Download Kumpulan Gambar Kerja Arsitektur DWG AutoCAD

Download Kumpulan Gambar Kerja Arsitektur DWG AutoCAD

Download Kumpulan Gambar Kerja Arsitektur DWG AutoCAD – Bagi kamu yang sedang belajar arsitektur dan sekarang sedang menempuh kuliah jurusan Arsitektur, tentu harus banyak belajar tentang gambar kerja.

Menurut WIKIPEDIA :

Gambar teknis, juga dikenal sebagai gambar kerja, adalah disiplin akademis untuk menciptakan standar teknis gambar oleh arsitek , desainer interior , perancang , insinyur desain , dan profesional terkait. Standar dan konvensi untuk tata letak, ketebalan baris, ukuran teks, simbol, proyeksi melihat, geometri deskriptif, dimensi, dan notasi yang digunakan untuk membuat gambar yang idealnya ditafsirkan hanya satu cara.

Gambar kerja, secara gampang, adalah gambar acuan yang digunakan untuk merealisasikan antara ide ke dalam wujud fisik. Gambar kerja harus dipahami oleh semua personel yang terlibat dalam proses pembangunan fisik. Gambar kerja pun terdiri dari berbagai unsur, yang memuat informasi mengenai dimensi, bahan, dan warna.

Dalam prosesnya, kontraktor pelaksana lapangan akan meminta gambar kerja kepada arsitek untuk digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan proyek. Mulai dari nol, sampai finish. Gambar kerja akan membantu kontraktor untuk menciptakan wujud fisik sesuai dengan ide sang arsitek. Dengan bantuan gambar kerja, sang arsitek tidak perlu untuk mengawasi setiap detail dari semua unsur pembangunan, karena akan menyita waktu dan tidak efisien. Maka dari itu, gambar kerja harus bisa dibaca dan dipahami oleh kontraktor pelaksana.

Download Kumpulan Gambar Kerja Arsitektur DWG AutoCAD
Download Kumpulan Gambar Kerja Arsitektur DWG AutoCAD

Bagian Bagian Gambar Kerja Arsitektur

Gambar kerja arsitektur adalah hasil pengerjaan dari suatu proyek dimana itu berkaitan dengan suatu bangunan, gambar-gambar arsitektur terdiri dari beberapa bagian diantaranya :

Layout

Layout adalah Gambar Denah yang dilengkapi dengan lingkungan, jalan, dan bangunan di sekitarnya

Site Plan

Site plan adalah Tampak atas bangunan yang dilegkapi dengan lingkungan sekitarnya.

Kawasan

Kawasan adalah gambar Layout yang luasnya melebihi kota/desa/wilayah.

 Denah

Gambar denah adalah tampak atas bangunan yang terpotong secara horizontal setinggi 1m dari ketinggian 0.00 sebuah bangunan dengan bagian atas bangunan dibuang/dihilangkan.
Fungsi denah antara lain untuk menunjukkan:

  • Fungsi ruang
  • Susunan ruang
  • Sirkulasi ruang
  • Dimensi ruang
  • Letak pintu dan bukaan
  • Isi ruang
  • Fungsi utilitas ruang (air, listrik, AC, dll.) pada denah-denah tertentu

Pada gambar denah presentasi, biasanya bagian dinding yang terpotong hanya diblok dengan warna hitam, sementara kolom diberi warna putih untuk pembedaan.

Sedangkan, pada gambar teknik untuk pekerjaan lapangan, bagian yang terpotong tersebut perlu dilengkapi dengan notasi material sebagai pedoman pengerjaan. Untuk ketebalan, bagian yang terpotong digambar dengan garis yang lebih tebal.

Furnitur dalam ruangan, kecuali tingginya melebihi 1m dari level 0.00 yang ditentukan, digambar dengan garis yang lebih tipis.

Potongan

Gambar potongan merupakan Gambar dari suatu bangunan yang dipotong vertikal pada sisi yang ditentukan (tertera pada denah) dan memperlihatkan isi atau bagian dalam bangunan tersebut.
Fungsi potongan untuk menunjukkan:

  • Struktur bangunan
  • Dimensi tinggi ruang

Untuk kriteria penggambaran potongan kurang lebih sama dengan denah. Bagian yang terpotong digaris tebal dengan notasi material bila merupakan gambar kerja.

Ada juga yang disebut potongan ortogonal, yaitu gambar potongan yang berkesan tiga dimensi karena digambar dengan teknik gambar perspektif satu titik lenyap. Letak titiknya sendiri berada di tengah bangunan.

Tampak Bangunan

Gambar Tampak Bangunan merupakan wujud bangunan secara dua dimensi yang terlihat dari luar bangunan.
Fungsi gambar tampak antara lain untuk menunjukkan:

  • Dimensi bangunan
  • Proporsi
  • Gaya arsitektur
  • Warna dan material
  • Estetika

Karena digambar secara dua dimensi, pada gambar tampak kemungkinan akan ada beberapa bagian bangunan yang ukurannya menjadi tidak sesuai dengan ukuran yang sebenarnya (sesuai skala), yakni garis atau bidang yang tidak sejajar dengan bidang gambar.

Untuk arah pandang sendiri tidak tergantung pada suatu patokan yang pasti. Bisa jadi gambar tampak dinamai sesuai dengan arah mata angin (tampak utara, tampak timur, dll.) atau dinamai sesuai view tertentu seperti tampak dari danau, tampak dari jalan raya, dsb.

Selain itu bisa juga diberi nama tampak A, tampak B, dst. Sesuai keinginan dari sang arsitek yang ditentukan pada denah.

Detail Arsitektur

Detail dalam arsitektur lebih tertuju pada kualitas dan suasana dimana  konstruksi dan estetika dapat ditunjukkan secara serasi dan unik.

Perspektif

Pada semester awal perkuliahan arsitektur biasa mendapat perspektif secara manual tetapi setelah naik ke tingkat/jenjang yang lebih tinggi bisanya sudah menggunakan Komputer Grafis sebagai media perancangan.

Namun fungsi dari Gambar Perspektif sangat besar bagi seorang arsitek karena dapat memberikan inspirasi dalam perancangan. Perspektif merupakan proyeksi suatu benda (bangunan) dengan garis konvergen menuju ke sebuah titik pengamatan yang hasilnya hampir sama dengan pandangan manusia.

Karna letak dan bentuk objek yang berbeda, tinggi rendah jauh dekat pengamatan yang berbeda terjadi bermacam-macam prespektif.

  • Perspektif dengan satu titik hilang
  • Perspektif dengan dua titik hilang
  • Perspektif dengan tiga titik hilang
  • Perspektif bidang miring
  • Perspektif bayangan
  • Perspektif refleksi

Rencana Pondasi, Sloof dan detail

Gambar berisi informasi mengenai jenis pondasi meliputi ukuran lebar atas dan bawah, kedalaman, bahan dan susunan. Dalam prakteknya, jenis pondasi bisa berbeda-beda tergantung dari jenis bangunan dan keadaan tanah. Beberapa jenis pondasi akan saya ulas dalam halaman lain.

Sedangkan sloof adalah beton melintang yang berada pada atas pondasi (terkadang berdiri sendiri tergantung jenis pondasi), yang berfungsi sebagai pengikat kolom bagian bawah. Keberadaan sloof sangat penting untuk menjaga agar kolom tidak bergeser jika terjadi goyangan seperti gempa.

Rencana Balok Latai

Balok latai adalah balok beton yang berfungsi melindungi kusen pintu dan jendela dari beban tembok bata yang berada diatasnya. Balok latai melintang diatas kusen pintu/jendela dan terhubung antara kolom ke kolom. Hampir sama dengan ringbalk, namun dengan dimensi yang lebih kecil.

Potongan Bangunan

Yakni proyeksi bangunan yang dilihat dengan cara memotong bangunan dan melihatnya dari samping. Hal ini berfungsi untuk menunjukkan peletakan dan hubungan antar unsur bangunan. Terlebih lagi untuk mengetahui ketinggian levelling lantai, ketinggian plafon, ketinggian atap, dsb. Dengan potongan bangunan akan kelihatan bagaimana isi dari bangunan tersebut, mulai dari pondasi hingga atap. Gambar potongan bangunan sangat penting dalam proses pelaksanaan pembangunan.

Rencana Atap

Yakni gambar pemasangan rangka atap dan penutup atap. Bagaimana peletakan balok nok, gording, usuk, reng, talang, genteng dan kerpus, serta ukuran dan jarak. Begitu juga apabila rangka atap menggunakan baja ringan. Juga berisi tentang jenis penutup atap yang digunakan. Detail rencana atap biasanya berisi detail kuda-kuda (apabila menggunakan kuda-kuda), detail sambungan kayu, detail posisi dan bentk rangka apabila terdapat bentuk yang tidak konvensional.

Rencana Plafond

Yakni gambar pola plafond dan rangkanya. Jenis rangka yang digunakan, ukuran, jenis penutup plafond yang digunakan, grid rangka, juga apabila desain plafon menggunakan variasi naik turun (levelling). Grid rangka plafond tergantung jenis penutup plafond yang digunakan. Misal, penutup eternit menggunakan grid 1 x 1 m, sedang penutup gypsum menggunakan grid 60 x 60 cm. Begitu pula dengan penutup plafond lainnya.

Rencana Pola Lantai

Yaitu gambar rencana penutup lantai. Berisi tentang jenis material, grid dan ukuran, serta pola variasi yang akan digunakan.

Peletakan Pintu dan Jendela dan detail

Yaitu gambar rencana peletakan posisi pintu dan jendela di setiap ruangan. Peletakan pintu dan jendela disertai dengan detail keterangan mengenai ukuran tinggi-lebar-tebal (baik kusen dan daun), bahan yang digunakan, finishing, dan peletakannya.

Rencana Air Bersih, Sanitasi dan detail

Yaitu gambar yang menunjukkan segala hal yang berhubungan dengan pola pemipaan air bersih-air kotor-air tinja, tata letak sumur, septick tank, bak kontrol, dan sumur peresapan. Juga berisi tentang detail ukuran dan bahan pipa saluran, dimensi septick tank, bak kontrol, dan sumur peresapan.

Rencana Elektrikal dan Titik Lampu

Yaitu gambar yang menjelaskan segala hal tentang instalasi listrik dan AC. Berisi tentang jumlah, letak, dan saluran instalasi titik lampu, stop kontak, dan AC. Juga berisi informasi jumlah MCB dan pembagian daya, serta letak meteran listrik dan sekering/MCB. Dalam detail berisi informasi besaran daya lampu dan peralatan elektronik lainnya.

Download Kumpulan Gambar Kerja Arsitektur DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Kumpulan Gambar Kerja Arsitektur DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.