Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat – Bagi sebagain orang, mungkin masih aneh mendengar kata buah plum, apalagi melihat bentuk dan rasanya. Namun bagi sebagian yang lain cukup populer karena manfaat buah plum itu sendiri.

Memang bagi masyarakat indonesia buah ini jarang sekali di temukan, tidak seperti buah buah yang lain. Buah plum merupakan buah yang di impor dari daratan eropa, jadi untuk dapat menikmati buah ini kita harus impor terlebih dahulu.

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat
Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

Buah Plum diyakini dapat menurunkan berat badan, maka sering dimanfaatkan sebagai buat untuk diet.

Jika dilihat dari warna buahnya, memang menggiurkan dengan rasanya yang segar. Nah bagi kalian yang belum tahu kandungan yang terdapat di buah ini adalah

  • vitamin A
  • magnesium
  • zat besi
  • kalium
  • vitamin C
  • vitamin B
  • vitamin K
  • serat
  • mineral
  • fenol serta beberapa kandungan lainnya

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat
Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

Plum atau dalam bahasa Indonesia bernama ‘prem’, termasuk keluarga Rosaceae, yang terdiri dari buah persik, aprikot, dan nectarine. 

Pohon buah satu ini memang jarang dijumpai di Indonesia, namun tetap bisa dibudidayakan di iklim tropis, selama tidak di daerah yang cukup kering.

Buah plum bisa dinikmati setelah matang. Buah ini juga bisa dikeringkan dan menjadi satu di antara camilan sehat.

Buah plum berukuran sedang, dengan bentuk bundar hingga agak oval. Rasanya manis, asam, dan berair dengan biji di dalamnya. Kulit buah plum bermacam-macam, ada yang hitam, keunguan, kemerahan, hingga kuning cerah.

Dapat Mencegah Kanker

Hampir sebagian besar kasus kematian yang di sebabkan oleh penyakit, kangker menjati 3 terbesar penyumbang penyebab kematian pada manusia. Sampai saat ini belum ada obat yang pasti bisa menyembuhkan kangker.

kandungan zat antosianin dan fitonutrien yang dapat menghentikan perkembangan sel-sel kanker tetapi tanpa membunuh sel-sel sehat di dalam tubuh kita.

Menjaga Sistem Imun Tubuh

Imun adalah satu sistem yang terdapat dalam tubuh guna menjadi barier atau penghalang segala jenis virus penyakit dalam tubuh kita. Jika sistem imun kita baik, maka semakin sehat juga kondisi dalam tubuh kita.

Dengan mengkonsumsi buah plum kita dapat menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Sehingga tidak mudah terkena penyakit atau virus. Kandungan Vitamin C yang tinggi menjadi salah satu sebab kenapa buah plum banyak di konsumsi oleh orang barat.

Mengurasi Resiko Terkena Diabetes

Diabetes meruapakan salah satu penyakit yang cukup banyak memakan korban jiwa. Memang ada sebagian pendapat bahwa gen sangan menentukan untuk terkena atau tidaknya penyakit ini. Namun kondisi sebenarnya, bagaimana kita mengatur pola hidup dan pola makan.

Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula seseorang menumpuk dalam tubuhnya karena tidak bisa di olah oleh sel. Hal tersebut dikarenakan rusaknya pabrik insulin yaitu pankreas. Banyak alternatif untuk memperkecil terkena diabetes, mungkin ada yang tahu manfaat daun bidara ? ternyata daun ini bisa digunakan untuk itu.

Nah salah satu cara yang tepat untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi buah plum. Kandungan hiperglikenik dalam buah plum bisa mengontrol kadar gula dalam darah. Menurut penelitian buah plum bisa mengontrol penyakit diabetes tipe 2.

Melindungi Dari Paparan Radikal Bebas

Dengan mobilitas yang sangat tinggi, apalagi kita yang bekerja dan beraktifitas di luar ruangan, sangat memungkinkan untuk terkena radikal bebas. Kondisi lingkungan yang semakin rusak memicu terjadinya radikal bebas, dan tidak menutup kemungkinan kita terkena.

Salah satu kegunaan dari buah plum ini adalah menangkal dari radikan bebas. Kandungan antioksidan dalam buah plum dapat menghalau serangan dari racun dan virus yang mau menyerang tubuh.

Melancarkan Pencernaan Tubuh

Dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Sebagai mana manfaat buah lain kandungan zat mineral dan vitaminnya dapat merangsang sismtem pencernaan lebih baik.

Selain itu dengan mengkonsumsi buah plum hitam, toxic atau racun racun yang terdapat dalam tubuh dapat dikeluarkan oleh kandungan yang terdapat dalam buah ini.

Cara Makan Buah Plum

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat
Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

Buah plum adalah salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Buah plum biasanya memiliki kulit berwarna biru, hitam, dan merah dengan warna daging buahnya yang cukup bervariasi mulai dari kuning keemasan hingga merah keunguan. Memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, buah plum ternyata dapat dikonsumsi dalam berbagai cara. Berikut adalah cara makan buah plum yang nikmat, sehat, dan mengenyangkan. 

Dimakan secara langsung

Salah satu cara makan buah plum yang paling mudah adalah memakannya secara langsung. Namun, pastikan Anda mencuci buah ini sampai benar-benar bersih sebelum mengonsumsinya. Sebab, di bagian kulit buah plum biasanya terdapat residu putih yang bentuknya menyerupai bedak dikenal dengan bloomMeski tidak membahayakan apabila tak sengaja memakan bloom saat mencicipi buah plum, alangkah baiknya Anda mencuci buah plum sampai bersih sebelum mengonsumsinya secara langsung.Kemudian, Anda bisa mengupas kulit buah plum terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya atau menikmatinya tanpa mengupas kulit. 

Diolah menjadi jus

Sama seperti jenis buah-buahan lainnya, cara makan buah plum bisa pula dengan mengolahnya menjadi minuman jus yang segar. Anda cukup menyiapkan beberapa buah plum segar. Kemudian, cuci sampai bersih dan potong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, tambahkan air secukupnya dan blender sampai halus. Jika ingin memberi rasa manis, sebaiknya hindari menambahkan gula pasir, melainkan gunakan bubuk kayu manis, vanili, atau madu agar tetap sehat untuk dikonsumsi. Anda bisa menambahkan beberapa buah es batu saat menyajikan jus buah plum agar semakin nikmat. Sebuah hasil penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi jus buah plum secara rutin dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki kadar kolesterol lebih rendah. 

Dijadikan smoothies

Selain diolah menjadi jus, buah plum juga dapat dijadikan sebagai smoothies. Anda bisa menambahkan potongan buah plum dengan blueberry atau jenis buah lainnya sesuai selera, yogurt, dan susu rendah lemak. Menyehatkan, bukan? 

Salad

Cara makan buah plum yang nikmat dan sehat berikutnya adalah mengolahnya menjadi salad buah. Anda bisa mengombinasikan buah plum dengan jenis buah-buahan lainnya, seperti apel, kiwi, anggur, dan stroberi. Caranya, cukup potong kecil-kecil buah plum dan buah-buahan lainnya, lalu masukkan ke dalam wadah mangkuk. Selanjutnya, lengkapi dengan dressing salad favorit Anda. Masukkan salad buah ke dalam kulkas, kemudian sajikan selagi dingin. 

Dimakan bersama yogurt atau madu

Jika Anda mendapat buah plum berukuran besar, potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, nikmati buah plum dengan mencocol yogurt rendah lemak atau madu sebagai “sausnya”. Cara makan buah plum yang menyenangkan satu ini cocok untuk diberikan pada buah hati Anda. 

Campur dengan sereal gandum

Oatmeal atau sereal gandum lainnya bisa dimakan dengan buah-buahan apa pun untuk memperkaya cita rasa, salah satunya dengan buah plum. Nah, Anda bisa mengkreasikan potongan buah plum dengan kacang almond, granola, oatmeal, atau sereal gandum lainnya sesuai selera Anda. 

Manfaat Buah Plum Hitam

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat
Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

Berikut 10 manfaat buah plum hitam untuk kesehatan:

  • Memperlancar peredaran darah.
  • Menjaga kesehatan rambut dan kulit.
  • Meningkatkan sistem imun.
  • Menjaga keseimbangan asam dan basa.
  • Menjaga tingkat kolesterol.
  • Untuk kesehatan mata.
  • Melancarkan pencernaan.
  • Mengurangi risiko diabetes.
  • Mengatasi osteoporosis.
  • Mencegah anemia.

Manfaat Buah Plum untuk Wajah

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat
Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

Berikut tujuh manfaat buah plum untuk wajah, alami dan aman:

  • Mencegah hiperpigmentasi.
  • Membantu mengurangi bekas jerawat.
  • Mencegah tumbuhnya jerawat.
  • Menutrisi kulit kering dan kasar.
  • Menjaga elastis kulit.
  • Mencegah tanda-tanda penuaan.
  • Meremajakan kulit.

Manfaat Buah Plum untuk Ibu Hamil

Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat
Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menghilangkan stres dan kelelahan
  • Mencegah sembelit dan wasir
  • Membantu penyerapan zat besi
  • Mencegah kelahiran prematur

Buah plum adalah salah satu buah yang paling berwarna karena warna kulit dan warna daging buahnya berbeda. Selain penampilannya yang menarik, buah ini juga enak dan bergizi.

Plum termasuk ke dalam varietas tanaman Prunus dan berada dalam keluarga yang sama dari buah persik, almond, dll. Meskipun belum dibudidayakan di Indonesia, tetapi buah ini mulai populer di sebagian masyarakat Indonesia.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Manfaat dan Khasiat Buah Plum Untuk Tubuh Sehat. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang