Download 1000+ Furniture AutoCAD Drawing BLocks Terlengkap Tipe DWG

Download 1000+ Furniture AutoCAD Drawing BLocks Terlengkap Tipe DWG

Download 1000+ Furniture AutoCAD Drawing BLocks Terlengkap Tipe DWG – Block merupakan sekumpulan objek yang digabungkan dalam satu map dengan satu nama objek yang sama. Dengan block, drafter dapat menggunakan objek yang sama untuk gambar yang berbeda tanpa harus membuat objek tersebut berkali-kali.

Meski terkesan simpel, block pada AutoCAD ternyata cukup berperan penting dalam efisiensi kerja para drafter. Namun, kegunaannya sering kali terabaikan oleh sebagian besar pengguna. Padahal, block AutoCAD ini punya sejumlah fungsi lain yang tak kalah penting dari command lanjutan lain.

Download 1000+ Furniture AutoCAD Drawing BLocks Terlengkap Tipe DWG
Download 1000+ Furniture AutoCAD Drawing BLocks Terlengkap Tipe DWG

Fungsi AutoCAD Drawing Blocks

1. Mengurangi pengulangan dalam pengerjaan gambar

Kegunaan block yang paling mendasar adalah menyediakan konten atau objek yang dapat digunakan berkali-kali dalam proses menggambar. Anda dapat membuat block satu kali saja dan menggunakannya berulang-ulang tanpa harus membuat block baru di dokumen gambar yang baru ataupun yang sedang digunakan.

Anda memang dapat mengopi objek untuk digunakan kembali di gambar yang baru. Namun, biasanya salin-tempel objek tidak dapat bekerja secara efektif pada gambar dengan tingkat kerumitan tinggi. Dengan membuat block, Anda dapat lebih mudah memodifikasi objek yang ingin digunakan kembali. Tanpa block, Anda mungkin perlu melakukan perubahan menyeluruh jika terjadi eror saat mengopi objek ke dokumen gambar.

2.  Memperkecil ukuran file gambar

Jika Anda menggunakan block yang rumit dalam satu file gambar, AutoCAD akan melakukan definisi secara otomatis hanya pada aspek gambar utama seperti layer, line, serta objek solid. AutoCAD akan mengabaikan rincian data objek geometris. Semakin rumit block yang dibuat, ukuran file dapat semakin diperkecil.

Gambar juga dapat diperkecil secara manual menggunakan fungsi command WBLOCK. Caranya, ketik WBLOCK pada kolom command, pilih opsi Entire Drawing, klik tombol lokasi yang terdapat di bagian kanan bawah untuk menyimpan file dan memilih lokasi penyimpanannya. Selanjutnya, kilk OK.

3.  Menyederhanakan block library

Selain block yang sudah kita tahu, ada satu lagi kategori block yang mampu membantu produktivitas drafter, yakni dynamic blocks. Pada tahun 2006, Fitur dynamic block pertama kali diperkenalkan di AutoCAD. Dynamic block berfungsi sebagai acuan untuk mengubah tampilan block saat dimasukkan ke dalam gambar.

Dengan fitur ini, Anda dapat memasukkan satu block yang dapat mengubah ukuran, bentuk, serta konfigurasi. Adanya dynamic block ini tentu dapat menyederhanakan proses manual yang mengharuskan pengguna memasukkan definisi block statis satu per satu yang jumlahnya kadang terlalu banyak.

4.  Menyederhanakan pembuatan laporan

Atribut sering digunakan untuk menyimpan informasi elemen pada gambar. Dynamic block pun dapat digunakan sebagai informasi yang dapat dimasukkan ke dalam laporan. Dengan dynamic blocks, Anda tak perlu memasukkan atribut berkali-kali, yang tak hanya merepotkan tapi juga bisa membuat laporan jadi kurang tertata. Bisa dikatakan, dynamic block ini fungsinya mirip WinRAR. Anda dapat mengarsipkan sejumlah dokumen dalam satu file yang dapat dibuka dengan cara diekstrak.

Seorang drafter terkadang membutuhkan gambar objek yang sudah tersedia sebelumnya untuk digunakan kembali pada proyek baru.

Untuk membuat objek-objek yang sudah ada sebelumnya tanpa harus menggambar ulang, maka anda bisa menggunakan fasilitas Design Center yang disediakan AutoCAD untuk memasukan gambar lengkap tanpa harus membuatnya dari awal dengan cara Drag & Drop.

File gambar ini bisa dalam bentuk block, layer, layout, linetype, textstyle, external reference (Xrefs) dll. Maka dari itu coba anda baca cara membuat block di AutoCAD agar setiap file-file yang kiranya akan sering anda gunakan bisa dijadikan sebuah block yang bisa digunakan berulang-ulang melalui fitur design center ini

Fitur ini sangat membantu sekali untuk memasukan objek-objek yang sudah dibuat lengkap tanpa harus membuatnya lagi. Dengan menggunakan Design Center maka akan membantu anda dalam mempercepat proses menggambar.

Gunakan perintah Design Center ini untuk memasukan objek-objek yang sudah  jadi dalam bentuk block seperti objek pintu, jendela, tangga dan lain sebagainya agar anda tidak perlu buat ulang terus menerus meskipun gambar kerjanya berbeda.

Untuk mempercantik tampilan denah rumah, dibutuhkan sebuah atau beberapa objek pelengkap pada tiap-tiap ruang denah seperti tempat tidur, meja makan, kursi, kulkas, perabotan dapur dan lain-lain. Caranya? Kita dapat membuat secara manual. Namun dengan cara seperti ini tentunya akan memakan waktu yang cukup lama.

Program AutoCad menyiapkan beberapa objek pelengkap siap pakai, sehingga teman-teman dapat menggunakannya pada denah secara langsung.

Untuk memperolehnya bisa mengklik CTRL+2 pada keyboard lalu akan muncul jendela baru DESIGN CENTER
Browse folder list ke tempat penginstallan program AutoCad. Misalnya program AutoCad terinstal didrive C maka teman-teman masuk ke drive C/Program Files/ Autodesk/ AutoCad 2015 (dalam hal ini kami menggunakan AutoCad versi 2015)/ en-us/ Design Center

Nampak di atas ada beberapa pilihan menu untuk Design Center. Jika teman-teman ingin memasukkan objek pendukung untuk perabotan dapur maka teman-teman bisa mengklik kiri 2 kali KITCHENS.DWG kemudian pilih BLOCKS

Nah di menu BLOCKS ini terdapat banyak objek pendukung untuk keperluan dapur mulai dari tempat cuci piring, kulkas, stop kontak lampu, oven dan lain-lain. Namun ingat bahwa untuk keperluan denah maka kita harus memasukkan objek dari tampak atas. Misalnya kita ingin memasukkan kulkas maka kita mengambil objek Refrigerator in Top.

Klik kanan pada Refrigerator 2 door in top kemudian pilih Insert Block

Akan muncul jendela insert dan tekan OK (pilih pengaturan default saja) kemudian tutup jendela Design Center
Kemudian tempatkan refrigeratornya didalam denah rumah dan INGAT posisinya jangan sampai terbalik antara bagian depan dan belakang

Teman-teman dapat menambahkan objek pelengkap lainnya pada menu Design Center dengan cara yang sama seperti di atas. Sebagai contoh hasilnya bisa menjadi seperti dibawah ini.

Jika teman-teman merasa bahwa objek pelengkap yang disediakan oleh AutoCad belumlah cukup, teman-teman dapat mendownloadnya secara gratis dengan mengklik link dibawah ini.

Download 1000+ Furniture AutoCAD Drawing BLocks Terlengkap Tipe DWG

Password: www.betantt.com – Cara Download dan Isi Password

PERHATIAN! Jika file winrar tidak bisa di extract atau corrupt, Silahkan Anda update aplikasi Winrar ke versi yang terbaru.
 
Semoga artikel mengenai Download 1000+ Furniture AutoCAD Drawing BLocks Terlengkap Tipe DWG AutoCAD, bisa bermanfaat untuk Anda. Dan jangan lupa share ke teman-teman Anda yah 🙂
 
Apabila Anda ingin mengcopy artikel/file/link download pada postingan ini. dimohon dengan rendah hati untuk mencantumkan sumber asli postingan ini. Saling Menghargai itu Indah teman. Ok!
 
Baca Juga:

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang