perilaku terbaik merupakan menerima dengan luas dada apa yang sudah terjalin serta mensyukuri apa yang sudah dipunyai.

Umumnya hasil yang belum cocok dengan apa yang di idamkan mengarahkan sesorang jadi individu yang lebih aktif serta tekun dalam berupaya. Tidak hanya itu Kamu pula bisa belajar dari kesalahan yang sudah kemudian buat mencapai ekspektasi yang diharapkan di masa depan.

Menghadapi realitas yang nampak berat untuk ditaklukkan

Terkadang rasa khawatir muncul mengingat realita yang nampak amat berat serta menakutkan. Perihal yang butuh dicoba merupakan mengalami apa yang sepatutnya kamu lakukan serta jangan sempat berpikir buat lari dari realitas.

Perilaku ini bisa menjadikan kamu individu yang lebih tangguh serta siap mengalami tiap mungkin yang terjalin sesuatu dikala nanti.

Bangkit serta tumbuhkan semangat baru

Ekspektasi yang tidak cocok bisa menjadikan sesorang lenyap semangat serta enggan buat kembali berupaya perihal yang baru. Aksi ini kurang benar sebab perihal itu cuma hendak membuat seorang lebih berlarut- larut dalam kesedihan. Jangan perkenankan realitas mengganggu harimu serta membuat kamu jadi semacam manusia yang lemah.

Pupuk kembali semangatmu serta coba buat bangkit mengalami realitas.

Peruntukan realitas bagaikan baahan pendidikan buat meningkatkan diri serta berproses jadi lebih baik buat menggapai hasil yang lebih baik.

Belajar lebih aktif serta berjuang lebih giat

Bila hasil yang Kamu miliki melenceng dari makna ekspektasi yang kamu mau kemudian Kamu memutuskan buat menyudahi seluruh perjuangan serta tidak ingin lagi berupaya itu merupakan perihal yang salah.

Realita yang kurang sesuaidengan kemauan kadang bagaikan hasil dari seorang yang kurang belajar. Jadi, pemecahan yang pas merupakan terus belajar serta berjuang lebih aktif supaya apa yang dicita- citakan tidak cuma jadi ekspektasi semata.

Membuat rencana cadangan

Seorang kadangkala melupakan perihal berarti dalam membuat perhitungan di dalam suatu keputusan. Bila keputusan yang telah terbuat buat melaksanakan rencana yang awal kandas, sepatutnya telah disiapkan rencana cadangan yang bisa dicoba.

Mempunyai rencana cadangan berarti sebab hendak pengaruhi tingkatan keberhasilan pencapaian dari ekspektasi seorang. Jadi, bila rencana dini awal kamu tidak sukses lekas jalankan rencana yang kedua.

Libatkan Tuhan disetiap usaha

Bila tadinya kamu sangat bergairah dengan apa yang mau dicapai serta cenderung melupakan keberadaan Tuhan, hingga saat ini telah saatnya buat kembali mengaitkan Tuhan disetiap perihal yang hendak Kamu jalankan. Perihal ini hendak menaikkan tenaga positif serta membuat Kamu jadi lebih produktif.

Ekspektasi Produsen

Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh
Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh

Harapan produsen di masa yang akan datang menjadi bagian dari sebuah rencana produksinya. Sehingga jumlah barang yang akan diproduksi dan kemudian ditawarkan akan dipengaruhi oleh harapan para produsen dimasa yang akan datang. Pada hal ini, harapan akan menjadi prediksi perekonomian pada masa akan datang.

Jadi produsen memperkirakan harga barang dan jasa akan turun dikemudian hari, cotohnya di akhir tahun, dengan sendirinya para produsen akan mengurangi produksinya hingga mengurangi penawaran. Dan saat para produsen menilai bahwa kondisi perekonomian akan membaik dikemudian hari, maka para produsen akan memproduksi barang atau jasa dengan lebih banyak.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Ekspektasi adalah: Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang