Download Gambar Desain Kolam Renang+Pergola+Pondasi DWG AutoCAD

Download Gambar Desain Kolam Renang+Pergola+Pondasi DWG AutoCAD

Download Gambar Desain Kolam Renang+Pergola+Pondasi DWG AutoCAD – Keberadaan kolam renang di rumah tidak hanya bermanfaat untuk menyalurkan hobi berenang anggota keluarga, tapi juga membuat hunian Anda terasa sejuk dan bernuansa alam. Pemandangan yang disajikan, seperti birunya air serta gemericik yang ditimbulkan, memberikan sensasi rileks pada mata Anda. Semakin menarik bila pemandangan lanskap di sekitarnya dapat ditangkap dari dalam rumah.

Sebelum merencanakan pembuatan kolam renang di rumah Anda, ada baiknya Anda cari tahu dulu ukuran kolam renang yang tepat untuk kebutuhan Anda dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam pembuatannya. Apabila konstruksinya buruk atau tidak tepat, akan menyebabkan biaya pemeliharaan yang tinggi pula di kemudian hari.

Download Gambar Desain Kolam Renang+Pergola+Pondasi DWG AutoCAD
Download Gambar Desain Kolam Renang+Pergola+Pondasi DWG AutoCAD

Langkah awal dalam membuat kolam renang ialah dengan mengidentifikasi ukuran dan bentuknya. Dengan begitu, Anda akan tahu dan bisa menentukan kolam renang seperti apa yang ingin dibangun. Seperti yang diketahui, banyak sekali ragam bentuk kolam renang yang bisa Anda pilih, mulai dari persegi panjang, grecian, oval, roman, lazy-L, dan true L. Dengan memahami dan melakukan pengukuran tersebut, Anda dan keluarga dapat mewujudkan kolam renang yang sesuai dengan kebutuhannya.

Selain untuk olahraga, ada banyak sekali manfaat yang Anda dapatkan dari memiliki kolam renang di dalam rumah. Kolam renang dapat dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi dan tempat berkumpul sanak keluarga. Dengan adanya kolam renang, sosialisasi saat ada pertemuan akan semakin lebih seru, apalagi untuk anak-anak. Selain itu, dengan adanya kolam renang juga bisa meningkatkan nilai jual rumah di masa mendatang.

Ukuran Kolam Renang

Ukuran Kolam Renang secara umum:

Ukuran Kolam Renang Rumahan

Untuk penggunaan pribadi di rumah, tentunya hal yang paling penting diperhatikan adalah ketersediaan lahan untuk membangun kolam renang. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan jumlah orang yang akan menggunakannya. Misalnya, apakah hanya untuk Anda sendiri atau untuk seluruh anggota keluarga.

Ukuran standar kolam renang pribadi adalah 3 x 7 meter dengan kedalaman 60 cm di bagian dangkal hingga 2,5 meter di bagian paling dalam. Jika Anda mempunyai lahan yang lebih luas, bisa juga membuat dengan ukuran 4 x 10 meter atau 5 x 12 meter. Ukuran ini ideal untuk kolam yang ada di luar ruangan.

Sementara bagi Anda yang memiliki ruang super terbatas, Anda mungkin bisa mengakalinya dengan merancangnya dalam bentuk lain. Misalnya, setengah lingkaran, L, persegi, lingkaran, dll. Jika digunakan sendirian, bisa juga buat dengan gaya lap pool, sehingga tidak terlalu lebar, misalnya 2 x 8 meter.

Ukuran Kolam Renang untuk Anak-anak

Kolam renang untuk anak-anak tentunya akan berukuran lebih kecil. Biasanya kolam anak tersedia dalam bentuk inflatable pool atau kolam karet yang diisi angin agar mengembang. Kolam seperti ini cocok untuk anak atau bahkan bayi yang belum bisa berenang. Anda cukup memompa kolam ini dengan udara, meletakkannya di halaman rumah lalu mengisinya dengan air.

Ukurannya sangat bervariasi. Paling kecil bisa 80 x 120 cm, sementara ukuran sedang sekitar 1,5 x 2 meter. Untuk kolam anak, yang lebih penting adalah kedalamannya. Idealnya kedalamannya hanya 60-80 cm, bisa lebih dangkal lagi jika untuk bayi, misalnya 30 cm. Memang kolam seperti ini fungsinya bukan untuk olahraga, tapi bermain atau berendam.

Ukuran Kolam Renang Publik

Kolam renang publik digunakan oleh lebih banyak orang sehingga ukurannya pun harus lebih besar. Umumnya kolam publik memiliki lebar minimal 5 meter dan panjang 25 meter. Sementara kedalamannya harus dibuat bervariasi, biasanya dimulai dari 1 hingga 4 meter.

Tidak jarang kita dapat menemukan lebih dari 1 jenis kolam di kolam publik. Biasanya kolam renang tersebut dibedakan berdasarkan kedalamannya, misalnya yang lebih dangkal untuk anak-anak; atau berdasarkan posisinya, seperti kolam renang indoor dan outdoor.

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional

Kolam renang jenis ini digunakan sebagai arena pertandingan olahraga akuatik dan memiliki standarnya sendiri. Di Indonesia sendiri, ukuran kolam renang nasional sebenarnya telah diatur dalam Permenpora nomor 0636 tahun 2014. Untuk kolam renang tipe B, yang digunakan dalam kejuaraan nasional, spesifikasinya adalah sebagai berikut:

Uraian Tipe B
Ukuran arena 50 m x 21 m
Kedalaman 1,35 m – 3 m
Lintasan 8
Suhu 25° C – 28° C

Ukuran Kolam Sauna

Untuk memaksimalkan relaksasi di rumah, ada juga jenis kolam sauna atau kolam rendam air panas. Kolam seperti ini fungsinya bukan untuk olahraga renang tapi untuk berendam. Ukurannya biasanya lebih kecil, sekitar 1,8 x 2 m. Ada juga yang berbentuk lingkaran dengan diameter 2 m. Satu kolam ini dapat memuat 4-6 orang dan biasanya berada di dekat kolam renang utama rumah.

Beberapa orang mungkin mengenal kolam jenis ini sebagai jacuzzi. Kolam ini dilengkapi dengan fitur jet yang menembakkan air bertekanan ke tubuh Anda untuk membuat otot tubuh lebih relaks dan memperlancar aliran darah.

Download Gambar Desain Kolam Renang+Pergola+Pondasi DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar Desain Kolam Renang+Pergola+Pondasi DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.