Download Gambar Perencanaan Pelabuhan DWG AutoCAD [LENGKAP]

Download Gambar Perencanaan Pelabuhan DWG AutoCAD [LENGKAP]

Download Gambar Perencanaan Pelabuhan DWG AutoCAD [LENGKAP]Pelabuhan adalah tempat yang terdiri dari daratan dan perairan disekitarnya dengan batas tertentu sebagai tempat kegiatan pemerintahan dan kegiatan ekonomi yang dipergunakan sebagai tempat kapal bersandar, berlabuh, naik turun penumpang dan/atau bongkar muat barang yang dilengkapi dengan fasilitas keselamatan pelayaran dan kegiatan penunjang pelabuhan serta sebagai tempat perpindahan intra dan antar moda transportasi.

Download Gambar Perencanaan Pelabuhan DWG AutoCAD [LENGKAP]
Download Gambar Perencanaan Pelabuhan DWG AutoCAD [LENGKAP]

Pengertian Secara Umum

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, atau danau untuk menerima kapal dan memindahkan barang kargo maupun penumpang ke dalamnya. Pelabuhan biasanya memiliki alat-alat yang dirancang khusus untuk memuat dan membongkar muatan kapal-kapal yang berlabuh. Crane dan gudang berpendingin juga disediakan oleh pihak pengelola maupun pihak swasta yang berkepentingan. Sering pula disekitarnya dibangun fasilitas penunjang seperti pengalengan dan pemrosesan barang.

Ditinjau dari sub sistem angkutan (Transport), maka pelabuhan adalah salah satu simpul dari mata rantai kelancaran angkutan muatan laut dan darat. Jadi secara umum pelabuhan adalah suatu daaerah perairan yang terlindung terhadap badai/ombak/arus, sehingga kapal dapat berputar (turning basin), bersandar/membuang sauh,sedemikian rupa sehingga bongkar muat atas barang dan perpindahan penumpang dapat dilaksanakan; guna mendukung fungsi-fungsi tersebut dibangun dermaga (piers or wharves), jalan, gudang, fasilitas penerangan, telekomunikasi dan sebagainya, sehingga fungsi pemindahan muatan dari/ke kapal yang bersandar di pelabuhan menuju pelabuhan selanjutnya dapat dilaksanakan.

Secara teknis pelabuhan adalah salah satu bagian dari Ilmu Bangunan Maritim, dimana padanya dimungkinkan kapal-kapal berlabuh atau bersandar dan kemudian dilakukan bongkar muat.

Fasilitas-Fasilitas Pelabuhan

Sesuai Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 70 tahun 1996 tentang Pelabuhan dalam Pasal 8 merupakan daerah yang digunakan untuk :

a. Fasilitas pokok pelabuhan yang meliputi :

  1. Perairan tempat labuh
  1. Kolam labuh
  2. Alih muat antar kapal
  3. Dermaga
  4. Terminal penumpang
  5. Pergudangan
  6. Lapangan penumpukan
  7. Terminal peti emas, curah cair, curah kering dan RO-RO
  8. Perkantoran untuk kegiatan pemerintahan dan pelayanan jasa
  9. Fasilitas bunker
  10. Instalasi air, listrik dan telekomonikasi
  11. Jaringan jalan dan rel kereta api
  12. Fasilitas pemadam kebakaran
  13. Tempat tunggu kendaraan bermotor

b. Fasilitas penunjang pelabuhan yang meliputi :

  1. Kawasan perkantoran untuk mengguna jasa pelabuhan;
  2. Sarana umum;
  3. Tempat penampungan limbah;
  4. Fasilitas pariwisata, pos, dan telekomunikasi;
  5. Fasilitas perhotelan dan restoran ;
  6. Areal pengembangan pelabuhan;
  7. Kawasan perdagangan;
  8. Kawasan industri.

Fasilitas bangunan pelabuhan adalah suluruh bangunan / konstruksi yang berada dalam daerah kerja suatu pelabuhan baik itu di darat maupun di laut yang merupakan saran pendukung guna memperlancar jalannya kegiatan yang ada dalam pelabuhan.

Download Gambar Perencanaan Pelabuhan DWG AutoCAD [LENGKAP]

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Gambar Perencanaan Pelabuhan DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:

Nih buat jajan

3 thoughts on “Download Gambar Perencanaan Pelabuhan DWG AutoCAD [LENGKAP]”

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang