Download Gambar Desain Jalan Usaha Tani Desa DWG AutoCAD

Download Gambar Desain Jalan Usaha Tani Desa DWG AutoCAD

Download Gambar Desain Jalan Usaha Tani Desa DWG AutoCAD – Salah satu upaya untuk mengembangkan sektor pertanian adalah dengan meningkatkan dukungan infrastruktur pertanian yang memadai, di antaranya melalui pengembangan Jalan Usaha Tani (JUT).

Download Gambar Desain Jalan Usaha Tani Desa DWG AutoCAD
Download Gambar Desain Jalan Usaha Tani Desa DWG AutoCAD

Dengan adanya pengembangan JUT diharapkan dapat mendorong kelancaran distribusi pada kawasan pertanian. Namun di sisi lain, pengembangan JUT diindikasikan dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan nilai lahan di sekitarnya sehingga memicu perubahan guna lahan dari pertanian menjadi permukiman.

Aktivitas pertanian akan mampu berkesinambungan manakala sarana prasarana pendukung kegiatan dilahan usaha tani dapat terpenuhi. Dari beberapa sarana dan prasarana yang ada dilapangan salah satunya perbaikan jalan usaha (JUT); dan perbaikan jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT).

Untuk mendukung pembangunan pertanian di tingkat Desa tentu perhatian Kepala Desa sangat berpengaruh terhadap kegiatan-kegiatan di tingkat Desa yang perhatiannya dicurahkan ke sektor pertanian.

Dengan memperhatikan pertanian yaitu dengan menggunakan dana pembangunan Desa untuk berpartisipasi memperbaiki jalan usahatani (JUT) dan memperbaiki jaringan irigasi tingkat usaha tani (JITUT), sehingga warga Desa yang berprofesi sebagai petani mendapat perhatian dari Kepala Desa nya untuk bersama-sama membangun Desanya agar pembangunan pertanian mampu meningkatkan hasil usaha taninya sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang beraktivitas di sektor pertanian.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan belanja barang yangdiserahkan kepada masyarakat/pihak ketiga (Jalan Usaha Tani) ini adalah :

  • Untuk memperlancar pendistribusian bibit, pupuk serta saprodi ke lokasitanaman;
  • Untuk memperlancar akses mobilitas kegiatan pertanian;
  • Mempercepat pengiriman hasil panen ke masyarakat;
  • Menekan Alih Fungsi Lahan; serta
  • Meningkatkan jiwa bercocok tanam ke patani yang aktif dan pasif

Peranan infrastruktur pertanian dalam pembangunan pertanian semakin strategis dan penting, hal ini sangat berkaitan dengan upaya pencapaian sasaran program ketahanan pangan nasional.

Selain itu dukungan infrastruktur pertanian yang memadai seperti jalan sangat dibutuhkan guna menunjang pembangunan pertanian yang efisien.

Dengan adanya jalan pengangkutan sarana produksi pertanian ke lokasi kegiatan, demikian juga hasil pertanian ke tempat pengumpulan sementara, penyimpanan, pemrosesandan pemasaran menjadi lebih mudah dan murah sehingga usaha pertanian menjadi lebih efisien.

Infrastruktur pertanian khususnya jalan pertanian merupakan salah satu komponen dalam subsistem hulu yang diharapkan dapat mendukung subsistem usaha tani, subsistem pengolahan dan subsistem pemasaran hasil khususnya pada sentra-sentra produksi hortikultura, perkebunan dan peternakan rakyat.

Jalan pertanian merupakan unsur penting sebagai sarana infrastruktur dalam pengembangan pertanian dalam rangka peningkatan ketahanan pangan, pengembangan agribisnis dan peningkatan kesejahteraan petani.

Pada saat ini banyak lokasi lahan pertanian belum mempunyai / terdapat jalan pertanian yang memadai sehingga sangat menghambat masyarakat tani dalam berusaha tani di lahannya.

Oleh karena itu perlu pengembangan jalan pertanian dengan pengertian sebagai pembangunan baru, peningkatan kapasitas atau rehabilitasi jalan pertanian agar memenuhi standar teknis untuk dilalui kendaraan yang mengangkut sarana produksi pertanian, hasil pertanian dan alat mesin pertanian.

Jalan pertanian adalah jalan produksi atau jalan usaha tani yang merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (hortikultura, perkebunan dan peternakan rakyat) untuk memperlancar mobilitas alat mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan atau pasar.

Spesifikasi dan dimensi komponen jalan pertanian (bahu jalan, badan jalan, saluran drainase, gorong-gorong, jembatan dll) disesuaikan dengan kebutuhan lapangan, dan aspirasi petani melalui musyawarah kelompok tani atau rembug desa dan dituangkan dalam desain sederhana.

Download Gambar Desain Jalan Usaha Tani Desa DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Gambar Desain Jalan Usaha Tani Desa DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.