cost control adalah

Definisi, Tugas dan Gaji Cost Control

Cost Control adalah salah satu kegiatan pengontrolan atau pengendalian biaya di sebuah perusahaan. Beberapa hal yang berkaitan dengan pembiayaan akan dikendalikan melalui kegiatan ini seperti biaya operasional, perencanaan, pemasaran dan sejenisnya. Pembiayaan seperti ini biasanya akan selalu muncul dalam sebuah usaha.

Selanjutnya hal-hal tersebut akan dikendalikan sedemikian rupa dalam rangka penerapan budget manajemen yang lebih efektif. Seperti diketahui sebuah usaha tidak bisa terlepas dari adanya pembiayaan atau disebut dengan istilah cost. Untuk mengendalikannya diperlukan cara khusus agar setiap usaha bisa terhindar dari risiko keuangan di kemudian hari.

Berbagai hal yang berhubungan dengan keuangan tentu bisa bersifat lebih sensitif sehingga perlu dikendalikan dengan sedemikian rupa. Untuk itu pengendalian biaya seperti ini sangat diperlukan bagi setiap usaha atau bisnis. Umumnya hal ini sudah mulai diterapkan di beberapa perusahaan atau bisnis seperti hotel, proyek konstruksi, perusahaan dagang dan lainnya.

Tugas Cost Control Hotel

Hotel termasuk salah satu perusahaan yang menggunakan istilah tersebut dan menerapkannya dalam operasional. Perusahaan yang bergerak di bidang jasa ini memiliki perkembangan bisnis yang sangat pesat. Kebutuhan operasionalnya tidaklah sedikit sehingga diperlukan pengelolaan yang tepat dan juga detail.

Cost Control ini diterapkan di Hotel dan menjadi salah satu bagian yang sangat penting untuk perusahaan tersebut. Secara umum tugas yang harus dilakukan oleh seorang cost controller di Hotel ialah melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap beban keuangan Hotel sesuai dengan tanggung jawabnya.

Divisi ini akan melakukan pembatasan terhadap jumlah pembelian dan permintaan pembelian yang berasal dari divisi lain. Tujuannya agar tidak terjadi over budget sehingga biaya operasional bisa tetap terkendali. Tak hanya itu saja karena masih terdapat beberapa tugas dan tanggung jawab yang perlu dilakukan oleh divisi tersebut.

Cost Control Harus Mengatur dan Melakukan Proses Invetory

Cost Controller bertugas untuk mengatur dan melakukan proses inventory setiap bulan. Hal ini menjadi tugas utama dari divisi tersebut untuk mengecek dan memastikan sistem inventory barang operasional tetap aman terkendali.

Inventory yang dilakukan berupa proses perhitungan mengenai stok barang dan keperluan yang ada di hotel. Nantinya hasil perhitungan akan dibuatkan sebuah dokumen sebagai bukti pendukung dari aktivitas inventory.

Memastikan Kebenaran Transaksi

Tugas berikutnya ialah menjadi reviewer yang bertugas memastikan kebenaran dari setiap transaksi pengeluaran maupun pembelian. Hal ini bisa dilakukan dengan memeriksa setiap transaksi beserta bukti yang sesuai dengan berita yang disampaikan.

Tugas ini nantinya bisa membantu pengendalian keuangan agar tetap berjalan lancar dan aktivitas pembelian maupun pengeluaran bisa tetap terkendali. Untuk memastikan kebenarannya maka diperlukan bukti fisik atau lampiran yang bisa dipertanggungjawabkan.

Comparing data

Tugas Cost Control berikutnya ialah melakukan comparing data terhadap semua data yang ada dengan sedetail mungkin. Data tersebut secara umum berhubungan dengan biaya operasional serta inventory barang.

Hal ini untuk memastikan tidak adanya manipulasi data atau ketidak sesuaian antara bukti fisik dan data yang tertera. Dalam hal ini dibutuhkan data dalam komputer, data manual serta bukti fisik yang mendukung data tersebut.

Tugas Cost Control Proyek Konstruksi

Selain Hotel terdapat salah satu bidang yang juga sering membutuhkan seorang Cost Controller yaitu proyek konstruksi. Bidang ini tidak hanya selalu berhubungan dengan pekerjaan fisik yang cukup berat. Dalam bidang ini juga terdapat pengontrolan terhadap biaya dan penggunaan kebutuhan dalam operasionalnya.

Jika tidak terdapat pengendalian terhadap pembiayaan tentu sebuah proyek bisa saja selesai dalam waktu yang lebih lama sehingga pembiayaan lebih membengkak. Atau bisa saja proyek tersebut menghasilkan sebuah konstruksi yang tidak sesuai dengan pembiayaan yang dikeluarkan.

Di bidang ini Cost Controller memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan meliputi :

  • Memastikan kebijakan dan prosedur pembiayaan proyek diterapkan dengan baik
  • Memeriksa kebenaran setiap data terutama pada transaksi pembelian dan pengeluaran
  • Kerjasama dengan divisi pembelian untuk memperoleh informasi mengenai aktivitas pembelian, harga barang, serta penerimaan barang.
  • Membuat laporan biaya secara bulanan serta membuat laporan persediaan seluruh barang.

Tugas dari Cost Control di proyek konstruksi pada dasarnya hampir sama namun akan disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan yang ada di bidang tersebut. Pada bidang ini dibutuhkan perhitungan pembiayaan yang sesuai dengan proses pembangunan sebuah konstruksi.

Nantinya akan dibuatkan laporan berdasarkan data yang ada setelah melalui beberapa tahapan pengolahan. Data tersebut dipastikan bisa dipertanggungjawabkan dan memiliki bukti yang konkret sehingga sesuai dengan kondisi di lapangan. Cost Controller juga nantinya perlu bisa menjelaskan isi laporan tersebut untuk memastikan kebenarannya.

Gaji Cost Control

Gaji tentunya menjadi salah satu hal yang cukup disorot termasuk bagi seorang Cost Controller. Tentu Anda juga akan merasa penasaran berapa income atau gaji yang diperoleh untuk jabatan ini. Sebelumnya untuk menjadi seorang Cost Controller tentu Anda harus memiliki kemampuan di bidangnya atau minimal merupakan lulusan dari jurusan keuangan.

Di bidang ini diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam melakukan setiap aktivitasnya. Hal ini dikarenakan divisi ini memiliki peranan yang sangat penting dan cukup sensitif bagi sebuah perusahaan. Untuk itu biasanya perusahaan akan melakukan seleksi secara khusus dan teliti agar mendapatkan orang yang tepat untuk menangani Cost Control.

Untuk gaji yang diperoleh pada dasarnya tidak selalu sama karena akan menyesuaikan dengan bidang atau perusahaannya. Namun secara gambarannya gaji yang bisa diperoleh mulai dari 4 juta rupiah hingga belasan juta rupiah. Setiap perusahaan tentu akan berbeda-beda dalam memberikan gaji untuk posisi ini.

Gambaran tersebut menjadi referensi bagi Anda yang akan bekerja di bidang tersebut. Kurang lebihnya tentu akan menyesuaikan dengan jenis perusahaan dan kebijakannya. Namun nominal tersebut tentu akan cukup sesuai dengan pekerjaan yang Anda selesaikan.

Baca Juga Artikel : Download Software RAB Bangunan Otomatis File Excel 2022

Pertanyaan Terkait Cost Control

Apa Itu Cost Control?

Jawaban : Cost Control ialah sebuah aktivitas melakukan pengendalian dan pengontrolan terhadap pembiayaan di sebuah perusahaan atau bisnis. Pengontrolan tersebut dilakukan untuk meminimalisir risiko keuangan di kemudian hari. Aktivitas yang dilakukan meliputi pemeriksaan transaksi, inventory, pengolahan data, serta pembuatan laporan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa seorang Cost Controller memiliki peranan penting bagi sebuah perusahaan atau bisnis. Setiap aktivitas keuangan nantinya akan dikendalikan oleh divisi ini. Pada dasarnya setiap jenis perusahaan membutuhkan divisi ini yang dijalankan secara khusus oleh orang yang tepat.

Hal ini dikarenakan keuangan memiliki peranan yang sangat penting dan lebih sensitif dibandingkan beberapa hal lainnya. Untuk itu pengelolaannya harus tepat dan dapat dipertanggungjawabkan sebaik mungkin.

Pihak perusahaan bisa lebih mudah untuk memeriksa keuangan secara berkala dan memastikan prosesnya tetap aman terkendali.

Beberapa manipulasi atau penyelewengan nantinya dapat terdeteksi melalui Cost Control. Dengan begitu masalah keuangan bisa diminimalisir dan kerugian bisa dihindari.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.