Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan, Kalkulator Kehamilan

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan-Kalkulator Kehamilan

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan-Kalkulator Kehamilan – Usia kehamilan bisa dihitung dari hari pertama menstruasi terakhir, walau belum tentu terbentuknya janin dalam rahim dan perut. Dan dapat diketahui hari terakhir anda bisa dihitung sebagai usia kehamilan minggu pertama, dan ini sangat perlu di ingat karena biasanya dokter juga akan menanyakan kapan menstruasi terakhir anda, karena sejak keterlambatan menstruasi tersebut tubuh anda sudah mempersiapkan diri untuk hamil, jadi bila anda mempersiapkan masa kehamilan, upayakan untuk selalu mencatat kapan waktu terakhir menstruasi anda, dengan mencatat tanggal inilah bisa membantu anda mengetahui usia kehamilan.

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan, Kalkulator Kehamilan
Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan, Kalkulator Kehamilan

Cara Menghitung Usia Kehamilan

Untuk menghitung usia kehamilan, metode yang banyak digunakan saat ini adalah dengan berpatokan kepada tanggal menstruasi terakhir. Hari pertama haid terakhir (HPHT) dianggap sebagai hari pertama usia kehamilan.

Biasanya seorang wanita akan menjalani kehamilan sekitar 280 hari atau 40 minggu sejak HPHT. Anggapan bahwa HPHT sebagai hari pertama kehamilan tetap dinilai cukup akurat, meskipun biasanya pembuahan baru mulai terjadi sekitar 11 – 21 hari setelah tanggal tersebut.

Berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT)

Cara populer untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan menentukan tanggal menstruasi terakhir sebelum hamil. Metode ini dikenal dengan nama rumus Naegele. Cara ini dianggap terbaik bagi para wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari.

Mula-mula, tentukan tanggal HPHT kemudian tambahkan 40 minggu dari tanggal tersebut untuk menentukan perkiraan hari persalinan. Hal ini didasari kepada asumsi bahwa kehamilan biasanya dijalani selama 9 bulan alias 40 minggu atau 280 hari. Dengan mengetahui perkiraan hari kelahiran bayi, maka usia kehamilan bisa diketahui.

Berikut simulasi perhitunganganya:

  • Tentukan hari pertama haid terakhir (HPHT)
  • Tambahkan satu tahun
  • Tambahkan tujuh hari
  • Mundurkan tiga bulan

Jadi bila HPHT tanggal 22 Juli 2018, perhitungannya menjadi:

  • 22 Juli 2020 + 1 tahun = 22 Juli 2021
  • 22 Juli 2021 + 7 hari = 29 Juli 2022
  • 29 Juli 2021 – 3 bulan = 29 April 2021

Berdasarkan rumus tersebut, tafsiran hari kelahiran bayi adalah tanggal 29 April 2021.

Berdasarkan USG

Pada keadaan di mana cara di atas dianggap tidak memberikan hasil yang akurat, misalnya jika haid tidak teratur, Anda dapat mengunjungi dokter untuk menentukan usia kandungan. Dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan fisik dan USG transvaginal untuk menentukan usia kehamilan dengan lebih akurat.

Hasil USG dalam menghitung usia kehamilan lebih akurat jika dilakukan di masa-masa awal kehamilan. Hal ini karena dalam beberapa minggu pertama, janin cenderung berkembang dengan kecepatan yang sama.

Namun seiring bertambahnya usia kehamilan, tingkat pertumbuhan janin bisa berbeda-beda. Pertumbuhan bisa cepat di bulan tertentu, namun bisa melambat di bulan berikutnya. Oleh karena itu, pemeriksaan USG yang dilakukan di trimester akhir kehamilan tidak ditujukan untuk menentukan usia janin, melainkan untuk memantau apakah janin tumbuh dengan baik.

Menghitung usia kehamilan memang penting untuk memperkirakan waktu kelahiran bayi. Cara yang paling umum digunakan adalah perhitungan HPHT dan pemeriksaan USG. Namun, hasil keduanya bisa jadi tidak sama, karena masing-masing memiliki kondisi yang berbeda untuk mendapatkan hasil akurat.

Usia kandungan beda dengan usia janin

Anda harus tahu usia kandungan dan janin itu berbeda lho, Penting diketahui untuk usia kehamilan tidak sama usia janin. Sangat Berbeda untuk usia kehamilan, usia janin yang cenderung lebih sulit dipastikan.

Usia kehamilan merupakan masa sejak terjadinya pembuahan. namun, kita memang tidak pernah tahu pastinya kapan untuk proses pembuahan terjadi pada rahim. Dokter juga para bidan hanya dapat mengira-ngira usia janin berdasarkan dari usia kehamilan Anda.

Tetapi, memang tak ada jaminan 100 % ( persen) untuk usia janin bisa diperhitungkan dengan tepat. Bahkan memang tidak ada juga ilmu yang dapat membantu dokter ketika memastikan usia janin, sekali pun lewat pemeriksaan USG.
Kecuali, bila Anda ketika melakukan program bayi tabung (IVF). Untuk Proses bayi tabung tentunya bisa membuat dokter beserta pasien sama-sama mengetahui kapan sel telur berhasil ketika dibuahi dan kapan untuk hasil pembuahan itu akhirnya dimasukkan pada rahim.

Aplikasi Kalkulator Kehamilan

Selain bisa pergi ke dokter kandungan, dan ternyata memang Anda dapat menghitung sendiri lama usia kehamilan Anda. Untuk Caranya memang cukup mudah, Anda dapat langsung menghitung lewat kalkulator kehamilan cara manual dengan cara menggunakan kalender.

Seperti yang sudah dibahas diatas, Anda juga perlu tahu dulu kapan menstruasi terakhir. Dan Cobalah agar mengingat-ingat kapan tanggal pertama kali menstruasi terakhir Anda dimulai. sebab, hari pertama untuk periode menstruasi terakhir inilah bisa dijadikan hari pertama usia kehamilan Anda.

Untuk Usia kehamilan memang kemungkinan sekitar 2 (dua) minggu sebelum masa pembuahan. Para ibu muda tentunya bertanya-tanya, kenapa dua minggu? Hal ini disebabkan proses pembuahan umumnya akan memakan waktu sekitar dua minggu / pada hari ke 11-21 sesudah hari pertama menstruasi terakhir Anda.

Usia kehamilan dapat berlangsung selama 40 minggu dan 280 hari hingga Anda melahirkan.

Tips memilih dokter kandungan yang bagus

Sangat penting Salah satu masalah yang sangat sering dialami ibu hamil, terutama yang masih baru pertama kali hamil, ialah ketika memilih dokter kandungan yang ideal. Memang tidak mudah untuk memilih dokter kandungan yang bagus sebab hal ini erat dan berkaitan akan kepuasaan diri Anda sendiri sebagai pasien kandungan.

Memang belum tentu dokter dianggap bagus bagi teman Anda, sama halnya pilihan Anda. Pada dasarnya, pertama, Pastikan memilih dokter kandungan yang dapat membuat kalian nyaman ketika melakukan konsultasi. kenyamanan merupakan hal begitu penting. karena, dokter yang Anda pilih yang nantinya bertugas untuk memantau kondisi kehamilan Anda hingga 9 bulan mengandung.

Indikator kenyamanan ini dapat di lihat atas kesamaan visi dokter bersama Anda. Hal ini dapat Anda peroleh dengan cara meminta tanggapan dokter untuk sikap juga pandangannya akan kelahiran normal, kelahiran caesar, induksi ketika melahirkan, dan juga masalah penting lainnya.

Bila Anda merasa dokter tersebut bisa menjelaskan informasi yang sudah Anda tanyakan dengan terperinci dan sesuai kebutuhan Anda ketika melahirkan, tentunya dokter ini cocok untuk Anda.

Baca Juga:

Sekian informasi seputar Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan-Kalkulator Kehamilan. Semoga bermanfaat. Salam.

Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan-Kalkulator Kehamilan, Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan-Kalkulator Kehamilan, Cara Mudah Menghitung Usia Kehamilan-Kalkulator Kehamilan,

Nih buat jajan

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Kirim FIle UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang
Kirim FIle Ukuran Besar
UP TO 10 GB Gratis
Coba Sekarang