Download Ebook Pembangkit Listrik Tenaga Air (Teknik Sipil)

Download Ebook Pembangkit Listrik Tenaga Air (Teknik Sipil)

Download Ebook Pembangkit Listrik Tenaga Air (Teknik Sipil) – Pembangkit Listrik Tenaga Air atau yang biasa disebut PLTA merupakan, salah satu pembangkit listrik yang memanfaatkan aliran air untuk diubah menjadi sebutah energi listrik.

Pembangkit listrik tenaga air ini, bekerja dengan cara merubah energi air yang mengalir (dari air terjun atau bendungan) menjadi sebuah energi mekanik (dengan menggunakan bantuan turbin air). Kemudian dari energi mekanik tersebut, dirubah menjadi energi listrik (dengan menggunakan bantuan generator).

Selanjutnya energi listrik yang dihasilkan tersebut dialirkan melewati jaringan-jaringan yang telah dibuat, hingga akhirnya energi listrik dapat sampai ke rumah-rumah warga.

Download Ebook Pembangkit Listrik Tenaga Air (Teknik Sipil)
Download Ebook Pembangkit Listrik Tenaga Air (Teknik Sipil)

PRINSIP KERJA PLTA

Pembangkit listrik tenaga air atau yang biasa disebut PLTA adalah, pembangkit tenaga listrik yang mengubah energi potensi air (energi gravitasi air) menjadi energi listrik.

Kemudian mesin penggerak yang umum digunakan adalah turbin air, yang dimana mesin tersebut mengubah energi potensial air menjadi kerja mekanis poros yang akan memutar rotor generator untuk dapat menghasilkan energi listrik.

Air yang digunakan sebagai bahan dasar PLTA bisa didapatkan dari air terjung, waduk, atau sungai kemudian langsung disalurkan untuk memutar turbin.

Selain itu bisa juga dengan menggunakan cara ditampung terlebih dahulu (bersamaan dengan air hujan) dengan menggunakan kolam tandon atau waduk sebelum disalurkan untuk memutar turbin.

Sementara daya listrik yang dibangkitkan bisa dihitung menggunakan pendekatan rumus:

Ρ = k . η . H . q . [kW]

Dimana:

  • P = Daya yang dihasilkan [kW]
  • H = tinggi air terjun (meter)
  • q = Debit air [m³/detik]
  • η = Efesiensi turbin bersama generator
  • k = Konstanta

Selanjutnya perencanaan dalam pengoperasian PLTA yang dilakukan berdasarkan pada kondisi hydrologi yang meliputi:

  • Tahun Basa Sekali
  • Tahun Basah
  • Tahun Normal
  • Tahun Kering
  • Tahun Kering Sekali

Supaya bisa mendapatkan hasil yang optimum dan memudahkan dalam perencanaan operasional tahunan, maka dalam perencanaan operasi dilakukan berdasarkan pada kondisi hydrologi tahun normal dan tahun kering. Kemudian dilakukan penyesuaian disetiap bulan berdasarkan kondisi air masuk.

Dikarenakan Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan yang biasa dimulai bulan November s.d Maret, kemudian musim kemarau pada bulan April s.d Oktober. Maka kondisi tersebut dimanfaatkan untuk proses pengisian dan penggunaan air.

MACAM-MACAM PLTA

PLTA Dengan Waduk (RESERVOIR)

Air sungai yang dialirkan ke kolam melalui saluran terbuka ataupun tertutup dengan cara disaring terlebih dahulu, kemudian ditampung di suatu kolam yang berfungsi sebagai:

  • Mengendapkan Pasir
  • Mengendapkan Lumpur
  • Sebagai Waduk (Reservoir)

Air yang didapatkan dari satu atau beberapa sungai, ditampung di suatu tempat (waduk) untuk bisa mendapatkan ketinggian tertentu dengan cara dibendung.

Kemudian air dari waduk tersebut dialirkan melalui saluran terbuka, melewati pintu air ke saluran tertutup, yang kemudian melalui pipa pesat menggerakan turbin untuk membangkitkan tenaga listrik.

2. PLTA Aliran Danau

Sumber air untuk PLTA ini membutuhkan sebuah danau yang potensinya cukup besar. Sedangkan untuk pengambilan air yang masuk ke PLTA ini dilakukan dengan cara:

  • Pembuatan bendungan yang memiliki fungsi sebagai pelimpas yang berlokasi pada bibir sungai.
  • Perubahan duga muka air atau DMA + 4 meter
  • Intake

3. PLTA Mikrohidro 

Pembangkit listrik yang satu ini, merupakan pembangkit listrik dengan skala kecil yang menggunakan tenaga air sebagai penggerak utama seperti sungai, saluran irigrasi, ataupun air terjun alam dengan cara memanfaatkan tinggi terjunan (head) dan jumlah debit air.

Mikrohidro adalah sebuah istilah yang terdiri dari kata mikro yang berarti kecil dan hidro yang berarti air.

Adapun komponen-komponen mikrohidro adalah sebagai berikut:

  • Air: Sebagai sumber energi.
  • Turbin: Mengkonversi energi dari aliran air menjadi energi putaran mekanis.
  • Generator: Menghasilkan listrik dari putaran mekanis.
  • Headrace (saluran pembawa): Bertujuan mengikuti kontur dari sisi bukit untuk menjaga levasi dari air yang disalurkan.
  • Panel kontrol : Berfungsi sebagai penyetabil (menstabilkan) tegangan.
  • Kincir air: Berfungsi sebagai penggerak dinam.

Prinsip dasar dari PLTA mikrohidro adalah, memanfaatkan energi potensial yang dimiliki oleh aliran air pada jarak ketinggian terntenu dari tempat instalasi pembangkit listrik.

Di dalam skema mikrohidro membutuhkan dua hal yaitu, debit air dan tinggi terjunan (head) untuk bisa menghasilkan tenaga yang dapat dimanfaatkan. Hal ini merupakan sebuah sistem konversi energi dari bentuk ketinggian dan aliran (energi potensial) ke dalam bentuk energi mekanik dan energi listrik.

Download Ebook Pembangkit Listrik Tenaga Air (Teknik Sipil)

DAFTAR ISI

Bab I TENAGA AIR
Pendahuluan. Sumber-sumber Energi. Tingkat Pemanfaatan Tenaga di Dunia. Tenaga Air. Tempat Listrik Tenaga Air dalam Sistem Tenaga. Tegangan Transmisi dan PLTA. Taksiran Potensi Tenaga Air.

Bab 2 HIDROLOGI UMUM
Umum. Hidrologi dan Hidrometeorologi. Cabang-cabang Hidrologi. Daur Hidrologi Sebagai Suatu Sistem. Daur Hidrologi. Persamaan Hidrologis. Peresapan. Penguapan. Aliran Sungai. Hidrologi Stokastik. Contoh Ilustrasi.

Bab 3 PRESIPITASI
Pendahuluan. Kejadian dan Penyebab Terjadinya Presipitasi. Pengukuran Curah Hujan. Interpretasi Data Hujan. Penyajian Data Curah Hujan Secara Grafis. Presipitasi Maksimum. Pola Curah Hutan di India. Contoh llustrasi.

Bab 4 LIMPASAN DAN ALIRAN SUNGAI
Proses Limpasan. Analisis Aliran Sungai. Hidrograf. Lengkung Masa. Lengkung Jujuh Aliran. Hubungan Curah Hujan-Limpasan. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Limpasan. Perkiraan Limpasan. Metode Perkiraan Limpasan. Analisis Aliran Rendah. Limpasan Banjir. Metode Hidrograf Satuan. Contoh Ilustrasi.

Bab 5 BEBAN LISTRIK PADA TURBIN AIR
Umum. Lengkung Beban. Faktor Beban. Faktor Kapasitas. Faktor Kegunaan. Faktor Keragaman Lengkung Jujuh Beban. Tenaga Tetap. Tenaga Sekunder. Ramalan Beban. Contoh llustrasi.

Bab 6 TIPE.TIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR-I
(Pembangkit dengan Tekanan Air Tinggi dan Rendah)
Klasifikasi Pembangkit Listrik Tenaga Air. Pembangkit Listrik Pada Aliran Sungai. Susunan Umum Pembangkit Listrik Tenaga Aliran Sungai. Bendungan Pembangkit Tenaga Listrik di Lembah. Proyek Saluran Pengalih Aliran. Pusat Pembangkit Tenaga Pengalih Aliran Berkepala Tinggi. Penyimpanan dan Kolam. Contoh Ilustrasi.

Bab 7 TIPE.TIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA
(Pembangkit Listrik Tenaga Pompa)
Perencanaan Dasar. Sejarah Pengembanganny. Keuntungan Pembangkit Listrik Tenaga Pompa. Tipe-tipe Pembangkitt Listrik Tenaga Pompa. Faedah Relatif Dua Unit dan Tiga Unit Pengaturan. Pengaturan Tiga Kesatuan. Pembalikan Tenaga Listrik Pompa Turbin. Masalahmasalah Operasi. Tofografi. Cadangan-cadangan dan Angkutan Air. Rumah Tenaga Listrik. Efisiensi dari Pembangkit Listrik Tenaga Pompa. Contoh Ilustrasi’

Bab 8 BENDUNGAN
Umum. Sejarahnya. Fungsi Sebuah Bendungan. Klasifikasi dari Bendungan. Pemilihan Tempat dan Pemilihan Bendungan. Bobot,Gaya Berat Bendungan. Bendungan-bendungan Tanggul Pada Umumnya. Bendungan Lengkung. Bendungan Bertiang Penopang. Keamanan Bendungan. Contoh Ilustrasi.

Bab 9 PELIMPAH
Umum. Tipe-tipe Pelimpah. Pintu-flntu Pelimpah. Pintu-pintu tidak Otomatis. Pintu-pintu Otomatis. Pintu Air Bendungan. Peredaman Energi di Hilir Pelimpah. Contoh

Bab 10 PENGANGKUT AIR-I
(Batang Pipa dan Perlengkapannya)
Umum. Klasifikasi Batang Pipa. Kriteria perencanaan Batang Pipa. Diameter Ekonomis Batang Pipa. Balok Jangkar. Katup Pipa Saluran. Jenis Katup. Bengkokan dan Pipa Bermulut Banyak. Contoh Ilustrasi.

Bab ll PENGANGKUT AIR-II
(Pukulan dan Gelombang Air)
Pendahuluan. Pukulan Air. Gema dalam Tabung Pipa. Gelombang-gelombang Saluran. Tangki-tangki Gelombang. Contoh llustrasi.

Bab 12 PENGANGKUT AIR-III
(Tempat-tempat Pengambilan, Saluran-saluran, Terowongan-terowongan)
Tempat-tempat Pengambilan Air. Jenis-jenis Bangunan Pemasukan. Kehilangan-kehilangan dalam pengambilan. Perjalanan Udara pada Pengambilan. Pemasukan Udara. Saluran-saluran Air. Forebay. Terowongan-terowongan.

Bab 13 TURBIN-TURBIN
Pendahuluan, Jenis-jenis Turbin Utama. .Segi-segi Hidraulik. UkuranTiiibin. Segi-segi Konstruksi dari pada Turbin. Susunan Tata Letak. Turbin Hidraulik. Segitiga-segitiga Kecepatan dan Nomenklatur. Persamaan-persamaan Aliran Dasar. Tube-tube Sementara. Turbin Kapitasi. Pengaturan Turbin. Uji Model Turbin. Karakteristik dari Turbin. Contoh Ilustrasi.

Bab 14 PERALATAN LISTRIK DAN MEKANIK
Umum. Dinamo/Generator. Pembentukan. Penyegaran, Pendinginan dan Pelumasan. Transformator. Alat-alat Penghubung dan Pembagi. Perlengkapan Kamar Pengontrol. Perlengkapan Mekanik. Perpindahan dari Listrik Mesin.

Bab 15 PERENCANAAN STASIUN TENAGA AIR
Umum. A. Siasiun Tenaga Air di Atas Permukaan Tanah. Struktur Stasiun Tenaga Air. Dimensi Stasiun Tenaga Air. Penerangan dan Ventilasi. Variasi dalam Perencanaan Stasiun Tenaga. B. Stasiun Tenaga air di Bawah Tanah. Umum. Latar-Belakang. Lokasi Stasiun Tenaga di Bawah Tanah. Jenis Stasiun Pembangkit Tenaga di Bawah Tanah’ Keuntungan Pembangkit Tenaga di Bawah Tanah’ Komponen Pembangkit Tenaga di Bawah Tanah’ Tipe-tipe Baian. Keterbatasan Pembangkit Tenaga Bawah Tanah’ Peirencanaan Struktural Bangunan Pembangkit Tenaga’

Bab 16 TENAGA LISTRIK SEHUBUNGAN DENGAN AIR PASANG
Terjadinya Air Pasang. Tenaga Listrik Sehubungan dengan Air Pasang-Prinsip Dasar. Sejarah Perkembangan. Lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Air Pasang. Kesulitan pada Pembangkit Tenaga Air Pasang. Komponen Pembangkit Listrik Tenaga Air Pasang. Model Pembangkit Tenaga. Susunan Kolam Tunggal. Sistem Kolam Ganda. Kerjasama Sistem Kolam Ganda. Aspek Bangunan. Perkiraan Energi dan Tenaga. Pengaturan Produksi Tenaga. Kontrol Kerusakan dan Kualitas Beton. Studi Kelayakan. Kawasan Tenaga Air Pasang yang Berpengharapan. Contoh Ilustrasi.

Bab 17 BEBERAPA PROYEK PEMBANGKIT LISTRIK
TENAGA AIR YANG KHAS
Pengantar. Proyek Beas. Proyek Bendun_gan Tarbela. Proyek Bendungan Lengkung Iddiki. Proyek Air Pasang Rance. Proyek Waduk Pompa Revin.

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download Ebook Pembangkit Listrik Tenaga Air (Teknik Sipil), bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.