Download Gambar Desain LIFT(Elevator) DWG AutoCAD

Download Gambar Desain LIFT (Elevator) DWG AutoCAD [LENGKAP]

Download Gambar Desain LIFT (Elevator) DWG AutoCAD [LENGKAP] – Lift adalah angkutan transportasi vertikal yang digunakan untuk mengangkut orang atau barang. Lift umumnya digunakan di gedung-gedung bertingkat tinggi; biasanya lebih dari tiga atau empat lantai.

Gedung-gedung yang lebih rendah biasanya hanya mempunyai tangga atau eskalator. Lift-lift pada zaman modern mempunyai tombol-tombol yang dapat dipilih penumpangnya sesuai lantai tujuan mereka, Terdapat tiga jenis mesin, yaitu Hidraulic,Traction atau katrol tetap, dan Hoist atau katrol ganda, Jenis hoist dapat dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu hoist dorong dan hoist tarik.

Download Gambar Desain LIFT(Elevator) DWG AutoCAD
Download Gambar Desain LIFT(Elevator) DWG AutoCAD

Pengertian Lift (Elevator)

Lift (elevator) adalah alat bantu yang digunakan untuk menaikkan dan menurunkan muatan baik orang maupun barang di gedung-gedung bertingkat.

Selain elevator (lift), terdapat alat bantu lain yang digunakan untuk memindah muatan ke arah vertikal, yaitu:

  • Eskalator (tangga berjalan); dan
  • Travelator (Moving walk)

Ketiga jenis alat bantu tersebut bisa digolongkan juga sebagai material handling equipment (MHE) atau alat pemindah benda/barang.

Dengan memanfaatkan lift, pengguna akan mendapat keuntungan seperti:

  • Menghemat waktu dan tenaga untuk naik atau turun dari beberapa lantai. Bahkan hanya dibutuhkan dalam hitungan detik maupun menit saja.
  • Tidak perlu kerepotan untuk memindahkan barang berat hingga mencapai puluhan lantai sekalipun pada suatu gedung, hanya membutuhkan beberapa detik saja menggunakan elevator.

JENIS-JENIS LIFT DAN FUNGSINYA

Pasenger Elevator/ Lift Penumpang

Passenger Elevator adalah elevator yang berfungsi khusus untuk mengangkut manusia saja, elevator ini sangat dijaga kehandalan sistem keamanannya. Hal ini karena menyangkut keselamatan manusia penumpang lift tersebut.

Dumbwaiter / Lift Barang

Elevator ini fungsinya hanya untuk mengangkat barang saja, elevator ini juga tak kalah handalnya dengan elevator penumpang namun ada sedikit perbedaan dalam hal system keamanannya.

Elevator Service / Lift Servis

levator service ini biasanya dipasang diperhotelan,fungsinya untuk mengantarkan barang ke kamar-kamar penghuni hotel. Elevator ini juga tak kalah handalnya dengan elevator penumpang, perbedaan dari elevator service dengan elevator penumpang ini sangat jelas dari sistem pengangkutannya, yaitu elevator penumpang hanya khusus untuk manusia saja tapi elevator service ini berfungsi untuk mengangkut manusia dan barang.

Jenis Lift berdasarkan sumber daya :

  • Lift Listrik : yaitu lift yang mempergunakan sumber daya listrik.
  • Lift Hidrolik : yaitu lift yang mempergunakan sumber daya penggerak dari air atau minyak, gas atau fluida lainnya.

KOMPONEN LIFT

Pada dasarnya komponen pada elevator dibagi menjadi empat bagian utama yaitu:

  • Komponen di ruang mesin (Machine Room)
  • Komponen di ruang luncur ( Hoistway).
  • Komponen di Kereta/ Car Lift
  • Komponen di luar ruang luncur pada tiap-tiap lantai.

Cara Kerja Lift (Elevator)

Prinsip kerja bucket elevator atau lift ini sebenarnya mirip dengan pesawat sederhana atau sistem katrol. Perancangan sistem katrol yang digunakan untuk mengambil air dari sumur terdiri dari ember, tali dan roda. Ember tersebut dihubungkan ke tali yang melewati seluruh roda. Dengan demikian membuatnya tidak membutuhkan energi yang besar untuk mengambil air dari sumur dibandingkan dengan pengambilan air sumur menggunakan rancangan bambu yang dipasangi ember.

Hal tersebut juga berlaku pada sistem perancangan lift sekarang ini. Rancangan sistem lift menggunakan konsep yang sama, namun perbedaannya adalah lift menggunakan mekanisme canggih untuk menangani beban elevator.

Elevator atau lift layaknya seperti ember, namun terbuat dari logam yang dibentuk untuk menampung muatan berbagai ukuran atau biasa yang disebut kereta lift/car lift. Car lift tersebut terhubung ke tali baja yang sangat kuat yang melewati sheave di lift di ruang mesin. Di sini, sheave seperti roda dalam sistem katrol untuk memegang erat tali baja dengan kuat. Sistem ini dioperasikan oleh motor penggerak, ketika sakelar dalam kondisi ON, maka elevator dapat naik dan turun atau berhenti.

Agar motor penggerak dapat berfungsi dengan baik, lift harus dilengkapi dengan sistem pengendali lift. Sistem yang biasanya digunakan adalah Programmable Logic Controller (PLC).

Adapun bagian komponen dari sebuah lift mencakup sistem pengontrol kecepatan, motor listrik, rel, kabin, poros, pintu (manual dan otomatis), unit penggerak, buffer, dan alat pengaman.

Download Gambar Desain LIFT (Elevator) DWG AutoCAD [LENGKAP]

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

Nih buat jajan

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Gambar Desain LIFT (Elevator) Format DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.