Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Pengertian CINTA adalah: Definisi, Jenis, Ciri, Karakter – Rasa cinta adalah perasaan yang bisa dirasakan oleh semua orang, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Masing-masing orang mungkin memiliki pemahaman yang berbeda-beda tentang apa itu arti cinta sebenarnya. Hal ini seringkali membuat bingung dan bertanya-tanya mengenai apa itu arti cinta sebenarnya.

Apa Itu Cinta?

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter
Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan cinta (love)? Secara umum, arti cinta adalah suatu emosi atau perasaan positif (kebaikan, belas kasih, kasih sayang) yang terdapat di dalam diri manusia yang ditujukan kepada manusia lain atau objek lain yang ada di sekitarnya.

Pendapat lain mengatakan, definisi cinta adalah suatu aktivitas manusia terhadap objek lain di sekitarnya, yang dilakukan dalam bentuk empati, kasih sayang, perhatian, membantu, pengorbanan diri, dan memenuhi permintaan objek tersebut.

Banyak ahli mengatakan bahwa arti cinta sulit untuk dijelaskan secara tuntas karena lebih berhubungan dengan emosi manusia, bukan dengan logika. Oleh karena itu, setiap orang dapat memberikan konsep tentang cinta sesuai dengan keadaan emosi di dalam dirinya.

Jika disebutkan kata kata cinta, mungkin yang pertama kali muncul di otak kita adalah tentang pacaran, menikah, kekasih, mantan dan seterusnya.

Akan tetapi menurut beberapa sumber yang telah saya pelajari menyebutkan. Cinta merupakan sebuah perasaan yang diberikan oleh Allah kepada setiap manusia. Yang menyebabkan manusia tersebut memiliki rasa saling peduli, saling sayang, saling perhatian dan lain sebagainya.

Cinta juga dapat diartikan sebagai sebuah perasaan yang diberikan kepada sepasang kekasih untuk saling mencintai, perhatian dan peduli. Cinta merupakan rasa yang tidak bisa dipaksakan, akan tetapi rasa ini sering datang secara tiba-tiba.

Pada dasarnya cinta itu bersifat indah atau menyenangkan, akan tetapi jika kita mencintai sesuatu yang salah. Tidak menutup kemungkinan, cinta yang tadinya indah berbalik menjadi sedih dan menyakitkan.

Arti Cinta Menurut Para Ahli

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter
Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Agar kita lebih memahami apa definisi cinta, maka kita dapat merujuk pada pendapat para ahli berikut ini:

Jalaluddin Rumi

Menurut Jalaluddin Rumi, arti cinta adalah sumber dari segala sesuatu dan inti dari segala bentuk kehidupan yang ada di dunia karena dunia dan kehidupan muncul karena kekuatan yang bernama cinta.

Scott Peck

Menurut Scott Peck, arti cinta adalah suatu keinginan di dalam diri manusia untuk mengembangkan diri dengan maksud memelihara pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain.

Quraish Shihab

Menurut Quraish Shihab, definisi cinta adalah kecenderungan hati manusia kepada sesuatu karena adanya kenikmatan atau manfaat yang bisa diperoleh dari yang dicintai.

Abdullah Nashih ‘Ulwan

Menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan, arti cinta adalah suatu perasaan jiwa dan gejolak hati manusia yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh kelembutan, gairah, dan kasih sayang.

Musfir bin Said az-Zahrani

Menurut Musfir bin Said az-Zahrani, definisi cinta adalah suatu emosi terpenting di dalam kehidupan manusia dan menjadi faktor terpenting dalam menyatukan perasaan manusia, serta pembentukan kasih sayang di antara sesama manusia.

Erich Fromm

Menurut Erich Fromm, arti cinta adalah suatu perasaan simpati di dalam diri manusia yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, terdapat lima syarat dalam upaya mewujudkan cinta kasih, yaitu;

  • Pengenalan
  • Perasaan
  • Tanggung jawab
  • Perhatian
  • Saling menghormati

Apa Itu Sayang

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter
Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Perasaan sayang porsinya lebih sedikit dari rasa cinta, ibarat anak tangga rasa sayang tepat di bawa rasa cinta. Rasa sayang berawal dari rasa suka yang berkelanjutan.

Rasa sayang adalah rasa ingin bertemu dengannya setiap waktu dan juga tidak ingin berpisah walaupun hanya sesaat.

Kita bisa dikatakan sayang dengan seseorang apabila, kita selalu ingin bertemu dengan seseorang yang kita sayang. Ketika kita sayang terhadap seseorang, kita melihat dia bukan sekedar dari wajah, tampilan, style.

Akan tetapi kita mengenali dirinya secara menyeluruh, sehingga kita mengetahui sifat, perilaku, kebiasaan dan aktivitasnya. Dan disaat kamu mengetahui atau mendapati pada dirinya terdapat sifat buruk, kamu akan bergegas menasihati dan mengubah hidupnya menjadi lebih baik lagi.

Karena rasa sayang yang benar akan menuntun kita untuk peduli kepada orang yang kita sayang, salah satunya dengan mengubah menjadi lebih baik. Dan ketika kamu benar-benar sayang terhadap seseorang, kamu akan selalu berusaha agar kamu berharga di mata orang yang kamu sayang.

Kamu akan berusaha untuk mencari cara agar kamu di persatukan dengan orang yang kalian sayang, saling memiliki selamanya. Dan akan berusaha untuk menjadi yang terbaik yang selalu menemaninya di segala kondisi, senang maupun sedih.

Karakteristik Cinta Secara Umum

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter
Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Meskipun banyak anggapan bahwa cinta sulit untuk didefinisikan, namun emosi dan perasaan mahluk hidup ini dapat dikenali dari karakteristiknya. Sesuai dengan penjelasan arti cinta di atas, adapun beberapa karakteristik cinta adalah sebagai berikut:

Ada Ketertarikan dan Kekaguman

Perasaan cinta sangat erat kaitannya dengan rasa ketertarikan dan kekaguman seseorang terhadap objek yang dicintai. Ketertarikan dan kekaguman tersebut dapat terjadi karena adanya kelebihan yang dimiliki oleh objek yang dicintai, misalnya kelebihan dari sisi sifat, fisik, kemampuan, atau kelebihan lainnya.

Ada Perasaan Bahagia

Mencintai dan dicintai dapat membuat seseorang menjadi bahagia. Meskipun tidak ada ukuran pastinya dan tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata, namun perasaan cinta dapat membuat seseorang menjadi bahagia dalam hidupnya.

Ada Welas Kasih

Ini adalah karakteristik cinta yang paling umum. Manusia yang cinta terhadapa sesuatu atau seseorang, di dalam hidupnya akan memiliki welas asih kepada objek yang dicintai.

Ada Kebaikan

Perasaan cinta pada umumnya akan membuat seseorang menjadi manusia yang lebih baik. Dalam hal ini, cinta akan membuat seseorang lebih baik dalam berbicara dan bersikap, serta lebih percaya diri.

Seperti yang pernah dikatakan oleh seorang filsuf Cina, Lao Tzu, cinta tanpa kebaikan itu tidak akan pernah ada.

Ada Pengorbanan

Pada umumnya, manusia yang mencintai suatu objek akan bersedia berkorban demi kebaikan objek yang dicintainya. Sebagai contoh, seorang ibu yang mencintai keluarganya rela berkorban bekerja keras membantu suaminya mencari nafkah agar keluarganya hidup berkecukupan.

Apa Itu Cinta Pertama

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter
Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Mungkin cinta pertama adalah sebuah kisah cinta yang sangat sulit untuk kita lupakan. Kisah ini menjadi pembuka kisah dari ribuah kisah cinta yang telah di alami seseorang. Maka dari itu cinta pertama adalah salah satu kisah yang susah untuk dilupakan.

Disini saya akan sedikit infomasi mengenai perbedaan cinta pertama dengan pacar pertama. Memang sekilas kedua hal ini tidak memiliki perbedaan. Akan tetapi jika diterusuri lebih dalam ada beberapa perbedaan dari dua hal ini, penesaran? Berikut perbedaan antara cinta pertama dan pacar pertama.

Cinta Pertama

  1. Seseorang yang telah mengubah hidup kalian menjadi aneh, sering bicara sendiri, senyum sendiri, ketawa sendiri, males makan dan hal aneh lainnya.
  2. Seseorang yang membuat kita bercermin untuk pertama kalinya.
  3. Seseorang yang membuat kita menjadi grogi, gugup, salting saat bertemu, ngeliat atau ngobrol dengannya.
  4. Seseorang yang membuat kalian untuk selalu tampil perfect ketika akan bertemu dengannya.
  5. Seseorang yang membuat detak jantung kita berdetak lebih cepat saat berasa di dekatnya, bersamanya.
  6. Seseorang yang sering kalian perhatikan walaupun ngelihatnya dari jarak yang jauh, karena kalo ngeliatnya dari deket nggak berani.
  7. Seseorang yang selalu hadir dalam pikiran kita, sehingga dia selalu terbayang dalam semua aktivitas yang kita lakukan. Dan parahnya dia sering terbayang saat akan tidur, sehingga dia membuat kita susah tidur.
  8. Seseorang yang bikin kamu nangis sampe seharian kalo dia jalan sama orang lain.
  9. Seseorang yang membuat kita merasa kangen ketika dia nggak berada dideket kita.

Pacar Pertama

  1. Seseorang yang pertama kali ngungkapin perasaan ke kamu, atau sebaliknya.
  2. Seseorang yang membuat ramai handphone kamu dengan chat nggak pentingnya, kadang-kadang bikin males juga. hehe
  3. Seseorang yang memanggil kalian dengan sebutan-sebutan alay seperti yang, beb, cintaku dan lain-lain.
  4. Seseorang yang sering ngajakin kamu keluar saat malem minggu, jalan-jalan, makan malam,dan maen ps. hehe
  5. Seseorang yang selalu ingin diprioritaskan dalam hidup kalian.
  6. Seseorang yang selalu melindungi atau ingin dilindungi oleh kalian.
  7. Seseorang yang selalu ngatur hidup kita, dengan aturan-aturan yang nggak jelas.
  8. Seseorang yang selalu cemburu saat kita deket sama temen cewe atau cowok, walaupun dia tahu mereka adalah temen kita.
  9. Seseorang yang selalu sms atau telfon setiap hari, tanpa mengenal hari libur. Hanya sedekar tanya “ada dimana, lagi apa, udah makan belom” dan pertanyaan sepele lainnya. hehe

Apa itu Cinta Bertepuk Sebelah Tangan?

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter
Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Seperti yang kita ketahui perasaan cinta kepada manusia tidak selalu berakhir dengan kisah senang, bahagia, happy. Akan tetapi dibalik rasa senang itu terselip rasa sedih di dalamnya, akan tetapi tidak banyak yang mengetahui ini.

Kebanyakan kita menggangap cinta kepada makhluk akan mendatangkan kesenangan, kebahagiaan, perhatian dan lain lain. Tanpa melihat lain sisi, padahal saat kita mencintai seseorang kita membuka dua perasaan masuk dalam diri kita, sedih dan senang.

Perasaan sedih yang kerap di alami oleh orang yang mencintai adalah cinta bertepuk sebelah tangan. Cinta bertepuk sebelah tangan yaitu ketika kita mencinta seseorang, akan tetapi orang yang kita cinta tidak suka dengan kita, bisa jadi mereka suka dengan orang lain.

Jika kalian pernah mengalami hal ini, pasti kalian mengetahui bagaimana rasanya berada di posisi ini. Ketika kita menginginkan dia bersama kita, tetapi dia malah menginginkan orang lain. Saran saya sih, kalo kalian berada di posisi ini cepetan move on deh, karena masih banyak ikan dilautan (masih banyak yang lain). hehe

Tapi kalo kalian benar-benar cinta kepada si dia, kalian harus tunjukkan cinta kalian kepada mereka. Bahwa di sampingnya ada orang yang selalu ada dan selalu menjadi yang terbaik untuk hidupnya.

Apa Itu Cinta Sejati

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter
Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Selain kata cinta, istilah cinta sejati juga tidak kalah populer dengan istilah cinta. Apa sih cinta sejati itu? Mungkin hal pertama yang muncul di otak kita, tentang cinta sejati adalah seseorang yang selalu ada di hidup kita.

Definisi diatas memang benar, akan tetapi menurut saya pribadi definisi yang paling tepat mengenai cinta sejati adalah cinta karena Allah dan Rasul-Nya. Karena mencintai ketika kita mencintai Allah dan Rasul-Nya, kita tidak akan merasakan sebuah kesedihan atau patah hati.

Dan kita dapat bertemu dengan orang yang kita cinta di dua alam, yaitu alam dunia dan alam akhirat. Jadi cinta sejati yang sebenarnya adalah sebuah rasa cinta yang tidak menyalahi aturan yang Allah tentukan.

Jenis-Jenis Cinta

Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter
Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter

Di dalam dunia psikologi disebutkan bahwa ada 8 jenis cinta pada diri manusia. Sesuai dengan arti cinta yang disebutkan di atas, adapun jenis-jenis cinta adalah sebagai berikut:

Cinta Agape

Cinta Agape adalah perasaan cinta terhadap Tuhan, alam, serta semua hal yang sifatnya spiritual dan altruistik. Menurut para ahli, mereka yang sering merasakan cinta Agape adalah orang-orang yang sangat perduli pada hal-hal spiritual.

Cinta Mania

Cinta Mania adalah perasaan cinta di dalam diri manusia yang berlebihan terhadap orang lain sehingga membuatnya menjadi posesif. Mereka yang merasakan cinta Mania ini pada umumnya akan merasa tidak berharga bila cintanya tidak terbalas atau ditinggalkan orang yang dicintainya.

Cinta Pragma

Cinta Pragma adalah cinta yang penuh kebijaksanaan dan kedewasaan dimana orientasinya adalah cinta yang serius ke arah pernikahan. Namun, cinta Pragma dianggap bukan cinta yang paling tulus dan membutuhkan proses, misalnya cinta yang timbul karena perjodohan.

Cinta Philautia

Cinta Philautia adalah perasaan cinta terhadap diri sendiri dan mengarah pada narsisme. Pada titik tertentu, cinta Philautia dapat membuat seseorang menjadi psikopat karena hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa perduli pada orang lain.

Cinta Storge

Cinta Storge adalah perasaan cinta terhadap keluarga dan kerabat terdekat. Jenis cinta ini termasuk cinta yang tulus karena tanpa syarat. Misalnya cinta seorang ibu kepada anaknya, cinta kepada orang tua, saudara, dan sanak keluarga.

Cinta Eros

Cinta Eros adalah perasaan cinta yang berdasarkan pada hawa nafsu manusia. Ciri-ciri cinta eros adalah adanya ketertarikan secara fisik dan perasaan ingin memiliki orang yang dicintai.

Cinta Philia

Cinta Philia adalah perasaan cinta yang timbul dalam hubungan persahabatan antar manusia. Jenis cinta ini terjadi bukan karena hawa nafsu namun karena adanya rasa percaya dan rasa persahabatan dengan orang tertentu.

Cinta Ludus

Cinta ludus adalah perasaan cinta seseorang terhadap orang lain tapi sifatnya hanya main-main tanpa ada komitmen. Ciri khusus orang yang merasakan cinta Ludus adalah sifat kekanak-kanakan dan suka memberikan rayuan gombal kepada orang yang dicintainya.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Pengertian CINTA : Definisi, Jenis, Ciri, Karakter. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang