Disable Ad Blocker

Silahkan Disable Ad Blocker

Download Gambar Desain RAMP LOADING DWG AutoCAD [LENGKAP]

/
/
/
138 Views

Download Gambar Desain RAMP LOADING DWG AutoCAD [LENGKAP] – Ramp adalah bidang miring yang di pasang sebagai pengganti tangga. Landai memungkinkan pengguna kursi roda, serta orang-orang yang mendorong kereta bayi, kereta, atau benda beroda lain, agar pengguna benda beroda lebih mudah untuk terakses kedalam sebuah bangunan.

Sebuah Ramp dapat bersifat permanen, semi permanen atau portabel. Ramp permanen dirancang untuk di baut atau di rekatkan pada tempatnya.

Ramp semi permanen di letakkan di atas tanah atau pad semen dan biasanya digunakan dalam jangka pendek.

Ramp permanen dan semi-permanen biasanya terbuat dari aluminium, beton atau kayu. Ramp aluminium lebih tahan lama dibandingkan ramp kayu dan dapat dipindahkan atau di konfigurasi ulang.

Download Gambar Desain RAMP LOADING DWG AutoCAD
Download Gambar Desain RAMP LOADING DWG AutoCAD

Ramp portabel biasanya terbuat dari aluminium dan dan dapat dilipat demi kemudahan transportasi.

Ramp portabel ditujukan untuk rumah dan bangunan, Setiap orang yang memiliki kursi roda atau Scooter setidaknya harus memiliki satu.

Ukurannya kecil, ringan dan kemampuan yang dapat di lipat Ramp portabel dapat di simpan dengan mudah di dalam mobil dan dapat di bawa kemana saja.

Portabel kursi roda landai memiliki berbagai macam kegunaan – untuk bangunan, rumah dan kendaraan.

Setiap orang yang memiliki kursi roda atau Scooter harus memiliki satu tersedia.

Ukuran kecil, ringan dan kemampuan lipat landai portabel membuat mereka menyimpan dengan baik di dalam mobil dan memungkinkan Anda untuk dengan mudah membawa mereka jarak yang wajar.

Jika Anda memiliki jalan portabel Anda sendiri, Anda dapat lebih mengontrol lingkungan Anda, dan biarkan diri Anda lebih kemerdekaan untuk pergi ke berbagai tempat yang Anda mungkin belum mampu untuk pergi dengan memungkinkan Anda untuk membuat tujuan dapat diakses non-cacat, mudah diakses.

Untuk membuat RAMP yang ideal dalam sebuah Gedung atau Rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  1. Parkir dalam sebuah basement Gedung atau Rumah, biasanya diperuntukkan untuk katagori mobil dalam Golongan I (Sedan, Minibus, Pick Up, Jeep, dan sejenisnya). Hampir tidak pernah basement digunakan untuk mobil Golongan diatasnya, kecuali kebutuhan khusus.
  2. Ketinggian antara RAMP dengan batas atas (Plafond atau palang) untuk mobil Golongan I ini minimal 230 meter (bersih), diluar perhitungan pipa-pipa utilitas, lampu dan lainnya. Dengan pertimbangan mobil jenis ini memiliki paling tinggi 220 meter. Perhitungan ketinggian pada ramp dihitung tegak lurus dengan kemiringan RAMP.
  3. Standar perhitungan kemiringan RAMP digunakan dengan menggunakan mobil jenis yang terendah tinggi dari dasar roda ke body paling rendah. Bila kita coba hitung, standar tinggi mobil jenis sedan terendah antara dasar ban dengan body adalah 13 cm dan standar sedan adalah 15 cm. Pertimbangan tinggi ini untuk mencari sudut tertinggi yang dimungkinkan agar body mobil tidak mengenai RAMP.
  4. Perhitungan juga harus mempertimbangkan jarak antar as Roda. Standar mobil sedan antara 2,8 meter sampai 3,2 meter. Sama seperti perhitungan tinggi body, jarak antar as roda juga dipergunakan untuk mencari sudut kemiringan.
  5. Terakhir, jarak antara as roda depan dengan bemper depan dan jarak antara as roda belakang dengan bamper belakang. Jarak bamper ke as roda ini diperlukan untuk perhitungan agar bamper depan dan belakang tidak mentok sewaktu naik dari basement atau mendarat ke basement.

Ini titik kritis ketiga, pastikan ketiga menaiki RAMP bamper mobil depan dan belakang tidak mentok atau menyentuh lantai dan RAMP.

Dalam perhitungan standar, maka akan ditemui bahwa RAMP ideal adalah dengan kemiringan 10 derajat. Dengan kemiringan tersebut, maka titik-titik kritis tersebut diatas akan mampu dilalui oleh mobil jenis sedan terendah (standar) dan mobil sedan dengan jarak bamper depan dan belakang yang panjang.

Standar dan aturan Ruang Parkir pada Gedung, Basement atau Bangunan Khusus Parkir

Perencanaan parkir dalam bangunan hendaknya memperhatikan standar dan aturan yang berlaku, hal ini untuk memudahkan fungsi dan menjamin keamanan serta kenyamanan pengguna parkir.

Ruang parkir memiliki beberapa syarat khusus agar dapat digunakan dengan baik sesuai standar yang disebutkan dalam Architect Data dan Aturan SNI. Berikut adalah beberapa poin aturan mengenai ruang parkir adalah sebagai berikut :

  • Tinggi minimum ruang bebas struktur (head room) untuk ruang parkir adalah 2,25 m.
  • Setiap lantai parkir harus memiliki sarana untuk sirkulasi horisontal dan atau sirkulasi vertikal untuk orang dengan ketentuan bahwa tangga spiral dilarang digunakan.
  • Lantai untuk ruang parkir yang luasnya mencapai 500 m2 atau lebih harus dilengkapi ramp naik dan turun masing-masing dua unit.
  • Bangunan parkir yang menggunakan ramp spiral, diperkenankan maksimal 5 lantai.
  • Lebar ramp lurus satu arah minimum 3,00 m dan untuk dua arah harus terdapat pemisah minimum selebar 0,50 m sehingga lebar minimum berjumlah 6,5 m.

Ketentuan ramp pada bangunan parkir

Merancang ramp pada basement sangat penting terutama untuk akses kendaraan, terlebih lagi basement sering dijadikan sebagai ruang parkir. Untuk itu kita juga harus memperhatikan sirkulasi vertikal dengan menggunakan ramp pada basement. Berikut adalah beberapa aturan dasar mengenai ramp di basement adalah sebagai berikut :

  • Kemiringan ramp lurus bagi jalan kendaraan pada bangunan parkir maksimal 1 berbanding 7.
  • Apabila lantai parkir mempunyai sudut kemiringan, maka sudut kemiringan tersebut maksimal 1 berbanding 20.
  • Pada ramp lurus jalan satu arah, lebar minimal 3 m dengan ruang bebas struktur di kanan kiri minimal 60 cm.
  • Pada ramp melingkar jalan satu arah, lebar jalan minimal 3,6 m dan untuk jalan dua arah lebar jalan minimal 7 m dengan pembatasan jalan lebar 50 cm, tinggi minimal
  • 10 cm.
  • Jari-jari tengah ramp melingkar minimal 9 m dihitung dari as jalan terdekat.
  • Setiap jalan pada ramp melingkar harus mempunyai ruang bebas 60 cm terhadap struktur bangunan.

Ketentuan tentang parkir basement

Untuk aturan ruang parkir di basement, maka akan menggabungkan 2 aturan sekaligus yaitu aturan tentang parkir dan tentang basement. Aturan merancang parkir di basement adalah sebagai berikut :

  • Perencanaan luas bangunan basement dan atau substruktur harus sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi batasan KTB dan KDH yang ditetapkan.
  • Bangunan parkir di basement wajib memenuhi ketentuan jarak bebas sebagaimana diatur dalam peraturan daerah ini.
  • Fasilitas yang harus disediakan pada parkir basement meliputi Ruang tunggu supir, toilet, mushola, kantin dan ruang lainya sesuai kebutuhan.

Download Gambar Desain RAMP LOADING DWG AutoCAD [LENGKAP]

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Gambar Desain RAMP LOADING DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:
Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Rp. 10.000
Terbantu Dengan Konten kami? Yuk Dukung Kami Klik Tombol Di Bawah
nih buat jajan