Paragraf Deduktif: Pengertian, Jenis, Contoh

Paragraf Deduktif: Pengertian, Jenis, Contoh

Paragraf Deduktif: Pengertian, Jenis, Contoh – Menurut letak kalimat utama atau gagasan pokoknya, paragraf terbagi menjadi tiga jenis. Dua diantaranya adalah paragraf deduktif dan paragraf induktif.

Apabila kita berbicara tentang paragraf pasti tidak akan ada selesainya. Setelah selesai membahas tentang Paragraf Argumentasi, Deskripsi dan Eksposisi, pada artikel sebelumnya. Pada artikel kali ini kita akan kembali belajar tentang materi yang berhubungan dengan paragraf.

Hal ini juga akan mempermudah kalian saat mendapatkan tugas dari seorang guru untuk membuat paragraf. Kalian tidak perlu susah-susah mencari informasi tentang materi ini, karena sebelum tugas diberikan kalian sudah menguasai materi ini. Dan hal itu akan membuat kalian terlihat keren dan pandai di depan guru dan teman-teman kalian.

Paragraf Deduktif: Pengertian, Jenis, Contoh
Paragraf Deduktif: Pengertian, Jenis, Contoh

Pengertian Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah sebuah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf. Paragraf ini dikembangkan menggunakan pola umum menuju pola khusus. Diawali dengan sebuah kalimat yang bersifat umum kemudian di sertai kalimat yang bersifat khusus untuk menjelaskan kalimat utama tersebut.

Dalam paragraph deduktif kalimat penjelas dapat berupa sebuah informasi, contoh-contoh, rincian, bukti-bukti dan lain sebagainya. Kalimat penjelas dalam paragraph ini memiliki fungsi untuk menjelaskan kalimat utama yang barada di awal paragraf. Agar para pembaca menjadi lebih faham dengan maksud dari penulis.

Ciri-ciri Paragraf Deduktif

  1. Memiliki gagasan utama yang berada di awal paragraf
  2. Paragraf ini menjelaskan sebuah masalah umum menuju masalah khusus.
  3. Dituliskan dengan menggunakan kaidah yang telah ditentukan.
  4. Bahasa yagn digunakan adalah bahasa informative dan mudah difahami.
  5. Hanya menjelaskan satu topik permasalahan.
  6. Menggunakan alur maju.

Contoh Paragraf Deduktif Singkat

Contoh 1

Handphone adalah salah satu benda yang memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan manusia. Manfaat yang paling mencolok dari benda ini adalah untuk memudahkan komunikasi antara satu dengan yang lain. Jadi walaupun tidak berada dalam satu tempat. Seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain hanya dengan waktu yang sangat singkat.

Selain itu benda ini juga berbentuk kecil, sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Selain menjadi alat komunikasi benda ini juga dapat digunakan sebagai media belajar untuk sang buah hati. Karena pada jaman ini banyak pihak yang telah menciptakan berbagai software yang berhubungan dengan pendidikan.

Selain itu handphone juga dapat digunakan untuk mencari informasi lewat google atau mesin pencari lainnya. Kebanyakan Handphone yang diproduksi akhir-akhri ini adalah sebuah Handphone yang canggih. Salah satu kecanggihan benda ini adalah berbagai pihak perusahaan melengkapi benda ini dengan program yang bernama Android.

Karena saking canggihnya benda ini, produsen juga melengkapi produknya dengan kamera. Hebatnya kamera pada benda ini bisa mengalahkan kamera sungguhan. Dan hal itu juga memiliki daya tarik sendiri khususnya untuk kalangan remaja.

Contoh 2

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki kekayaan yang melimpah. Kekayaan Negara Indonesia meliputi banyak faktor, seperti alam, laut, budaya dan lain-lain. Dari kekayaan alam saja, Negara mana yang meragukan kekayaan alam Indonesia, salah satu contohnya adalah kesuburan tanah di wilayah indonesia. Indonesia juga termasuk Negara dengan hutan hujan terluas.

Karena hampir semua tumbuhan dapat tumbuh di Negara Indonesia. Dari segi hewan, Indonesia juga memiliki kekayaan yang melimpah dari segi fauna. Banyak hewan yang menjadi ciri khas Indonesia, sepreti Badak Jawa, Harimau Sumatera dan lainnya yang tidak akan kita temui di negara lain.

Itu baru kekayaan dari segi alamnya saja, apabila kita berbicara tentang budaya Indonesia pasti tidak akan ada habisnya. Karena setiap provinsi yang ada di Indonesia memiliki budaya masing-masing yang menjadi ciri khasnya. Apabila Negara ini memiliki 33 provinsi, bila setiap provinsi memiliki satu budaya maka total budaya Indonesia adalah 33 jenis.

Tetapi setiap provinsi yang ada di Indonesia tidak hanya memiliki satu kebudayaan, tetapi memiliki beberapa. Misalnya seperti rumah adat, tarian adat, pakaian adat, bahasa daerah dan lain sebagainya. Selain kaya dari alam dan budaya, Negara ini juga memiliki pulau terbanyak di dunia.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Contoh 1

Hama tikus adalah satu musuh besar yang dapat merugikan petani. Salah satu penyebab gagal panen yang dialami petani adalah karena hama tikus. Berpuluh-pluh hektar sawah yang ditanami petani berpotensi gagal panen apabila hama ini tidak diberantas.

Tanaman yang biasa menjadi sasaran hewan ini adalah tanaman padi. Selain padi tikus juga doyan memakan berbagai tanaman lainnya, Seperti singkong, kacang jagung dan lain-lain. Tidak hanya tanaman yang menjadi korban, tetapi tikus juga sering memakan ternak yang dimiliki petani.

Contoh 2

Kemacetan adalah salah satu masalah yang hinggap pada kota Jakarta. Bahkan masalah ini sudah menjadi masalah yang biasa untuk kota ini. Kemacetan yang terjadi di Jakarta disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kurangnya fasilitas transportasi umum.

Karena minimnya tranportasi umum yang disediakan pemerintah, maka sebagian orang berinisiatif untuk memakai kendaraan pribadi. Faktor inilah yang merupakan penyebab utama kemacetan yang ada di jakarta. Mereka menganggap memakai kendaraan pribadi lebih aman dan praktis.

Coba bayangkan, Jakarta memiliki jumlah penduduk lebih dari 1 juga jiwa, disaat bersamaan mereka memakai jalan umum. Tidak macet dari mana, satu juta penduduk secara bersamaan memakai jalan yang hanya berukuran 5- 7 meter.

Contoh 3

Peraturan lalu lintas harus ditaat oleh semua pengguna jalan umum. Peraturan lalu lintas dibuat tidak untuk mempersulit para pengguna jala, tetapi untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Namun sayangnya tidak sedikit manusia yang salah mengartikan peraturan lalu lintas.

Menurut mereka peraturan ini dibuat hanya untuk menyulitkan mereka dalam melakukan aktivitas di jalan. Karena kesalahpahaman ini membuat sebagian manusia tidak mau patuh dengan peraturan lalu lintas. Salah satu contoh yang sering kita temui adalah berkendara tanpa menggunakan helm.

Dan itu hanya salah satu pelanggaran yang sering kita lihat, mungkin masih banyak pelanggaran yang tidak kita ketahui. Karena sebab ini, tidak sedikit yang menjadi korban atas kelalaiannya terhadap peraturan. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan yang dapat mengancam dirinya dan orang lain.

Contoh 4

Sampah merupakan salah satu masalah terbesar yang ada di lingkungan sekitar kita. Benda ini seakan-akan menjadi musuh yang nyata bagi setiap keluarga. Selain baunya yang sangat menggangu, ternyata sampah juga dapat memicu datangnya berbagai penyakit.

TIdak sedikit yang menderita sakit hanya masalah ini, dan penyakit yang dideritapun bermacam-macam. Mulai penyakit yang ringan, hingga penyakit yang dapat mengamcam keselamatan jiwa manusia. Karena dengan bertumpuknya sampah akan mengundang berbagai jenis hewan yang dapat menyebarkan penyakit.

Contoh 5

Air merupakan benda yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Benda ini memiliki berbagai macam kegunaan bagi manusia, bahkan benda ini menjadi kebutuhan utama manusia. Dapat dikatakan manusia tidak akan bisa hidup tenpa adanya air.

Selain untuk mandi, air bersih juga biasa digunakan untuk berwudhu, memasak, minum dan lain-lain. Bila manusia tidak menemukan air, maka dapat dipastikan semua manusia akan kelaparan dan kehausan. Dan lebih parahnya lagi, akan banyak korban yang berjatuhan karena hal ini.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Contoh 1

Menuntut ilmu di pondok pesantren menjadi hal yang mendesak untuk jaman sekarang. Mengapa demikian? Karena pada jaman sekarang ini tidak sedikit remaja yang jauh dari agama. Walaupun mereka beragama islam, kebanyakan mereka meninggalkan sholat dan perintah agama lainnya.

Hal itu terjadi karena kurangnya perhatian seseorang terhadap agama. Sebenarnya agamalah yang membatasi perbuatan seseorang, karena dengan menjalankan agama mereka akan merasa diawasi. Dan karena sebab itulah manusia selalu berbuat baik kepada orang lain, entah diketahui atau tidak.

Salah satu akibat dari hal tersebut adalah rusaknya adad seseorang terhadap seorang lainnya. Mereka seakan tidak membutuhkan antara satu sama lain. Bukti nyatanya adalah apabila mereka saling bertemu mereka tidak lagi mau menyapa antara satu sama lain.

Contoh 2

Tekun belajar merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh seseorang untuk mencapai kesuksesan. Tidak sedikit orang yang mendapatkan kesuksesan dengan menekuni hal ini, walaupun dia tidak terlalu pintar. Dengan tekun belajar kita akan menjadi faham dengan sesesuatu yang tidak kita fahami sebelumnya.

Begitu juga sebaliknya, tidak sedikit orang yang pintar tidak mencapai kesuksesan karena melalaikan hal ini. Mereka menganggap dirinya hebat, karena merasa dirinya hebat ia akan meremehkan segala sesuatu. Apabila hal ini muncul, tidak mustahil jika seseorang tersebut akan gagal mencapai sebuah kesuksesan.

Tetapi akan lebih baik jika kalian memiliki dua hal ini, yaitu kecerdasan dan tekun belajar. Apabila kedua hal ini disatukan, maka bukan tidak mungkin bila anda mencapai kesuksesan dengan sekejap saja. Tetapi bila anda tidak terlalu pintar maka rajijn-rajinlah belajar, karena dengan belajar kalian akan menjadi pintar dengan sendirinya.

 

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Fashion

Desainer kondang Iwan Gunawan kembali merilis sejumlah produk fashion bertajuk “Mandjhah” jelang Ramadhan 2020. Di antara produk yang akan segera launching yakni jilbab segi empat lukis, gamis sutra serta baju koko. Semua produk menggunakan bahan berkualitas tinggi serta dijahit rapi sehingga kesan eksklusif jadi begitu terasa.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Infrastruktur

Pembangunan jalan dan jembatan di kawasan Subang mangkrak sejak 10 tahun diagendakan. Terdapat sejumlah faktor penyebabnya, di antaranya urusan pembebasan lahan yang sulit. Dalam hal ini, sejumlah warga keberatan tanahnya dibeli dengan harga murah. Selain masalah pembebasan lahan, pembangunan juga terkendala oleh isu lingkungan. Sebab, keberadaan jalan dan jembatan dikhawatirkan merusak ekosisitem hutan lindung.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Properti

Kredit Perumahan Rakyat (KPR) terus didorong agar memiliki bunga yang rendah dan pembayaran uang muka yang terjangkau. Di antara upaya yang dilakukan yakni dengan memberikan subsidi serta penambahan jangka waktu kredit. Di sisi lain, para kontraktor diminta untuk cerdas membangun dengan prinsip efektif dan efisien. Dengan begitu, biaya pembangunan perumahan bisa tertekan dan harganya pun bisa jauh lebih murah.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Hukum

Gayus Tambunam kembali menarik perhatian publik karena melakukan sejumlah pelanggaran hukum. Terdakwa kasus korupsi ini berkali-kali tampil di ruang bebas, padaha seharusnya ia mendekam di penjara. Masih hangat berita pelanggaran tersebut, ia kembali berulah karena kedapatan terlibat praktik suap dan pelecehan seksual di salah satu diskotik di Pulau Bali.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Bisnis

Para pebisnis kasur lantai kompak mengalami kerugian jelang momen lebaran 2021. Kerugian yang mencapai miliaran rupiah ini disulut oleh tingginya persaingan bisnis, di mana dalam satu area terdapat banyak produsen kasur. Akibatnya, produksi menumpuk, sementara penjualan lesu. Situasi diperparah dengan kurangnya pengetahuan di bidang promosi digital, sehingga agenda marketing menjadi tak optimal.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sains dan Teknologi

Pameran robot pintar terus digencarkan seiring teknologi kecerdasan buatan yang terus dikembangkan. Untuk kawasan Asia, pameran mula-mula diselenggarakan di Jepang dan Korea Selatan, menampilkan Robot Marry yang piawai bercengkrama dengan manusia. Pameran rencananya juga akan digelar di Jakarta, Indonesia, di mana Marry akan menunjukkan kebolehannya bercakap ria sembari menggunakan kebaya.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Dunia Hiburan

Pongki Barata merupakan musisi multitalenta milik Indonesia. Selain menciptakan beragam lagu hits, Pongki juga mahir bermain gitar serta bernyanyi. Dalam perjalanan kariernya, Pongki pernah tergabung dalam grup band Jikustik, serta menjadi member di grup band lain bertajuk “The Dance Company”.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pariwisata

Terdapat sejumlah obyek wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung ke Kabupaten Bandung Barat. Di antara tempat wisata yang paling populer yakni Curug Malela Rongga, kebun teh Lembang, Paralayang Cililin, serta Gunung Putri. Selain ketiga tempat tadi, masih banyak lagi wisata alam lainnya yang menyuguhkan panorama alam yang masih asri. – pengertian paragraf deduktif adalah

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Politik

Para demonstran meminta Presiden Jokowi untuk tegas menindak para pelaku korupsi. Ketegasan tersebut terutama ditujukan pada para koruptor daei golongan pejabat, yang proses hukumnya cenderung lambat. Pemerintah juga harus menguatkan posisi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang memang telah lama berkonsentrasi dalam penindakan kasus korupsi tanpa pandang bulu. Jangan sampai undang-undang yang melemahkan KPK malah lolos dan disetujui begitu saja.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Flora

Raflessia Arnoldi merupakan bunga bangkai langka yang terus dijaga kelestariannya. Di antara upaya penjagaan eksistensi bunga yakni dengan membuat penangkaran khusus di suatu taman nasional. Selain itu, direkrut pula tenaga ahli di bidang tumbuhan yang pekerjaannya memantau dan meneliti pola kehidupan bunga agar bisa terus terjaga keberadaannya. – pengertian paragraf deduktif adalah

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Fauna

Baru-baru ini ditemukan spesies langka mirip naga di kawasan Gua Pawon. Belum jelas bagaimana bentuk dan karakteristiknya, tetapi hewan tersebut kerap berkeliaran dan membunyikan suara gaduh di sekitar gua. Para peneliti masih mengidentifikasi hewan tersebut dan mempertimbangkan untuk dimasukkan ke penangkaran. Sebab jika dibiarkan hidup di alam bebas, spesies ini akan membahayakan warga setempat.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Karier

Perintisan karier di bidang akademik makin sepi peminat. Ini disebabkan orang-orang muda lebih memilih untuk berbisnis digital dan segera mendapatkan penghasilan yang lumayan. Sebaliknya, karier akademik cenderung dihindari karena prosedurnya yang bertele-tele dan dinilai ribet. Alhasil, saat ini banyak kampus yang kekurangan tenaga dosen tetap maupun pekerja yang mau mengurusi administrasi akademik.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Rumah Tangga

Suami istri harus selalu kompak dalam mendidik anak. Wujud kekompakan bisa tampak dari terjaganya kerukunan dan rasa saling menghormati di antara keduanya. Dengan begitu, anak secara tidak langsung akan mencontoh perilaku orang tuanya yang serba positif. Kekompakan juga bisa tampak dari minimnya pertengkaran apalagi saling menyalahkan. – pengertian paragraf deduktif adalah

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Spiritual

Ragam penyakit fisik yang menyerang tubuh rupanya berawal dari sifat dan perilaku buruk yang dilakukan secara terus-menerus. Misalnya, ketika kita kerap memendam rasa jengkel terhadap salah seorang keluarga dekat, maka peluang mengidap penyakit jantung dan TBC akan semakin tinggi. Begitu pula ketika orang sangat gampang untuk menghardik orang tua kandungnya. Maka orang semacam ini rentan bermasalah di bidang perut dan kulit.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Ekonomi

Produksi beras organik di sejumlah wilayah mengalami peningkatan yang signifikan. Tercatat, produksi beras organik mengalami kenaikan sekitar 15 persen atau 2500 ton per tahun. Peningkatan produksi ini terutama dipelopori oleh kawasan Bandung Barat. Para petani di wilayah tersebut kompak menolak penggunaan pupuk kimia seperti pestisida dan urea, lantas diganti dengan pupuk organik. Harga jual yang tinggi serta peluang ekspor merupakan penyemangat utama para petani untuk menggunakan cara-cara organik. – pengertian paragraf deduktif adalah

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Agama

Islam merupakan agama yang cinta damai dan menekankan tentang pentingnya toleransi. Hal tersebut sesuai dengan ajaran Rasulullah yang memiliki sifat penyayang terhadap sesama manusia. Makanya, ketika isu terorisme merebak, sejumlah tokoh Islam menegaskan untuk tidak mengaitkannya dengan Islam. Justru Islam dengan tegas menolak kekerasan dan lebih memilih musyawarah dalam menyelesaikan segala persoalan.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Paragraf Deduktif: Pengertian, Jenis, Contoh. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.