Cara Bersikap SABAR Umat Kristiani

Cara Bersikap SABAR Umat Kristiani

Cara Bersikap SABAR Umat Kristiani. Sabar adalah suatu keputusan yang harus kita miliki. Sikap kesabaran kita, menunjukan pribadi yang tampak tenang. Gaya hidup sabar sekiranya menjadi pilihan hidup dalam peribadi kita sebagai orang Kristen.

Namun, kenyataan ini menjadi tampak permukaan dari kedalaman hati pada setiap orang. Pasalanya, tidak semua orang memiliki yang namanya kesabaran.
Kesabaran menempatkan posisi terbaik, dalam segala situasi agar dengan cara itu kita memposisikan diri untuk lebih tenang dalam menghadapi berbagai masalah di dalam hidup. Namun tak sedikit juga, kita cukup sulit untuk menjadikan sikap sabar sebagai teman setia kita.
Menjadikan sikap sabar sebagai sahabat bagi diri berarti kita sedang berusaha untuk lebih pekah terhadap diri kita sendiri. Sebab dalam kesabaran kita dapat mewujudkan ketenangan, dan dalam ketenangan kita lebih leluasa dalam mempertimbangkan sebuah keputusan.
Keputusan yang tepat tentu menjadi dambaan agar tidak merepotkan diri di lain kesempatan. Sehingga kita dapat berjalan lebih jauh dengan mengambil seluruh sisi kehidupan kita dengan penuh kesabaran. Sangat menarik!
Sesuatu yang kita hadapi, terkadang menjadi sebuah cobaan “apakah kita bersabar atau mengambil sikap putus asah.” Putus asah berarti kita lari dari tanggung jawab. Dan tak dapat mengakali diri dengan mengambil sikap yang lebih sabar. Karena itu, jadikan sikap sabar sebagai pilihan dalam gaya hidup kita sebagai orang Kristen.

Cara Bersikap SABAR Umat Kristiani
Cara Bersikap SABAR Umat Kristiani

Kutipan ayat Alkitab tentang kesabaran

Akhir suatu hal lebih baik dari pada awalnya. Panjang sabar lebih baik dari pada tinggi hati. Pengkotbah 7:8
 
Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat! Yakobus 5:8
 
Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohan. Amsal 14:29
 
Tetapi jika kita mengharapkan apa yang tidak kita lihat, kita menantikannya dengan tekun. Roma 8:25
 
Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. Kolose 3:12

Cara Bersikap SABAR Umat Kristiani

Sabar menjadi penengah, pembawa kedamaian dan kesejukan

Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yang sabar memadamkan perbantahan. Amsal 15:18

Ayat di atas mengingatkan kita akan segala sesuatu yang sering terjadi di tengah-tengah lingkungan kita. Seseorang yang tidak memiliki kesabaran dapat menjadikan masalah kecil menjadi sesuatu yang besar dan bahkan berujung pada sesuatu yang fatal. Ini nyata, dan tak dapat kita bantah.
Sebaliknya, seorang yang sabar, akan menjadi penengah yang membawa kedamaian. Karena di dalam pribadinya, ia lebih memilih tenang dan mengambil sikap yang mengalah untuk menciptakan suasana lingkungan yang tenang dan penuh kedamaian.
Karena itu, jadikan kesabaran sebagai keputusan agar kita terlihat kritis, sekaligus menjadi sosok inspiratif bagi orang di sekitar kita. Dan dengan sabar, segala sesuatu akan berhasil dengan baik.

Sabar adalah keputusan

  • Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu. Efesus 4:2

Manusia memiliki masing-masing karakter. Ada orang yang kadang membuat kita geram. Setelah kita beri apa yang di butuhkan, ia kembali datang dan meminta sesuatu yang lain. Mungkin kita berpikir, bahwa kesabaran manusia itu terbatas.
Jika anda mengambil keputusan untuk menjadi orang yang sabar. Maka anda akan paham, bahwa untuk menjadi seseorang yang benar-benar sabar membutuhkan proses dan harus melalui berbagai tantangan. Bahkan tantangan yang sulit sekalipun!

Kesabaran ada dalam hal-hal yang sederhana

  • Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Galatia 6:9

Seseorang yang berhasil, karena ia telah melalui berbagai tantangan yang juga menguji kesabarannya. Ketika sabar, dijadikan sebagai pilihan, maka bertindak baik dalam segala hal adalah kunci awal dalam kemenangan kita.
Pada ayat ini, kita di ingat untuk tidak berhenti menanam benih-benih hidup yang baik karena segala sesuatu membutuhkan proses. Mulailah dari sesuatu yang tampak sederhana, bila waktunya tiba kita di hadapkan kepada sesuatu yang lebih besar. Ketika kita sabar dan kuat maka kita akan menikmati keindahan dalam keberhasilan sebagai jawaban dari penantian kita yang penuh sabar.

Menunggu bagian dari hidup orang Kristen

  • Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! Roma 12:12

Setelah Tuhan Yesus wafat, para murid-Nya merasakan kehilangan seorang sosok cerdas yang penuh semangat. Kehampaan mereka sangat terasa, di kala hari-hari yang mereka lalui tanpa adanya Mesias, yang kerap mereka sebut sebagai Guru dan juga Tuhan.
Tetapi mereka tetap bersabar apa yang telah di janjikan sang Mesias kepada mereka bahwa Ia akan mengutus Roh Kudus, yang merupakan bagian dari diri-Nya sendiri. Roh Kudus, bukan saja menjadi penghibur bagi mereka. Tetapi juga obat dari kehampaan mereka. Karena itu, mereka tetap sabar dan tekun dalam doa, sembari menanti kedatangan-Nya.
Itulah teladan dari Murid Kristus yang dapat kita ambil. Ketika kita sedang berusaha untuk menjadi seorang yang sabar.

Kesabaran bagian dari cinta dan kerendahan hati

  • Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. 1Korintus 13:4

Ayat ini, sering diambil untuk di jadikan pelajaran hidup dalam kasih. Ketika kita coba untuk memahami lebih jauh kemurahan hati hanya dapat di temukan dalam kemegahan kita sebagai seorang yang penuh kesabaran.
Kesabaran memberi keleluasaan kepada orang lain, dengan menerima segala kenyataan sebagai bahan pertimbangan untuk lebih matang. Sehingga kita tidak di usik oleh rasa cemburu, sebagai sebab dari ketidak sabarannya kita.
Dan disini, kita sedang merujuk diri untuk lebih sadar, bahwa kesabaran menuai buah-buah kehidupan yang baik.
Baca Juga:
Sekian informasi seputar Cara Bersikap SABAR Umat Kristiani. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.