Perusahaan Asuransi Rumah dan Properti Terbaik dan Terpercaya

5+ Perusahaan Asuransi Rumah dan Properti Terbaik dan Terpercaya 2022

5+ Perusahaan Asuransi Rumah dan Properti Terbaik dan Terpercaya 2021 – Memilih asuransi rumah yang bagus tentu jadi hal wajib agar rumah bisa terjamin dari kerusakan. Sebagai informasi, asuransi rumah termasuk penting dimiliki, loh! Karena bisa memberikan perlindungan finansial apabila terjadi kerugian atau kerusakan rumah.

Indonesia termasuk wilayah dengan intensitas bencana alam yang cukup tinggi, sehingga kamu perlu asuransi rumah untuk melindungi rumah dari hal yang tidak diinginkan seperti banjir, kebakaran, hingga gempa bumi. Jika rumah rusak, maka semuanya langsung ditanggung oleh pihak asuransi.

Sebagian besar orang akan menganggap bahwa rumah adalah sebuah aset dan pencapaian yang sangat besar dalam hidup mereka, hal ini tentu sangat wajar, mengingat rumah didapatkan dengan proses yang sangat panjang serta kerja keras selama kurun waktu yang cukup lama.

Dengan melihat fakta di atas, maka sudah sewajarnya Anda akan selalu menginginkan segala perawatan dan perlindungan yang terbaik untuk rumah Anda.

Hal ini akan mencegah Anda mengalami sejumlah risiko kerugian yang bisa datang sewaktu-waktu menimpa rumah, karena pada dasarnya tak seorang pun dari Anda yang bisa memprediksi kapan musibah akan datang.

Untuk itu, Anda membutuhkan sebuah perlindungan sejak awal, yakni dengan menggunakan asuransi rumah.

Perusahaan Asuransi Rumah dan Properti Terbaik dan Terpercaya
Perusahaan Asuransi Rumah dan Properti Terbaik dan Terpercaya

Pengertian Asuransi Rumah

Asuransi rumah adalah asuransi yang memberikan jaminan dan perlindungan apabila rumah mengalami kerusakan atau kerugian akibat beberapa faktor seperti banjir, dan bencana alam. Dengan asuransi rumah, otomatis kondisi finansialmu juga akan tetap terjamin karena semuanya ditanggung oleh pihak asuransi.

Jenis Asuransi Rumah

Ada dua jenis asuransi rumah yang bisa dipilih disesuaikan dengan kebutuhanmu, yakni asuransi rumah kebakaran dan asuransi rumah all risk. Berikut manfaat yang akan kamu terima khususnya dari produk asuransi rumah yang bagus.

Asuransi rumah kebakaran

  • Menanggung kerusakan rumah karena kebakaran yang disebabkan oleh kelalaian, misalnya karena kompor atau hubungan arus pendek listrik
  • Menanggung kerusakan rumah karena sambaran petir yang menyebabkan kebakaran
  • Menanggung kerusakan rumah karena ledakan, misalnya pipa meledak
  • Menanggung kerusakan rumah karena kejatuhan pesawat terbang dan menimbulkan kebakaran
  • Asap yang timbul karena kebakaran

Asuransi rumah all risk

  • Menanggung sesuai yang ditawarkan PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia)
  • Menanggung kerusakan rumah karena adanya huru-hara atau kerusuhan yang membuat rumah jadi rusak
  • Menanggung kerugian akibat pencurian
  • Adanya kecelakaan yang membuat rumah rusak
  • Melindungi rumah yang tertabrak kendaraan

Jika kamu ingin menambah tanggungan akibat risiko di atas, kamu bisa menambah fasilitas tambahan dengan tambahan biaya premi tentunya.

Fasilitas tambahan dari asuransi rumah yang bagus biasanya diberikan seperti rumah pengganti sementara saat rumah masih diperbaiki atau jaminan tanggung jawab hukum pihak ketiga. Jadi, saat ada orang terluka berada di dalam rumah karena ada musibah seperti kebakaran, kamu bisa menuntut secara hukum dan asuransi akan mengganti kerugiannya.

Cara Menentukan Premi Asuransi Rumah

Dibanding asuransi lain, penentuan premi untuk asuransi rumah didasarkan pada nilai properti dan berdasarkan rate yang diberikan.

Penentuan harga premi untuk asuransi rumah sendiri sudah diatur oleh OJK Nomor 6 /SEOJK.05/2017 Tentang Penetapan Tarif Premi Atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda Dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017.

Berdasarkan aturan tersebut, ada beberapa hal yang memengaruhi besaran premi untuk asuransi rumah, seperti kelas konstruksi rumah.

  1. Kelas Konstruksi I: Semua komponen penunjang struktural serta penutup (atap) termasuk dinding dan lantai terbuat seluruhnya dan sepenuhnya dari bahan yang tidak mudah terbakar. Jendela dan/atau pintu beserta rangka, dinding partisi, dan penutup lantai boleh diabaikan.
  2. Kelas Konstruksi II: Kriteria sama seperti yang disebutkan pada Kelas Konstruksi I, tetapi penutup atap terbuat dari sirap kayu keras, dinding boleh mengandung bahan mudah terbakar maksimum 20 persen dari luas dinding, serta lantai dan struktur penunjang boleh terbuat dari kayu.
  3. Kelas Konstruksi III: Semua bangunan selain yang disebutkan pada Kelas Konstruksi I atau II.

Cara menghitung premi asuransi rumah

Cara menghitung premi asuransi rumah cukup mudah. Yang terpenting kamu sudah mengetahui nilai dari rumah yang diasuransikan.

Sebagai contoh, nilai rumah dan bangunanmu adalah Rp500 juta dan rate yang diberikan oleh asuransi adalah sebesar 0,615%. Maka premi asuransi adalah:

Rp500 juta x 0,615% = Rp 3.075.000 per tahunnya.

Jika kamu sekaligus mengasuransikan isi rumahmu, kamu bisa menambahkan isi rumah ke dalam pertanggungan. Sebagai contoh nilai dari isi rumahmu adalah Rp100 juta. Makan nilai rumah beserta isinya Rp600 juta.

Setelah itu, kamu bisa menghitung sesuai dengan rate plan yang sudah kamu pilih sebesar 0,615%. Jadi, premi asuransi yang harus dibayarkan sebesar:

Rp600 juta x 0,615% = Rp 3.690.000

Tips Memilih Asuransi Rumah

Berikut ini adalah tips dalam memilih asuransi rumah yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

Pilih Perusahaan Asuransi Terbaik

Hal utama yang wajib Anda pertimbangkan adalah memilih sebuah perusahaan asuransi terbaik, hal ini bisa Anda lakukan dengan mencari berbagai informasi yang memadai dari internet atau dengan cara mendatangi langsung perusahaan asuransi yang ada di standar Anda.

Temukan sebuah perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik, hal ini akan menjadi jaminan layanan yang akan Anda dapatkan dari mereka. Gunakan hanya perusahaan asuransi yang terpercaya serta bisa memenuhi kebutuhan Anda akan layanan asuransi yang mumpuni.

Gunakan Polis yang Tepat

Pastikan Anda mengetahui dengan baik, isi keseluruhan polis asuransi yang akan Anda beli dan gunakan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari risiko kerugian serta berbagai masalah yang terjadi akibat adanya kesalahan penafsiran polis sejak awal. Jika ternyata Anda mengalami masalah untuk mempelajari isi polis tersebut, maka ada baiknya Anda menanyakannya kepada seorang ahli atau broker asuransi.

Pilih Cakupan yang Memadai

Dalam membeli polis asuransi, pastikan jumlah premi yang Anda bayarkan telah memenuhi cakupan perlindungan yang cukup memadai, sehingga Anda bisa terhindar dari resiko mendapatkan nilai pertanggungan yang rendah. Hitung dan pertimbangkan dengan cermat setiap komponen pertanggungan yang akan Anda dapatkan, dengan begitu Anda bisa mendapatkan manfaat yang maksimal atas pembelian asuransi yang Anda gunakan. – Asuransi Rumah dan Properti Terbaik dan Terpercaya

Produk Asuransi Rumah Terbaik dan Terpercaya di Indonesia 2021

Asuransi  Allianz

Melalui polis Allianz Rumahku, Allianz menawarkan perlindungan komprehensif untuk hunian. Pengguna dapat memilih dua jenis polis yakni Rumahku Plus Houseowner untuk perlindungan rumah dan Rumahku Plus Householder untuk perlindungan hunian dan barang elektronik atau furniture.

Adapun keunggulan asuransi rumah Allianz adalah akomodasi sementara  yang biasanya diberikan ketika hunian peserta mengalami kerusakan sehingga harus pindah sementara waktu. Sementara tarif preminya berkisar antara 0.1604% sampai 0.2444% dari jumlah nilai pertanggungan.

Asuransi Sinar Mas

Sinar Mas juga memiliki asuransi rumah bernama Simas Rumah Hemat Plus+ yang menawarkan jaminan lengkap atas kerugian akibat kebakaran, huru hara maupun bencana alam. Dalam polis Simas Rumah Hemat Plus+ terdapat jaminan dasar yang memberikan ganti rugi 100% dari harga pertanggungan dan jaminan tambahan sampai limit tertentu.

Menariknya, perlindungan dari Sinar Mas ini juga mencakup santunan bagi penghuni rumah termasuk satpam dan pembantu. Selain itu, Sinarmas tidak memiliki batasan dalam hal harga pertanggungan meski jika lebih dari Rp3 miliar akan dilakukan survei lokasi dan persetujuan lebih lanjut.

Asuransi Syariah Chubb

Chubb Syariah punya tiga jenis polis yang dapat dipilih oleh peserta. Ketiga jenis polis itu antara lain Polis Standar Asuransi Syariah Kebakaran Indonesia, Polis Asuransi Syariah Harta Benda (Property All Risk) dan Polis Asuransi Syariah Gempa Bumi.

Dilansir dari Kontan.co.id, asuransi rumah syariah Chubb menawarkan keunggulan berupa cakupan perluasan yang luas dengan adanya 18 perluasan jaminan yang ditambahkan secara otomatis. Asuransi Syariah Chubb sendiri merupakan sebuah perusahaan asuransi umum yang baru berdiri di Indonesia tahun 2010 lalu.

Asuransi ACA

Jangkauan jaminan proteksi dari ACA ini cukup luas karena mencakup pula kerusakan akibat petir, ledakan, sampai kejatuhan pesawat terbang. Untuk rate premi asuransi standarnya adalah 0.088% dari jumlah nilai pertanggungan (JNP). Sementara rumah yang dapat diasuransikan, ACA memberikan ketentuan hanya pada rumah tinggal konstruksi 1 yang sebagian besar terbuat dari bahan tidak mudah terbakar.

Terkait dengan asuransi properti, asuransi ACA sendiri memiliki cukup banyak pilihan diantaranya asuransi kebakaran, asuransi pencurian & pembongkaran, asuransi semua resiko properti/industri dan asuransi gempa bumi indonesia.

Asuransi  AXA

Asuransi AXA menawarkan perlindungan atas risiko hunian yang lengkap melalui produk asuransi AXA SmartHome. Polis asuransi ini menjamin bangunan beserta perlengkapan dan peralatan yang melekat di dalamnya. Dengan penambahan premi, AXA juga dapat mengcover biaya barang – barang berharga selama di luar rumah.

Salah satu yang menjadi keunggulan AXA adalah fasilitas akomodasi tempat tinggal sementara bila tempat tinggal mengalami kerusakan. Jadi, yang ditanggung tidak hanya rumah dan isinya saja.

Asuransi Adira

Asuransi tempat tinggal Adira cukup lengkap karena terdapat jenis konvensional dan syariah yang bisa jadi pilihan peserta.  Agar lebih sesuai dengan kebutuhan, pengguna bisa menyesuaikan apakah mengambil paket maksimum atau standar.

Jaminan dalam paket maksimum polis  Adira meliputi Tanggung Jawab Pihak Ketiga, Jaminan akibat kerusuhan atau perbuatan jahat, serta manfaat tambahan lainnya seperti biaya sewa rumah sementara.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar 5+ Perusahaan Asuransi Rumah dan Properti Terbaik dan Terpercaya 2021. Semoga bermanfaat. Salam.

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang