Download Gambar Bangunan Bagi Sadap Bendungan DWG AutoCAD

Download Gambar Bangunan Bagi Sadap Bendungan DWG AutoCAD

Download Gambar Bangunan Bagi Sadap Bendungan DWG AutoCAD – Kegiatan irigasi antara lain adalah penyediaan dan pengaturan air irigasi. Pengaturan air irigasi meliputi pembagian, pemberian dan penggunaan air irigasi. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut diperlukan prasarana berupa bangunan pengatur. Bangunan pengatur yang akan dibahas dalam artikel ini adalah bangunan bagi, bangunan sadap dan bangunan bagi-sadap.

Download Gambar Bangunan Bagi Sadap Bendungan DWG AutoCAD
Download Gambar Bangunan Bagi Sadap Bendungan DWG AutoCAD

Bangunan bagi

Merupakan bangunan yang berfungsi untuk membagi air irigasi dari satu saluran kedalam dua atau lebih saluran. Sebagai contoh saluran dari bendung dibawa oleh saluran primer, kemudian terdapat bangunan bagi yang membagi saluran tersebut menjadi saluran sekunder kanan dan saluran sekunder kiri. Pada beberapa kondisi bangunan bagi hanya membagi saluran kedalam satu saluran sekunder, sedangkan saluran pada lengan yang lain tetap merupakan sebagai saluran primer.

Bangunan bagi ini secara ideal terdiri atas pintu-pintu yang dengan teliti mengukur dan mengatur air yang mengalir ke berbagai saluran. Salah satu dari pintu-pintu bangunan bagi berfungsi sebagai pintu pengatur muka air, sedangkan pintu-pintu lainnya berfungsi mengukur debit.

Bangunan sadap

Terdiri atas bangunan sadap sekunder dan bangunan sadap tersier. Bangunan sadap sekunder berfungsi untuk memberikan air pada saluran sekunder sehingga melayani lebih dari satu petak tersier. Sedangkan bangunan sadap tersier berfungi untuk memberikan air ke petak-petak tersier. Secara ideal bangunan ini dilengkapi dengan bangunan pengukur yang dapat mengetahui besaran air yang diberikan.

Bangunan bagi-sadap

Merupakan bangunan yang selain membagi air kedalam beberapa saluran, juga berfungsi untuk memberikan air ke petak-petak sawah. Bangunan ini secara ideal terdiri atas bangunan sadap tersier, bangunan/pintu sadap ke saluran sekunder yang dilengkapi alat ukur serta bangunan/pintu pengatur muka air. Adapun tata letak bangunan ini dapat dibuat dalam 2 alternatif yakni:

Bentuk menyamping

Posisi bangunan/pintu sadap tersier atau sekunder berada disamping kiri atau kanan saluran dengan arah aliran ke petak tersier atau sekunder mempunyai sudut tegak lurus (pada umumnya) sampai 45°. Kelemahan pada bentuk ini adalah kecepatan datang aliran kearah lurus menjadi lebih besar daripada yang kearah menyamping. Meskipun begitu bentuk ini mempunyai kelebihan tidak memerlukan tempat yang luas karena dapat langsung diletakkan pada saluran tersier/saluran sekunder yang bersangkutan.

Bentuk numbak

Bentuk ini meletakkan bangunan bagi sekunder, sadap tersier dan bangunan pengatur pada posisi sejajar, sehingga arah alirannya searah.

Berkebalikan dengan bentuk menyamping, bentuk numbak memiliki kelebihan kecepatan datang aliran untuk setiap bangunan adalah sama, akan tetapi bentuk numbak ini memiliki kelemahan yakni diperlukan areal yang luas, semakin banyak bangunan sadapnya maka semakin luas pula areal yang diperlukan. (Bidang SDA)

Sumber:

  1. Standar Perencanaan Irigasi – KP04

Download Gambar Bangunan Bagi Sadap Bendungan DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar Bangunan Bagi Sadap Bendungan DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.