Disable Ad Blocker

Silahkan Disable Ad Blocker

Download Gambar Bangunan Talang Irigasi Bendungan DWG AutoCAD

/
/
/
198 Views

Download Gambar Bangunan Talang Irigasi Bendungan DWG AutoCAD – Talang dipakai untuk mengalirkan air irigasi lewat diatas saluran lainnya, saluran pembuang alamiah atau cekungan dan lembah-lembah. Aliran didalam talang adalah aliran bebas.

Download Gambar Bangunan Talang Irigasi Bendungan DWG AutoCAD
Download Gambar Bangunan Talang Irigasi Bendungan DWG AutoCAD

Pengertian Talang

Talang adalah saluran buatan yang dibuat dari pasangan beton bertulang , kayu atau baja maupun beton ferrocement , didalamnya air mengalir dengan permukaan bebas, dibuat melintas lembah dengan panjang tertentu (umumnya dibawah 100 m ) , saluran pembuang, sungai, jalan atau rel kereta api,dan sebagainya.

Dan saluran talang minimum ditopang oleh 2 (dua ) pilar atau lebih dari konstruksi pasangan batu untuk tinggi kurang 3 meter ( beton bertulang pertimbangan biaya ) dan konstruksi pilar dengan beton bertulang untuk tinggi lebih 3 meter.

Potongan melintang Talang yaitu

Potongan melintang bangunan tersebut ditentukan oleh nilai banding b/h, dimana b adalah lebar bangunan dan h adalah kedalaman air. Nilai-nilai banding berkisar antara 1 sampai 3 yang menghasilkan potongan melintang hidrolis yang lebih ekonomis.

Kecepatan yang dipakai di dalam perencanaan Talang

Kecepatan di dalam bangunan lebih tinggi daripada kecepatan dipotongan saluran biasa. Tetapi, kemiringan dan kecepatan dipilih sedemikian rupa sehingga tidak akan terjadi kecepatan superkritis atau mendekati kritis, karena aliran cenderung sangat tidak stabil. Untuk nilai banding potongan melintang pada pasal 5.6.1, ini memberikan kemiringan maksimum I = 0,002.

Tinggi jagaan untuk air yang mengalir pada talang

Tinggi jagaan untuk air yang mengalir dalam talang atau flum didasarkan pada debit, kecepatan dan faktor-faktor lain. Harga-harga tinggi jagaan dapat diambil dari KP – 03 Saluran, pasal 4.3.6 Saluran Pasangan.

Untuk talang yang melintas sungai atau pembuang, harus dipakai harga-harga ruang bebas berikut:

– Pembuang intern Q5 + 0,50 m

– Pembuang ekstern Q25 + 1,00 m

– Sungai: Q25 + ruang bebas bergantung kepada keputusan perencana, tapi tidak kurang dari 1,50 m. Perencana akan mendasarkan pilihannya pada karakteristik sungai yang akan dilintasi, seperti kemiringan, benda – benda hanyut, agradasi atau degradasi.

Penentuan tempat talang irigasi

Penentuan tempat talang ditentukan oleh kegunaannya untuk mengalirkan air pada saluran irigasi dan meneruskan air irigasi yang terhalang oleh sungai. Talang dapat ditempatkan  pada sungai dan disamping jembatan guna untuk membawa air ke lahan daerah irigasi.

Download Gambar Bangunan Talang Irigasi Bendungan DWG AutoCAD

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Gambar Bangunan Talang Irigasi Bendungan DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:
Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Rp. 10.000
Terbantu Dengan Konten kami? Yuk Dukung Kami Klik Tombol Di Bawah
nih buat jajan