Download 100+ Gambar Detail Struktur Arsitektur DWG AutoCAD [LENGKAP]

Download 100+ Gambar Detail Struktur DWG AutoCAD

Download Gambar Detail Struktur DWG AutoCAD – Struktur adalah bagian-bagian yang membentuk bangunan seperti pondasi, sloof, dinding, kolom, ring, kuda-kuda, dan atap. Pada prinsipnya, elemen struktur berfungsi untuk mendukung keberadaan elemen nonstruktur yang meliputi elemen tampak, interior, dan detail arsitektur sehingga membentuk satu kesatuan. Setiap bagian struktur bangunan tersebut juga mempunyai fungsi dan peranannya masing-masing.

Kegunaan lain dari struktur bangunan yaitu meneruskan beban bangunan dari bagian bangunan atas menuju bagian bangunan bawah, lalu menyebarkannya ke tanah. Perancangan struktur harus memastikan bahwa bagian-bagian sistem struktur ini sanggup mengizinkan atau menanggung gaya gravitasi dan beban bangunan, kemudian menyokong dan menyalurkannya ke tanah dengan aman.

Terdapat tiga bagian dari struktur bangunan antara lain :

  1. Struktur bawah (substruktur) adalah bagian-bagian bangunan yang terletak di bawah permukaan tanah. Struktur bawah ini meliputi pondasi dan sloof.
  2. Struktur tengah merupakan bagian-bagian bangunan yang terletak di atas permukaan tanah dan di bawah atap, serta layak ditinggali oleh manusia. Yang dimaksud struktur tengah di antaranya dinding, kolom, dan ring.
  3. Struktur atas (superstruktur) yaitu bagian-bagian bangunan yang terbentuk memanjang ke atas untuk menopang atap. Struktur atas bangunan antara lain rangka dan kuda-kuda.
Download 100+ Gambar Detail Struktur Arsitektur DWG AutoCAD [LENGKAP]
Download 100+ Gambar Detail Struktur Arsitektur DWG AutoCAD [LENGKAP]

KLASIFIKASI STRUKTUR

Klasifikasi struktur berdasarkan geometri dan bentuk dasarnya

Elemen garis adalah elemen yang panjang dan langsing dengan potongan melintang nya lebih kecil dibandingkan ukuran panjangnya.Elemen garis dapat dibedakan menjadi elemen lurus dan elemen melengkung.
Elemen permukaan adalah elemen yang ketebalannya lebih kecil dari pada ukuran panjang nya.Elemen datar dapat berupa datar atau lengkung.Elemen lengkung bisa berupa lengkung tunggal atau lengkung ganda.

Klasifikasi struktur berdasarkan karakteristik kekakuan elemen

Elemen kaku, biasanya sebagai elemen yang tidak mengalami perubahan bentuk yang cukup besar apabila mengalami tekanan beban.
Elemen tidak kaku atau fleksibel, misalnya kabel yang berubah menjadi bentuk tertentu pada suatu kondisi pembebanannya.Struktur fleksibel akan mempertahankan keutuhan fisik nya meskipun bentuknya berubah-ubah.

Berdasarkan susunan elemen

System satu arah, dengan mekanime transfer beban dari struktur untuk menyalurkan ketanah merupakan aksi satu arah saja.Sebuah balok yang terbentang pada dua titik tumpuan adalh contoh system satu arah.
System dua arah dengan system bersilang yang terletak diantara dua titik tumpuan dan tidak terletak diatas garis yang sama.

Berdasarkan material pembentuknya

  • Struktur kayu
  • Struktur baja
  • Struktur beton,dll

Elemen-elemen utama struktur

Elemen-elemen struktur utama seperti pada gambar 3 di kelompok kan menjadi 3 kelompok utama yaitu :

  • Elemen kaku yang umum digunakan yaitu balok, kolom, pelengkung, pelat datar, pelat berpelengkungan dan cangkang.
  • Elemen tidak kaku atau fleksibel seperti kabel, membrane atau kabel berpelengkung tunggal maupun ganda.
  • Elemen elemen yang merupakan rangkaian dari elemen elemen tunggal : rangka, rangka batang, kubah dan jaring.

Balok dan kolom

struktur yang dibentuk dengan cara meletakkan elemen kaku horizontal diatas elemen kaku vertical.Elemen horizontal memikul elemen yang bekerja secara tranfersal dari panjangnya dan menyalurkan beban tersebut ke elemen vertical yang menumpunya.Kolom di bebani secara aksial oleh balok dan akan meyalurkan beban tersebut ketanah.Balok akan melentur sebagai akibat dari beban yang bekerja secara transveral sehingga balok sering disebut memikul beban secara melentur.Kolom tidak melentur ataupun melendut karena pada umum nya mengalami gaya aksial saja.Pada suatu bangunan struktur balok dapat berupa balok tunggal di atas tumpuan sederhana ataupun balok menerus.Pada umumnya balok menerus merupakan struktur yang lebih menguntungkan di banding balok bentangan tunggal diatas dua tumpuan sederhana.

Rangka

Struktur rangka secara sederhana sama dengan balok.Tetapi dengan aksi struktur yang berbeda karena adanya tititk hubung kaku antara elemen vertical dan elemen horizontalnya.Kekauan tititk hubung ini memberi kestabila terhadap gaya lateral.Pada system rangka ini balok maupun kolom akan melentur sebagai akibat dari adanya aksi pada struktur.Pada struktur rangka panjang setiap elemen terbatas, sehingga biasanya akan dibuat dengan pola berulang.

Rangka batang

Rangka batang adalah struktur yang di buat dengan menyusun elemen linier berbentuk batang-batang yang relative pendek dan lurus menjadi pola pola segitiga.Rangka batang yang terdiri atas elemen elemen diskrit yang melendut secarakeseluruhan apabila mengalami pembebanan seperti yang hal nya di alami balok yang terbebani tranversal.Setiap elemen batangnya tidak melentur tetapi hanya akan mengalami gaya tarik atau tekan saja.

Pelengkung

Pelengkung adalah struktur yang di bentuk oleh elemen garis yang melengkung dan membentang antara 2 titik.Struktur itu umumnya terdiri atas potongan potongan kecil yang mempertahankan posisinya akibat adanya pembebanan.Bentuk lengkung dan perilaku beban merupakan hal pokok yang mementukan apakah struktur tersebut stabil atau tidak.Kekuatan struktru tergantung dari bahan penyusun nya serta beban yang akan bekerja padanya.contoh struktur pelengkung adalah struktur yang berbenuk dari susunan bata.Bnetuk struktur pelengkung yang banyak digunakan pada banguna modern adalah pelengkung kaku.

Dinding dan plat

Plat datar dan dinding adalah struktur kaku pembentuk permukaan suatu dinding pemikul beban dapat memikul beban baik beban yang bekerja dari arah vertical maupun arah horizontal.Jika struktur dinding terbuat dari material kecil maka kekuatan terhadap beban dalam arah tegak lurus menjadi sangat terbatas.Struktur pelat datar digunakan secara horizontal dan memikukl beban sebagai lentur dan meneruskanya ketumpuan.Struktur pelat dapat terbuat daribeton bertulang ataupun baja.Pelat horizontal apat dibuat dengan pola susunan elemen garis yang kaku dan pendek dan bentuk segitiga tiga demensi digunakan untuk memperoleh kekakuan yang lebih baik.

Cangkang dan terowongan

Cangkang dan terowongan merupakan struktur pelat satu kelengkungan.Struktur cangkang memiliki bentang longitudonial dan kelengkungan nya tegak lurus terhadap diameter bentang.Bentuk cangkang harus terbuat dari material kaku seperti beton bertulang atau baja.

Kubah

Kubah merupakan bentuk struktur berlangkungan ganda.Bentuk kubah dapat dipandang sebagai bentuk cengkung yang berputar.Umumnya dibentuk dari material kaku seperti beton bertulang tetapi dapat pula dibuat dari tumpukan bata.

Kubah adalah struktur yang sangat efsien bila di gunakan pada bentang besar dengan penggunaan material yang lebih sedikit.

Kabel

Merupakan elemen struktur yang fleksibel.Bentuk kabel bergantung pada beban yangbekerja padanya.Struktu kabel yang di tarik pada kedua ujungnya berbentuk lurus saja di sebut tierod..Jika pada bentangan kabel terdapat beban titik eksternal maka bentuk kabel akan berupa segmen segmen garis .Jika yang di pikul adalah beban yang terbagi merata maka kabel akan berbentuk lengkungan sedangkan berat sendri struktur kabel akan menyebabkan bentuk lengkung yang disebut catenary-curve.

Membran, tenda dan jaring.

Membran adalah lembaran tipis yang fleksibel.Tenda biasanya dibentuk dari permukaan membrane.Bentuk srtuktur nya dapat berbentuk sederhana maupun kompleks dengan menggunakan mebran-membran.Untuk permukaan dengan lengkungan ganda permukaan actual harus tersusun dari segmen yang jauh lebih kecil karena pada umumnya membrane dengan permukaan dengan menggantungkan pada sisis cembung berarah kebawah itupun jika berarah keatas harus ditambahkan mekanisme tertentu agar bentuknya tetap.

Struktur Bangunan Beserta Fungsinya

Dalam pelaksanaan pembangunan gedung perlu diketahui struktur yang ada pada gedung tersebut, sehingga perlu ditinjau bagian-bagian dari struktur tersebut.

Tinjauan yang dilakukan sangat erat hubungannya dengan perhitungan volume dan material yang dibutuhkan sehingga anggaran biaya pelaksanaan struktur gedung tersebut dapat dihitung.

Definisi yang sederhana tentang struktur dalam hubungannya dengan bangunan menurut teori Schodeck (1991) bahwa struktur adalah merupakan sarana untuk menyalurkan beban dan akibat penggunaan atau kehadiran bangunan dalam tanah.

Sloof

Menurut Kusdjono (1984), Sloof adalah balok beton bertulang yang berfungsi sebagai pendukung beban yang berada diatas pondasi dan juga berfungsi untuk menahan beban dinding diatasnya dan merupakan bagian yang menyatukan dan mengompakkan antara pondasi untuk menerima berbagai beban dari atas.

Fungsi utama sloof adalah menehan gerakan tanah dari bawah bangunan. Tanah yang tertekan oleh pondasi mendistribusikan tekanan ke sekelilingnya.

Kolom

Menurut Dipohusodo (1996), Kolom adalah suatun komponen struktur atau tiang penyangga dari sebuah bangunan yang berfungsi menyangga beban aksial tekan vertikal dengan bagian tinggi yang tidak ditompang paling tidak tiga kali dimensi lateral terkecil.

Sebagai bagian dari suatu kerangka bangunan dengan fungsi dan peran seperti tersebut, kolom menempati posisi penting dalam sistem struktur bangunan.

Kegagalan kolom akan berakibat langsung pada runtuhnya komponen struktur lain yang berhubungan dengannya, atau bahkan merupakan batas runtuh total keseluruhan struktur bangunan.

Balok Lantai

Sutaryo dan Kusdjodo (1984) mengatakan bahwa balok adalah kayu/beton maupun baja yang dipasang di dalam ruangan untuk menahan rangka langit-langit plafon. Selain itu balok lantai juga berfungsi sebagai pengaku utama bangunan atau struktur.

Beban-beban yang dipikul oleh balok adalah plat lantai, dinding dan beratnya sendiri. Balok juga menerima beban horizontal akibat adanya gaya angin dan gaya gempa yang didistribusikan juga ke kolom.

Plat Lantai

Menurut Schodeck (1991) plat lantai adalah struktur datar (planar) yang secara khas terbuat dari material yang menyatu, yang tingginya kecil dibandingkan dengan dimensi-dimensi lainnya.

Beban yang umum bekerja pada plat mempunyai sifat banyak arah dan tersebar sejak digunakan beton bertulang modern untuk plat, hampir semua gedung menggunakan ini sebagai elemen plat.

 

Download Gambar Detail Struktur Arsitektur DWG AutoCAD

Berikut ini list gambar yang akan Anda dapatkan secara gratis:

  1. Detail Struktur Castel Format DWG AutoCAD
  2. Detail Struktur Detail Baja Format DWG AutoCAD
  3. Detail Struktur Sendi Jepit Format DWG AutoCAD
  4. Detail Struktur Sendi Engsel Format DWG AutoCAD
  5. Detail Struktur Pedestal Format DWG AutoCAD
  6. Detail Struktur Rafter Format DWG AutoCAD
  7. Detail Struktur Ridge Format DWG AutoCAD
  8. Detail Struktur Section Format DWG AutoCAD
  9. Detail Struktur A-C BASE DETAIL Format DWG AutoCAD
  10. Detail Struktur ADDITIONAL BOTTOM REINF Format DWG AutoCAD
  11. Detail Struktur ASPHAL TO TPAVED PARKING Format DWG AutoCAD
  12. Detail Struktur ASPHALT PARKING ROADS Format DWG AutoCAD
  13. Detail Struktur ASPHALT- PAVED PARKING TO BLOCK PAVING Format DWG AutoCAD
  14. Detail Struktur ASPHALT ROAD TO LANDSCAPE Format DWG AutoCAD
  15. Detail Struktur Board Ceiling Format DWG AutoCAD
  16. Detail Struktur COLUMN _ FOOTING Format DWG AutoCAD
  17. Detail Struktur CONSTRUCTION JOINT Format DWG AutoCAD
  18. Detail Struktur Detail Ground Tank _ Septiktank Format DWG AutoCAD
  19. Detail Struktur Detail Plafond Format DWG AutoCAD
  20. Detail Struktur DETAIL POTONGAN LANTAI Format DWG AutoCAD
  21. Detail Struktur Detail Sambungan Balok Format DWG AutoCAD
  22. Detail Struktur DETAIL STRUCTURE CANOPY Format DWG AutoCAD
  23. Detail Struktur Detail Struktur Penulangan Rumah Tinggal Format DWG AutoCAD
  24. Detail Struktur Exterior Wall Format DWG AutoCAD
  25. Detail Struktur Head _ Sill Format DWG AutoCAD
  26. Detail Struktur JOINT IN WALLS Format DWG AutoCAD
  27. Detail Struktur PARKING LEVEL SECTION Format DWG AutoCAD
  28. Detail Struktur Pembesian lantai 1 Format DWG AutoCAD
  29. Detail Struktur Pembesian Sloop Balok Format DWG AutoCAD
  30. Detail Struktur Plat Lantai dan Kanopy Format DWG AutoCAD
  31. Detail Struktur PORTE COCHERE ROOF Format DWG AutoCAD
  32. Detail Struktur Potongan Pond dan Pagar Format DWG AutoCAD
  33. Detail Struktur REINFORCEMENT Format DWG AutoCAD
  34. Detail Struktur Ring balok dan Atap Format DWG AutoCAD
  35. Detail Struktur SAMB-BALOK Format DWG AutoCAD
  36. Detail Struktur Sill Format DWG AutoCAD
  37. Detail Struktur SLAB AND WALL OPENING Format DWG AutoCAD
  38. Detail Struktur SLEEVE DETAIL Format DWG AutoCAD
  39. Detail Struktur SLEEVE THROUGH CONCRETE Format DWG AutoCAD
  40. Detail Struktur SOLID SLAB REIN Format DWG AutoCAD
  41. Detail Struktur SOLID SLABS Format DWG AutoCAD
  42. Detail Struktur Split Slab at Roof Format DWG AutoCAD
  43. Detail Struktur STARTER BAR DETAILS Format DWG AutoCAD
  44. Detail Struktur STRUCTURAL DETAIL Format DWG AutoCAD
  45. Detail Struktur Struktur Potongan A Format DWG AutoCAD
  46. Detail Struktur TIE and SPLICE DETAIL Format DWG AutoCAD
  47. Detail Struktur TOP OF COL.DETAIL Format DWG AutoCAD
  48. Detail Struktur Type Balok Potongan Format DWG AutoCAD
  49. Detail Struktur tYPE COLUMN DETAILS Format DWG AutoCAD
  50. Detail Struktur TYPE RING BALOK DAN DETAIL ATAP Format DWG AutoCAD
  51. Detail Struktur WALL CORNER Format DWG AutoCAD
  52. Detail Struktur WALL INTERSECTION Format DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download 100+ Gambar Detail Struktur Arsitektur DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:

Nih buat jajan

2 thoughts on “Download 100+ Gambar Detail Struktur DWG AutoCAD”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang