Download Gambar Box Culvert untuk Irigasi Bendungan DWG AutoCAD

Download Gambar Box Culvert untuk Irigasi Bendungan DWG AutoCAD

Download Gambar Box Culvert untuk Irigasi Bendungan DWG AutoCAD – Beton precast atau beton pracetak menjadi salah satu material konstruksi yang banyak digemari dan sering digunakan karena berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Selain itu, adanya beragam bentuk dan jenis beton pracetak membuatnya dapat digunakan dengan lebih efisien dalam proses konstruksi.

Apa Itu Box Culvert ?

Download Gambar Box Culvert untuk Irigasi Bendungan DWG AutoCAD
Download Gambar Box Culvert untuk Irigasi Bendungan DWG AutoCAD

Box culvert adalah salah satu jenis beton precast yang sering digunakan pada konstruksi saluran air, sehingga kerap disebut juga dengan gorong-gorong.

Sesuai dengan namanya, box culvert adalah beton precast yang berbentuk persegi atau kotak dengan ukuran yang sudah ditentukan.

Namun bukan hanya persegi, box culvert pun dapat berbentuk trapesium atau bahkan bulat tergantung dengan kebutuhan.

Terdapat beberapa ukuran dan dimensi yang menjadi standar pabrik dengan menyesuaikan dengan perkiraan debit air yang mengalir.

Bahan pembuatan box culvert adalah baja, chlorida (PVC), polyvinyl, atau bahan pembuatan beton pada umumnya yaitu semen, pasir, dan lain sebagainya.

Bentuk dari box culvert yang persegi memiliki sambungan di setiap sisinya untuk dipasang dengan box culvert lainnya. Sambungan tersebut adalah sambungan socket dan spigot yang berbentuk seperti pipa.

Kedua sambungan ini, terutama sambungan spigot, bersifat kedap air sehingga sangat cocok untuk konstruksi pengairan.

Metode pemasangan box culvert pun cenderung mudah, terutama jika dibandingkan dengan beton cor di tempat.

Pertama tentunya lahan harus digali sesuai dengan keperluan dan dilakukan pelapisan tanah dengan material yang tidak kasar.

Hal ini agar tidak merusak box culvert itu sendiri, sekaligus menghindari pergeseran tanah yang mungkin saja terjadi.

Setelah itu tinggal dilakukan pemasangan box culvert pada bagian yang telah dilapisi, dengan berbentuk baris yang rapi setiap box-nya.

Pemasangan ini perlu dilakukan secara hati-hati menggunakan alat berat agar sesuai dengan ketinggian, kelurusan, hingga kemiringannya.

Jika box culvert sudah terpasang, proses konstruksi selanjutnya adalah melakukan penyambungan antar box lalu mengurug permukaannya kembali.

Manfaat Dan Fungsi Box Culvert

Terdapat banyak fungsi yang dihasilkan dari box culvert ini, namun secara garis besar terangkum menjadi tiga.

Berikut adalah fungsi box culvert dalam penerapannya pada proses konstruksi :

Box culvert berfungsi sebagai material konstruksi bawah tanah

Yang Pertama, fungsi box culvert adalah material ini digunakan dalam proses konstruksi bawah tanah, bukan hanya bisa digunakan menjadi saluran air atau drainase saja.

Box culvert juga bisa digunakan sebagai gorong-gorong kereta api, jembatan, terowongan, dan lain sebagainya.

Namun yang perlu diperhatikan adalah penerapan box culvert ini dikhususkan untuk konstruksi yang lebih pendek, seperti jembatan pendek dan terowongan pendek.

Kedap terhadap air tanah

Fungsi yang kedua dari box culvert adalah sifatnya yang kedap terhadap air tanah sehingga sangat cocok digunakan pada konstruksi bawah tanah, terutama saluran air.

Seperti yang telah diulas sebelumnya, pada box culvert terdapat dua jenis sambungan yaitu sambungan socket dan spigot.

Kedua sambungan ini yang berperan menjaga posisi box culvert agar tetap menyatu setiap sisinya dan tidak terpengaruh atas pergeseran tanah.

Mempercepat proses konstruksi

Ketiga, fungsi box culvert adalah mempercepat proses konstruksi secara keseluruhan karena pemasangannya yang mudah dan cepat.

Hal ini sesuai dengan yang telah diuraikan sebelumnya bahwa pemasangan dan penggunaan box culvert ini cukup simpel yang tentunya menghemat waktu konstruksi.

Terlebih lagi jika dibandingkan dengan proses pengecoran box secara manual yang selain memakan waktu, juga dapat mengganggu lingkungan sekitar.

Download Gambar Box Culvert untuk Irigasi Bendungan DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
Semoga artikel mengenai Download Gambar Box Culvert untuk Irigasi Bendungan DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.